Tips Ketika Menghadapi Masalah

Tips Ketika Menghadapi Masalah ~ Masalah itu pasti ada. Setiap orang yang menjalani kehidupan secara normal, pasti pernah dan akan menghadapi masalah. Selesai masalah lama, maka kemudian akan muncul kembali masalah baru. Lalu bagaimana cara menghadapi masalah yang benar?

Cara menyikapi masalah yang baik dan tepat adalah kunci menghadapi atau menyelesaikan masalah dengan baik dan benar. Maka ketika ada masalah, hadapilah. Jangan pernah berpikir untuk menghindar atau berlari dari masalah. Karena, masalah tersebut akan selalu ada sepanjang anda belum menyelesaikannya.

Sikap yang benar ketika menghadapi masalah adalah menyadari dengan sesadar-sadarnya bahwa masalah adalah ujian yang datang dari Allah SWT. Ujian, adalah tanda kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

Logika sederhanyanya adalah, ketika seorang siswa akan naik kelas pasti harus melalui ujian terlebih dahulu. Begitu juga, ketika Allah akan menaikan derajat seorang hamba maka Allah akan menurunkan ujian terlebih dahulu.

Dengan keyakinan tersebut di atas, maka ketika mendapat masalah bersegeralah berdoa memohon petunjuk jalan keluar dari masalah yang dihadapi. Karena bahwasanya Allah menurunkan penaykit beserta obatnya, menurunkan masalah beserta solusinya, menurunkan ujian beserta kunci jawabannya.

Selain menyikapi masalah dengan baik, tentu upaya-upaya atau ikhtiar untuk menyelesaikan masalah secara manusiawi juga perlu dilakukan. Manusia adalah makhluk sosial yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan dan saling membutuhkan.

Terkadang, masalah yang sedang anda hadapi pernah dialami oleh teman anda, saudara anda atau orang tua anda. Maka jangan malu untuk bersilaturahmi kepada teman, saudara atau orang tua (jika anda sudah tidak serumah dengan orang tua) untuk menceritakan semua masalah yang sedang anda hadapi.

Cara ini, sangat efektif untuk mengurangi beban pikiran anda, meskipun terkadang orang yang diajak bicara tidak bisa memberikan solusi yang tepat.

Mencoba menggali dari pengalaman orang lain yang sama dengan kasush yang sedang dihadapi, merupakan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang sedang hadapi. Meskipun sebenarnya, masing-masing orang memiliki cara tersendiri dalam menyelesaikan masalah dan cara penyelesaikan terkadang berbeda meskipun kasusnya ada kemiripan, paling tidak bisa dijadikan sebagai referensi dalam menyelesaikan masalah.

0 Response to "Tips Ketika Menghadapi Masalah"

Posting Komentar