Tips Memotivasi Belajar Anak Agar Lebih Pintar

Tips Memotivasi Belajar Anak Agar Lebih Pintar ~ Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya yang pintar, cerdas, lucu dan menggemaskan. Namun terkadang karena salah bimbingan menyebabkan anak terhambat dalam perkembangan belajarnya. Setiap anak memiliki karakter tersendiri, tentu butuh pananganan yang berbeda-beda. Namum secara umum ada hal-hal yang bisa terapkan oleh orang tua dalam membimbing anak-anak agar lebih rajin belajar.



Meotivasi anak salah satu metode yang bisa diterapkan agar anak lebih rajin belajar secara terarah sehingga tumbuh menjadi anak pintar yang diharapkan. Berikut saya sudah merangkumnya untuk anda tips-tips memotivasi anak belajar agar lebih pintar.

1. Displin waktu belajar
Hal yang pertama yang bisa anda terapkan adalah membuat jadwal waktu belajar untk anak. Lakukan kebiasaan di rumah agar anak anda belajar menepati waktu. Waktu untuk belajar, bermain, mengaji, nonton tv dan lain sebagainya.

2. Tanyakan tentang sekolahnya
Ketika anak sudah pulang sekolah tanyakan tentang pengalamannya di sekolah. Tanyakan kejadian apa saja yang membuatnya terkesan di sekolah. Apa saja hal yang menyenangkan di sekolah. Jangan terus bertanya tentang nilai pelajaran yang diperoleh anak.

3. Maafkan dan beri dukungan
Ada kalanya anak melakukan kesalahan. Ada kalanya anak mendapat nilai buruk di sekolah. Kebiasaan buruk orang tua adalah akan memarahi anak bahkan mengumpat-umpatnya dengan kata-kata kasar seperti anak bodoh, anak idiot dan lainnya. Stop!!! Jangan lakukan itu sekarang. Maafkan kesalahan anak anda dan beri dukungan atau motivasi agar anak anda bisa memperbaiki kesalahannya.

4. Lakukan Hypnoleep
Biasakan ketika anak akan tidur berikan kalimat-kalimat positif. Misal kalimat positif yang bisa dijadikan sebegai hypneseep adalah semakin hari, belajar semakin menyenangkan, sama halnya dengan bermain, sangat menyenangkan, belajar berhitung itu sangat menyenangkan. Bisikan itu ke telinga anak setiap anak akan tidur.

5. Berikan motivasi anakari orang lain
Motivasi dari orang lain terkadang bisa lebih terkesan. Untuk melakukan hal ini anda bisa meminta orang lain misal guru les, guru kelas, atau saudara untuk memberikan pujian kepada anak anda. Misal, anak anda itu pintar, cerdas, maka harus lebih rajin belajar.

6. Cipatakan suasan belajar yang menyenangkan
Suasana belajar bisa berpengaruh terhadap kuaitas belajar anak. Cipatakan suasana belajar yang menyenangkan. Jangan sampai anak beajar karena merasa dipaksa, timbulkan rasa ingin belajar dari dalam dirinya sendiri. Anda bisa menyajikan makanan atau minuman yang sukai anak anda ketika anda anda belajar.

7. Jeda dalam belajar
Belajar secara terus menerus tanpa jeda akan membuat anak merasa bosan dan lelah. Makanya berikan jeda waktu belajar. Misal belajar selama 1 jam, kemudian istirahat dan biarkan anak melakukan apa saja yang menyenangkan. Bisa menonton tv, bermaian ata apa saja yang menyenangkan anak agar otaknya bisa lebih fresh.

Nah, itu adalah tips memotivasi anak belajar agar lebih pintar. Semoga ini bermanfaat dan tunggu tips-tips berikutnya dari Inspisari Motivasi Hidup.

0 Response to "Tips Memotivasi Belajar Anak Agar Lebih Pintar"

Posting Komentar