Kata-Kata Mutiara Islam Para Sahabat Nabi

Kata-Kata Mutiara Islam Para Sahabat Nabi ~ Kata-kata mutiara, kata-kata bijak, kata-kata motivasi yang sering kita dengar dari para motivator memang bisa memberikan spirit baru, semangat baru serta memunculkan banyak inspirasi untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Kata-kata bijak tersebut seolah-olah sebuah mantra yang mampu membangkitkan jiwa yang sedang tidur sekalipun. Saat ini banyak para motivator yang sering kita dengar, kita lihat dan kita baca kata-kata bijaknya. Diantara mereka yang terkenal seperti Mario Teguh dan Tung Desem Waringin. Berapa banyak orang yang mendapat semangat baru setelah mendengar ceramah mereka baik dalam balutan seminar mapupun talk show yang ditayangkan di layar kaca.

Tapi tahukan anda bahwa tokoh-tokoh Islam terdahulu juga banyak mengeluarkan kata-kata bijak, kata-kata mutiara yang mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi para pengikutnya. Pada jamannya, setiap kata-kata yang keluar dari mulut mereka menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan. Kita kenal para sehabat seperti Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali Rodiyallohu Anhum. Salah satu dari mereka yaitu Sayyidina Ali Karomallohu Wajhah sering mengeluarkan kata-kata bijak untuk memotivasi umat Islam saat itu. Kata-kata bijak beliau saya rangkum dalam kata-kata mutiara islami seperti di bawah ini.

Manusia paling lemah yaitu orang yang tak mampu mencari teman. Tetapi yang lebih lemah dari itu yaitu orang yang mendapat banyak teman namun menyia-nyiakanya (Ali bin Abi Thalib)

Ketahuilah bahwasanya sabar, bila dipandang dalam permasalahan seseorang ialah ibarat kepala dari sebuah tubuh. Bila kepalanya hilang maka seluruhan tubuh tersebut akan membusuk. Begitu halnya, bila kesabaran hilang, maka semua permasalahan pun akan rusak. (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Ilmu itu lebih baik dari harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau akan menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sementara harta terhukum. Jika harta itu akan berkurang jika dibelanjakan, maka ilmu akan bertambah jika dibelanjakan.(Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Orang yang suka berkata jujur akan mendapat tiga hal, yakni kepercayaan, cinta dan rasa hormat (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Cintai kekasihmu dengan sekadarnya saja, siapa tahu nantinya ia akan jadi musuhmu. dan bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nantinya akan jadi kekasihmu (Ali bin Abi Thalib)

Selain itu saya cantumkan juga di bawah ini kata-kata bijak dari para sahabat atau imam yang lain seperti di bawah ini.

Jangan membuat putus asa dalam mengulang doa, saat Allah SWT menunda ijabah doa itu. Dia-lah yang menjamin ijabah doa tersebut menurut pilihan-Nya kepadamu, bukan menurut pilihan seperti kehendakmu. kelak pada waktu yang dikehendaki-Nya, bukannya menurut waktu yang kau kehendaki (Ibnu Atha'ilah)

Sesungguhnya sebagian perkataan itu ada yang lebih keras dari batu, lebih pahit dari jadam, lebih panas dari bara, dan lebih tajam dari tusukan. Sesungguhnya hati merupakan ladang, maka tanamilah dia dengan perkataan yang baik, sebab bila tidak tumbuh semuanya, maka niscaya akan tumbuh sebagian' (Al Haditz)

Niat merupakan ukuran dalam menilai benarnya sebuah perbuatan, oleh karena itu, saat niatnya benar, maka perbuatan pun benar, dan bila niatnya buruk, maka perbuatan pun buruk. (Imam An Nawawi)

Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan juga adalah sebuah akhlak ular, dan jika kebajikan dibalas dengan kejahatan itu adalah akhlak buaya, lalu jika kebajikan dibalas dengan kebajikan adalah akhlak anjing, namun jika kejahatan dibalas dengan kebajikan itu adalah akhlak manusia.(Nasirin)

Nah, itu adalah kata-kata mutiara islami para sahabat Nabi, semoga bisa menjadi motivasi dan sumber inspirasi untuk kita semua. Yang diharapkan dari setiap kata mutiara, kata bijak, kata motivasi adalah bisa menimbulkan spirit atau semangat hidup baru sehingga menggerakan kita untuk terus berikhtiar meraih yang lebih baik dalm limpahan dan karunia Alloh SWT. Aamiin.

0 Response to "Kata-Kata Mutiara Islam Para Sahabat Nabi"

Posting Komentar