Sejarah Singkat Berdirinya Microsoft dan Hikmah di Dalamnya

Sejarah Singkat Berdirinya Microsoft dan Hikmah di Dalamnya ~ Selalu ada hikmah di bali cerita, selalu ada pelajaran dari masa lalau yang kita pelajari. Itulah yang ingin saya coba hadirkan dari sejarah singkat berdirinya perusahaan perangkat lunak terbesar dunia "Microsoft".

Ya, microsoft! Siapa pun tahu apa itu microsoft. Microsoft adala perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia dengan produk andalannya "Windows". Karena microsoft menjadikan Bill Gates sang pemilik perusahaan sekaligus sebagai pendiri perusahaan dinobatkan sebgai orang terkaya di dunia dua kali berturut-turu oleh majalah forbes. Tapi kekayaan dan kesuksesan Bill Gate tidak didapat begitu saja, melainkan melalui proses panjang.



Bill Gates merupakan anak dari pasangan pengacara dan pegawai bank di Seatle. Ia merupakan anak yang memang memiliki hobi pada dunia komputing khususnya pemograman. Dia memiliki ambisi untuk menghadirkan komputer ke rumah-rumah yang saat itu merupakan hal yang sulit dengan melihat bentuk komputer yang sangat besar.

Karena hobi dan ambisinya inilah Bill Gates menjadi tidak fokus dalam menjalani studinya. Pada saat masih usia SD sering pindah-pindah sampai akhirnya pindah ke sekolah unggulan di Lakeside School. Di sekolah itulah ia pertama kali berkenalan dengan dunia yang mengantarkan pada bakatnya di bidang pemrograman. Saat itu ia mengenal mesin teletype, semacam mesin ketik yang bisa diberi program sederhana. Dari mesin itu, kemudian dia mulai menguasai dengan baik bahasa pemrograman BASIC. Ia pun lantas bertemu dengan komunitas penggemar program dan sering menghabiskan waktunya berjam-jam untuk menekuni hobi tersebut.

Bakatnya di dunia pemograman semkin berkembang ketika kuliah di Harvard. Namun sayang karena ambisinya pulalah dia harus drop out dari universitas ternama tersebut. Dia memilih menekuni dunia pemograman komputer dan memilih keluar dari Universitas Harvard.

Cita-citanya yang kuat untuk menciptakan sebuah komputer rumahan membawanya bertemu dengan seorang yang sama-sama memiliki ketertarikan terhadap dunia komuter yaitu Paul Allen. Kemudian dengan Paul Allen inilah Bill Gates berduet menciptakan program-program komputer. Program komputer yang kemudian menduinia dan digunakan di seluruh komputer yang berhasil mereka berdua cipatkan adalah MS-DOS.

Dari sinilah benih-benih perusahaan microsoft dengan omset yang sangat luar biasa ini dimulai. Microsoft didirikan oleh dua tokoh ini meskipun kemudian Paul Allen harus keluar dari perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia ini. Saat ini Bill Gates sedang menikmati puncak kejayaannya hasil dari jerih payah dan ketekuannnya di masa muda.

Hikmah yang bisa kita ambil dari sejarah singkat berdirinya microsoft ini adalah, kita harus memiliki cita-cita, kita harus memiliki tujuan hidup. Kemudian teruslah berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Meskipun terkadang harus melawan arus. Lihat ketika sebagian orang memilih untuk lulus dengan baik dari Unversitas Harvard, dengan ambisinya Bill Gates memilih drop out, dan iapun sukses dengan ambisinya.

Semoga ini bisa menginspirasi kita semua.

0 Response to "Sejarah Singkat Berdirinya Microsoft dan Hikmah di Dalamnya"

Posting Komentar