Manfaat Daun Angsana Sebagai Obat Alternatif

Manfaat Daun Angsana Sebagai Obat Alternatif ~ Indonesia memang kaya akan sumber alamnya. Termasuk untuk menjaga kesehatan atau mengatasi berbagai penyakit Indonesia memiliki banyak tanaman obat yang bisa dijadikan sebagai obat alami atau obat alternatif. Maka tak heran berbagai macam pengobatan alternatif berkembang dengan subur di Indonesia.

Daun angsana, yang selama ini saya kenal hanya sebagai pohon kayu hutan dengan kayu yang sangat keras ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Informasi ini saya peroleh ketika mencari top keyword untuk google adword, ternyata daun angsana angsana masuk sebagai top keyword. Merasa penasaran, maka saya cari informasi tentang manfaat daun angsana untuk kesehatan di google.

Wah ternyata benar, banyak sekali web dan blog yang membahas tentang mafaat daun angsana untuk pengobatan alternatif. Lalu untuk apa saja manfaat daun angsana ini?

Manfaat Daun Angsana Sebagai Obat Alami

  1. Mengobati penyakit batu ginjal 
  2. Mengobati sariawan yang ada di mulut.
  3. Mengobati penyakit diare.
  4. Mengobati bisul atau udun
  5. Mengobati penyakita diabetes militus dan kencing manis
  6. Mengobati luka bakar 
Hmmm..... ternyata daun angsana memiliki banyak khasiat untuk kesehatan ya. Lalu bagaimana cara meramu daun angsana menjadi obat? Untuk cara meramunya tentu berbeda-beda tergantung  jenis penyakit apa yang akan diobati. Karena saya bukan ahli meramu obat tradisional, maka silakan anda mencari sendiri di google bagaimana cara membuat obat dari daun angsana untuk penyakit yang akan anda obati.

Ngomong-ngomong, ada gak yang belum tahu apa itu daun angsana atau pohon angsana. Oke, untuk menambah pengetahuan mari kita bahas sekilas tentang pohon angsana.

Pengetahuan Tentang Pohon Angsana

manfaat daun angsana untuk kesehatan

Pohon angsana memiliki nama lain sonokembang yaitu pohon tahun yang biasa hidup di hutan rimba dengan umur bisa mencapai rautan tahun. Pohon angsana memiliki ciri kayu keras, lingkar pohon bisa sangat besar, daun kecil-kecil, bunga berwarna kuning dan sangat rindang sehingga bisa dijadikan sebagai peredu seperti pohon beringin.

Pohon angsana juga memiliki nama latin Pterocarpus indicus adalah pohon yang menghasilkan kayu deengan kualitas yang  tinggi yang berasal dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan). dengan ciri ciri Kayunya yang keras, berwarna kemerah-merahan, dan bobotnya cukup berat, yang dalam dunia perdagangan masuk dalam kelompok narra atau rosewood.

Selain itu pohon angsana dikenal dengan berbagai nama di berbagai daerah di Indoensia dan negara-nengara di dunia. Berikut adalah nama-nama lain pohon angsana di berbagai daerah dan negara di dunia.

Nama-Nama Angsana Di Berbagai Daerah Di Indonesia

  1. asan (Aceh)
  2. sena, sona, hasona (Batak)
  3. asana, sana, langsano, lansano (Minang kabau.)
  4. angsana, babaksana (Betawi.)
  5. sana kembang (Jawa., Madura.)
  6. nara (Bima, Seram)
  7. nar, na, ai na (Tim.)
  8. nala (Seram, Haruku)
  9. lana (Buru)
  10. lala, lalan (Ambon.)
  11. ligua (Ternate, Tidore, Halm.)
  12. linggua (Maluku)

Nama-Nama Angsana di Negara Lain

  1. apalit (Filipina)
  2. pradu (Thailand)
  3. chan dĂȘng (Laos)
  4. padauk, sena, ansanah (Burma)
  5. Malay padauk, red sandalwood, amboyna (bahasa Inggris)
  6. santal rouge, amboine (bahasa Perancis)

0 Response to "Manfaat Daun Angsana Sebagai Obat Alternatif"

Posting Komentar