Tips Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa


Tips Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa ~ Masalah bau mulut memang sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman dan tida percaya diri. Apalagi kalau aktifitas kita sehari-hari sering bersinggungan  dengan orang lain dengan melibatkan percakapan jarak dekat.

Bau mulut bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari sisa makanan sisa sahur, gigi berlubang sampai dengan gusi bernanah yang mengeluarkan bau busuk. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut halitosis.

Selain penyebab yang say sebutkan di atas, bau mulut saat berpuasa juga berkaitan erat; dan kebanyakan disebabkan oleh keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa makanan dan air, kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup yang dapat menjaga nafas tetap segar. 

Meskipun ini merupakan kegiatan ibadah, tapi saya sarankan agar anda tetap menjaga kesehatan mulut anda agar terbebas dari bau mulut yang tidak sedap. Ada beberapa cara untuk menjaga nafas tetap segar saat berpuasa tanpa harus melanggar aturan berpuasa.

tips mencegah bau mulut saat berpuasa
Mencegah Bau Mulut

Cara Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa


  1. Tetap sikat gigi seperti biasanya. Utamakan sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut.
  2. Pada saat sahur, usahakan untuk minum air setidaknya 2 – 3 gelas. Minum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa yang disebabkan oleh keringnya mulut. 
  3. Umat muslim telah lama mengenal penggunaan siwak atau sikat gigi dari pohon siwak untuk membersihkan gigi dan lidah. Sejumlah penelitian internasional membuktikan bahwa siwak (atau miswak, sewak) sangat efektif untuk membersihkan mulut, dan tentu saja ini juga dianjurkan oleh Nabi SAW. Kini siwak digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan mulut.
  4. Dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan obat kumur, karena akan membunuh banyak bakteri bermanfaat untuk kesehatan mulut dan gigi.
  5. Kumur dengan menggunakan air daun sirih saat sahur sangat dianjurkan untuk mencegah bau mulut selama berpuasa
Nah itu adalah tips kesehatan yang semoga bisa bermanfaat  bagi anda yang dalam bulan Ramadhan ini sedang menjalankan ibadah puasa. Tips mecegah bau mulut selama berpuasa ini saya ambil dari berbagai sumber.

0 Response to "Tips Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa"

Posting Komentar