Dahsyat Tips Hidup Sukses Menurut Islam

Dahsyat Tips Hidup Sukses Menurut Islam ~ Sukses!!! Kata sakti ini sering diucapkan oleh banyak orang dan menjadi tujuan setiap orang yang masih memiliki cita-cita hidup. Setiap orang memiliki cara atau jalannya sendiri-sendiri untuk mencapai tujuannya yaitu sukses.

Sebagai orang islam tentu tuntutan hidup harus sesuai dengan ajaran Islam. Pun demikian dengan cara menuju sukses, islam sudah memberikan tuntuna yang lengkap untuk para penganutnya. Lalu apa saja yang menjadi tuntunan Islam untuk bisa sukses dunia akhirat.



Oke, mari kita pelajari satu persatu tips-tips hidup sukses secara islami di bawah ini.

1. Luruskan Niat
Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist: Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR Bukhari Muslim).

Dari hadits di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa setiap pekerjaan harus diawali dengan niat. Tentu niat yang benar, niat yang lurus, niat yang hanya bersandar kepada Alloh SWT yang harapkan oleh Islam.

2. Mendoakan Orang Lain
Doa merupakan senjata paling ampuh untuk kita umat islam. Doa tidak hanya diperuntukan diri kita sendiri tapi juga bisa untuk saudara atau orang lain. Rahasia dari mendoakan orang lain adalah kebaikan doa untuk orang lain akan berbalik kepada kita tanpa mengurangi kebaikan orang yang kita doakan. Artinya ketika kita mendokan kesuksesan untuk saudara atau orang lain, berarti juga sedang mendorong kita untuk menjadi sukses.

Dari Abu Darda ra bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. (HR. Muslim)

3. Miliki Ilmunya Untuk Sukses
Untuk sukses dalam jalur apapun pasti ada ilmunya. Contoh kalau ingin sukses dalam bertani maka harus memiliki ilmu bertani, kalau ingin sukses berdagang maka harus memiliki ilmu berdagang, dan lain sebagainya.

Dan sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas orang yang ahli ibadah seperti keutamaan (cahaya) bulan purnama atas seluruh cahaya bintang. (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majjah) “Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” ~Iman Syafi’i

4. Berhijrahlah
Berhijrah bukan semata-mata berarti pindah tempat tapi perpindahan dari satu kondisi ke kondisi lain. Dari kondisi gagal hijrah ke kondisi sukses. Maka untuk melakukannya kita harus memiliki keberanian untuk berubah, berpindah dari konidi nyaman untuk menuju puncak sukses yang diinginkan.

“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya ” (QS Ar-Ra’d:11)

5. Jalin Silaturahim
“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim) “Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)

Hadits di atas menunjukan bahwa kita sebagai umat islam harus menjalin silaturahim dengan siapa saja. Secara logikapun dapat dimengerti, dengan menjalin silaturahim maka hubungan kita menjadi luas, koneksi kita menjadi luas. Maka jalan rizki kitapun akan diluaskan oleh Alloh SWT.

6. Berikan Shadaqah
Shodakoh secara logika manusia maka akan mengurangi harta kita. Akan pada hakekatnya Alloh akan melipat gandakan menjadi 10 kali lipat dari harta yang kita shodakohkan.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)

7. Bertaqwa Kepada Alloh SWT
Takwa adalah sandaran penting bagi seorang muslim. Setelah bekerja sungguh-sungguh, berdoa maka yang terakhr adalah bertakwa. Yaitu menyandarkan hasil sepenuhnya kepada Alloh SWT.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath Thalaaq:2-3)

Nah itu adalah 7 tips hidup sukses menurt Islam yang dahsyat. Semoga bisa bermanfaat dan mendorong kita untuk hidup lebih baik.

0 Response to "Dahsyat Tips Hidup Sukses Menurut Islam"

Posting Komentar