Tips Menjadi Percaya Diri Dalam Hitungan Menit



Tips Menjadi Percaya Diri Dalam Hitungan Menit ~ Tips menjadi percaya diri ini akan sangat bermanfaat ketika anda mendapatkan sebuah tugas yang sebelumnya tidak pernah anda lakukan atau anda jarang melakukannya. Sebuah kepercayaan diri sangat dibutuhkan ketika anda tampil di depan umum, misal menjadi MC, berpidato mewakili sebuah organisasi atau yang lainnya, dimana itu membutuhkan performance yang memadai. Terkadang juga, hal tersebut harus dilakukan oleh anda secara mendadak tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Misalnya, anda ditunjuk secara mendadak oleh sebuah panitia penyelengara untuk menjadi MC.

Nah, bagi yang belum terbiasa dan tidak memiliki tingkat percaya diri yang tinggi, maka hal tersebut akan membuat anda menjadi salah tingkah. Jantung berdegup kecang, gerakan tangan tidak terkontrol, gerakan mata menjadi tidak fokus (kata orang jawa clala clili).

Tapi tahukan anda bahwa momen tersebut sebenarnya adalah momen berharga bagi anda. Apalagi misalnya anda adalah orang baru di lingkungan tersebut. Itu merupakan tanda kepercayaan dari masyarakat kepada anda. Apakah anda mau menyia-nyiakan kepercayaan tersebut? Itu adalah tangga awal bagi anda untuk dikenal lebih dekat oleh masyarakat. Apakah anda mau membuang kesempatan tersebut.

Tentu jawabannya tidak. Maka anda harus melakukannya. Tapi saya grogi, tapi saya takut salah bicara. Ikuti tips menjadi percaya diri dalam hitngan menit di bawah ini.

1. Tarik nafas panjang
Menarik nafas panjang terbukti sangat efektif untuk menangkan pikiran dan menstabilkan detak jantung. Coba lakukan itu secara berulang sampai tiga kali dan secara perlahan. Jangan sampai orang tahu anda sedang menghela nafas panjang, karena ini akan menyebabkan orang lain tahu bahwa anda tidak siap. Hal ini tentu akan memperburuk keadaan.

2. Mengobrol dengan teman
Lupakan bahwa anda akan tampil di depan umum. Jangan pikirkan terus hal tersebut. Cobalah anda mengobrol dengan teman di sebelah anda

3. Tersenyum
Tersenyum akan membuat anda rileks dan membangkitkan rasa percaya diri anda.

4. Pandangan lurus
Usahakan pandangan anda lurus ke audien. Jangan menunduk, sebab ketika anda menunduk maka yang akan bermain adalah perasaan. Anda merasa diperhatikan secara berlebihan, anda merasa orang lain mencibir anda, anda merasa orang lain tersenyum mengejek anda.

5. Ubah suara
Ketika anda mulai berbiacara di depan umum, coba gunakan suara dada. Suara dada akan memberikan efek suara yang memiliki bas dan mengurangi suara tribel. Suara seperti ini mencerminkan bawha anda penuh percaya dan berwibawa.

Nah itu adalah cara untuk tampil percaya diri di depan umum. Namun tentunya hal tersebut tidak akan berjalan tanpa di dukung dengan kemampuan anda mengolah kalimat. Kemampuan mengolah kalimat harus didukung dengan penguasaan kosakata yang banyak. Sehingga ketika anda tampil menjadi MC atau berpidato tidak akan kehabisan kata-kata.

0 Response to "Tips Menjadi Percaya Diri Dalam Hitungan Menit"

Posting Komentar