Rahasia Otak Cerdas atau Tips Agar Otak Lebih Cerdas

Rahasia Otak Cerdas atau Tips Agar Otak Lebih Cerdas ~ Setiap orang tentu menginginkan memiliki otak yang cerdas. Begitupun juga dengan orang tua, sangat mendambakan memiliki anak dengan kecerdasan otak di atas ra-rata. Banyak sekali orang-orang cerdas di dunia ini. Tahukah anda rahasia mengapa mereka bisa memiliki otak cerdas? Berikut kita buka bersama rahasia otak cerdas atau tips agar otak lebih cerdas.

8 Tips Agar Otak Lebih Cerdas


1. Ambillah dosis EPA secukupnya
EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya, jadi mengapa tidak memberikannya kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.

2. Kerjakan sebuah teka teki
Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

3. Pergi berjalan kaki
Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu Anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran Anda tetap jernih.

4. Mempelajari bahasa baru
Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.

5. Tertawa
Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya.

6. Menjadi kreatif
Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

7. Belajar melempar barang
Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.

8. Berhubungan dengan sifat keanak-anakan Anda
Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).

Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, otak juga membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan tepat untuk perkembangannya. Ada beberapa makanan yang diklaim sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak. Di bawah ini adalah daftar makanan yang dapat meningkatkan sel-sel otak. (Sumber)

13 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak


1. Ikan dan kerang-kerangan.
lkan dan kerang-kerangan merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 (dalam bentuk DHA dan EPA) yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

DHA maupun EPA banyak terkandung di dalam jenis-jenis ikan yang hidup di perairan laut dalam; seperti salmon, tuna, sardine, makarel,tenggiri,dan kembung. Jenis ikan air tawar yang juga mengandung DHA dan EPA antara lain ikan tawes. lkan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3

2. Makanan yang Mengandung DHA
DHA sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak akan memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

3. Telur.
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau.Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan lecithin yang dianggap penting sebagai makanan otak, yang bersifat baik untuk membantu perkembangan memori atau daya ingat.

4. Daging sapi.
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh anak akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

5. Daging ayam.
Daging ayam dapat diandalkan sebagai sumber protein. Apalagi, protein yang dimilikinya, seperti juga protein hewani lainnya, berkualitas tinggi, dan mengandung semua asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

6. Gandum murni.
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh.Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

7. Oat/Oatmeal.
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari.Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium, dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

8. Beras merah.
Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin dalam otak, yaitu senyawa kimia yang memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Makanan ini juga memberikan energi untuk jangka panjang dalam jumlah besar, serta dapat menstabilkan kadar gula darah, penting juga untuk dapat tidur nyenyak. Beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang sangat penting untuk kesehatan fungsi otak.

9. Kelompok berry.
Stroberi, cherry, blueberry, dan blackberry, secara umum semakin kuat warnanya, semakin banyak gizi yang di kandungnya. Berry mengandung vitamin C dan antioksidan kadar tinggi yang dikenal sebagai antosianidin. Zat ini diketahui dapat melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan berbagai toksin kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan stroberi mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berry ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

10. Kacang-kacangan.
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin B kompleks, zat besi dan magnesium yang semuanya penting bagi fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf anak.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA (alfa-linolenat) yaitu jenis asam lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

Selain itu didalam setiap 100 gram kedelai terkandung 30-35 gram protein. Susunan protein di dalam kedelai istimewa, karena mengandung 8 macam asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial adalah komponen pembentuk protein yang sangat dibutuhkan tubuh tetapi tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

11. Buah dan sayuran berwarna
vitamin dan mineral banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Kedua jenis zat gizi ini berperan penting dalam pertumbuhan dan fungsi otak.Vitamin B kompleks berpengaruh langsung terhadap fungsi otak dan perubahan emosi serta perilaku. Selain itu, vitamin B kompleks memegang peranan dalam pengubahan zat gizi menjadi sumber energi yang membuat otak tetap bertenaga.

Vitamin A, C, dan E merupakan antioksidan tangguh yang bemanfaat meningkatkan dan memperbaiki fungsi otak. Mineral secara umum mengontrol volume otak agar sel otak tetap segar sehingga fungsi otak tetap terjaga. Magnesium dan mangan sangat diperlukan tubuh untuk membantu pemecahan energi dan pendistribusian energi ke dalam otak.

Natrium, kalium, dan kalsium diperlukan untuk menunjang kelangsungan komunikasi pengantaran dan penerimaan pesan antar sel saraf otak.Tomat, ubi jalar merah, brokoli, labu kuning, wortel, bayam, seledri, kecambah kacang hijau, jagung, jambu biji, pepaya, semangka, buah naga, apel, dan anggur adalah sayuran dan buah yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

12. Susu dan yogurt.
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan lemaknya.

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan.Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

13. Keju.
Keju merupakan sumber protein yang baik untuk memacu kerja otak. Selain itu, juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Keju juga mengandung sejumlah vitamin yang terdapat pada susu, kecuali vitamin C yang menjadi rusak akibat pengolahan.

Kandungan gizi yang dimiliki keju inilah yang menyebabkan keju dapat digunakan untuk mendongkrak kandungan gizi bahan pangan lain, misalnya roti (protein 8%). Roti sangat miskin asam amino lisin sehingga perlu dikombinasikan dengan keju yang merupakan sumber lisin.ltulah sebabnya kombinasi roti dan keju merupakan pasangan yang serasi ditinjau dari segi gizi.

Sang Pencetus Menu Sehat & Permainan Kreatif untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak Oleh Ayu Bulan Febry K. D., S.KM & dr. Zulfito Marendra.(Sumber)

1 Response to "Rahasia Otak Cerdas atau Tips Agar Otak Lebih Cerdas"