Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengobatinya Yang Benar

Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengobatinya Yang Benar ~ Anda uka minum kopi panas atau makan es krim. Hmmm.... memang bagi adan penggemar kopi ataupun es krim keduanya sangat nikmat. Tapi lain cerita kalau gigi anda linu atau sensitif terhadap suatu kondisi ekstrim yang menyentuh gigi. Misal terlalu panas atau terlalu dingin. Ketika benda panas atau dingin tersebut menyentuh masuk ke mulut anda maka gigi anda layaknya terkena sengat listrik. Hiiiiiii.... sangat tidak nyaman atau bahkan menyiksa.

Memang gigi sensitif terkadang dianggap masalah kecil tapi sangat mengganggu aktivitas anda dalam menikmati suatau makanan atau minuman. Cara mengatasi gigi ngilu akibat minuman dingin maupun makanan dengan rasa asam sebenarnya mudah saja. Namun, anda harus memperhatikan tingkat kerusakan gigi sensitif karena jika sudah parah maka tidak ada obatnya dan harus ditambal.

Lalu bagaiman cara mengobati gigi sensitif secara benar? Usahakan agar mengobati gigi sensitif anda secara alami terlebih dahulu, kecuali sudah parah banget dan tidak memungkinkan dengan cara alami bisa langsung pergi ke donter gigi. Nah, untuk pengobatan awal anda bisa melakukan cara mengobati gigi sensitif alami seperti di bawah ini.

Pilih Pasta Gigi Berkadar Floride Tinggi
    Flouride adalah zat kimia dalam pasta gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi agar tidak membusuk dan berlubang. Yang perlu anda tahu, kandungan floride pasta gigi anak dan orang dewasa berbeda karena jika terlalu tinggi justru dapat merusak gigi anak. Untuk baiknya, pilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Perhatikan Asupan Vitamin Dan Mineral
    Selain mengajarkan kebiasaan membersihkan gigi secara teratur, asupan vitamin dan mineral yang cukup akan mencegah gigi sensitif muncul pada anak. Fosfor merupakan senyawa yang membentuk lapisan email dan banyak terdapat pada daging ayam, ikan, telur, biji-bijian, kacang-kacangan dan gandum.
 
Menggosok Gigi Dengan Baik Dan Benar
    Pengikisan lapisan email bisa terjadi jika anda tidak rajin membersihkan gigi atau cara melakukannya yang belum tepat. Hindari menggunakan sikat dengan bulu yang kasar serta jangan menekan sikat secara berlebih karena bisa merusak lapisan luar gigi secara perlahan-lahan. Lakukan secara teratur minimal 2 kali sehari pagi dan malam hari.

Tips Khusus Untuk Gigi Sensitif
    Setelah anda memilih pasta gigi dengan kadar floride tinggi, sikatlah gigi pada malam hari tanpa berkumur dengan air. Cukup meludah untuk mengeluarkan busa dalam mulut anda. Cara mengatasi gigi sensitif ini bertujuan untuk menjaga floride tetap menempel pada lapisan gigi luar sehingga rasa ngilu cepat hilang.

Selain mengetahui cara mengobatinya anda juga sangat perlu untuk mengetahui apa penyebab gigi sensitif. Karena dengan cara mengetahui penyebabnya maka anda bisa melakukan antisipasi secara dini sebelum gigi sensitif itu terjadi pada anda. Nah di bawah ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab gigi sensitif.
  1.     Terjadinya penipisan email gigi atau berubahnya posisi gusi
  2.     Cara menyikat gigi yang masih salah dan justru merugikan kesehatan
  3.     Kebiasaan menggerakan g masih dalam kandungan
  4.     Penggunaan pasta gigi yang tidak cocok secara terus meigi saat sedang tidur maupun diam
  5.     Perubahan hormon secara drastis pada wanita yang sedang hamil
  6.     Kurang asupan vitamin dan mineral untuk gigi sejaknerus
  7.     Tanda-tanda munculnya penyakit lain misalnya diabetes

Cara Tradisional Mencegah Gigi Sensitif dan Kerusakan GigiIndonesi selalu memiliki tradisi unik. Orang jawa merupakan salah satu suku di Indonesia yang banyak memiliki tradisi atau adat istiadat yang banyak dan unik. Salah satu kebiasaan orang jawa jaman dahulu adalah nginang. Yaitu konsumsi yang terdiri dari kombinasi tembakau kering, kembang kantil, daun sirih serta bahan-bahan lain. Nah ternyata kebiasaan nginang terbukti ampuh menjaga kesehatan gigi secara alami.

Makanya orang jawa jaman dahulu jarang mengalami masalah gigi. Gigi mereka awet sampai tua bebas dari gigi keropos mapun masalah gigi sensitif. Lain halnya dengan orang jaman sekarang dimana orang terlalu sibuk dengan pekerjaan, tidak memperhatikan kualitas makanan serta minuman dan malas untuk membersihkan gigi dengan benar maka berbagai macam masalah gigipun kemudian muncul.

0 Response to "Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengobatinya Yang Benar"

Posting Komentar