Keren, Printer 3 Dimensi Indonesia Hasil Karya Anak Bangsa

Keren, Printer 3 Dimensi Terbaru Diciptakan Orang Indonesia ~ Sudah tahu kan, kalau dunia printing kini sedang menerima angin segar dengan hadirnya printer 3 dimensi. Dengan hadirnya printer 3 dimensi ini maka proses pembuatan sebuah bentuk tertentu bisa dilakukan secara digital. Artinya, kita bisa melakukannya dengan menggunakan komputer.

Cara kerjanya sederhana, yaitu kita harus memiliki gambar 3 dimenasi yang biasa dibuat dengan menggunakan Auto CAD, kemudian diprint atau dicetak dengan menggunakan printer 3 dimenasi. Hasil yang keluarpun benar-benar dalam bentuk barang 3 dimenasi yang bisa dilihat dan dipegang dari semua sisi.

Indonesia sudah meciptakan printer 3 dimensi sendiri! Ya, ini merupakan kabar bahagia untuk anak negeri. Karena ternyata dua orang anak negeri kita juga sudah bisa menciptakan printer 3 dimenasi sendiri. Mereka adalah dua kakak beradik bernama Djohanes dan Yopi Jauhari.

Berawal dari hobi mereka dengan dunia desain, terutama mereka sering membuat desain dalam bentuk 3 dimenasi maka terpikir oleh mereka bagaimana seandainya proses pembuatan desain 3 dimenasi tersebut bisa dilakukan secara komputerisasi. Kemudian muncul ide untuk mencipatakan printer 3 dimenasi.

Namun sayang bahan ajar untuk membuat printer 3 dimenasi di Indonesia sangat terbatas atau bahkan tidak ada. Untuk itu mereka bahan ajar tutorial pembuatan printer 3 dimenasi di Youtube. Bermodal bahan ajar yang mereka dapat dari Youtube merka melakukan trial and error. Bahkan harus berburu spare part jauh ke luar negeri.

Kegagalan yang dialami selama proses percobaan tidak menyebabkan dua kakak beradik ini menjadi patah arang. Namun terus memperbaiki setiap kesalahan yang menyebabkan gagalnya printer 3 dimenasi pertama mereka. Berkat keuletan mereka maka printer 3 dimenasi pertama hasil cipataan merekapun jadi dan sudah bisa digunakan.

Sebagai bahan cetaknya mereka tidak menggunakan bijih plastik melainkan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan yaitu dari kulit jagung dan kulit ketela yang mudah didapat di pasar. Selaian itu bahan baku ini terbilang murah untuk didapatkan.

Menurut Djohane Jauhari, kunci sukses printer 3 dimenasi adalah pada pengaturan keakurasian atau preseisi sehingga bisa menghasilkan bentuk yang sesuai dengan yang diinginkan. Kalau salah dalam melakukan setting atau pengaturan presisi, maka bentuk bulat yang diinginkan bisa bentuk lonjong yang keluar.

Nah, itu adalah printer 3 dimenasi Indonesia hasil karya anak bangas sendiri. Saya sangat bangga, karena Indonesia memiliki banyak anak bangsa yang kreatif dan cerdas.

1 Response to "Keren, Printer 3 Dimensi Indonesia Hasil Karya Anak Bangsa"