Cara Memperbaiki Smartphone Android Yang Lemot

Cara Memperbaiki Smartphone Android Yang Lemot ~ Android adalah salah satu sistem operasi smartphone populer dan banyak digunakan. Banyak sekali vendero smartphone yang menanamkan android sebagai sistem operasinya. Alhasil banyak sekali pengguna smartphone yang menggunakan smartphone android.

Dibalik segala kecanggihan yang dimiliki android, ternyata juga banyak menyimpan maslah yang sering muncul pada sistem operasi smartphone terpopuler tersebut. Mulai dari aplikasi yang tidak berjalan dengan normal, android berjalan lambat sampai dengan hang (macet). 

Yang mencoba saya share kali ini adalah mengatasi masalah android yang lemot atau lambat. Apabila tidak segera diatasi maka lambat laun akan mengakibatkan android menjadi hang. Sebelum itu terjadi kenali dulu apa penyebab android anda menjadi lambat dan lakukan tindakan yang tepat.

Penyebab andorid lemot atau lambat biasanya karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan, terlalu banyak menginstal game, memori yang sudah full, dll. Baiklah, sekarang langsung ke bagaimana cara mengatasi android yang lemot.

Cara memperbaiki android yang lemot

Anda Tertarik Untuk Menjadi Seorang Ahli Servis Ponsel? Klik Di Sini
Matikan Animasi
Animasi merupakan salah satu yang membuat android lebih kelihatan elegan, canggih, dan nyaman untuk dipandang. Setiap perpindahan menu menghadirkan animasi yang mengesankan. Tapi tahukan anda ini adalah salah satu penyebab perpindahan menu menjadi lambat. Dengan demikian andorid anda menjadi lemot ketika pindah antar menu. Maka agar android kembali berjalan cepat matikan animasi perpindahan menu. Caranya pergi ke menu setting – Developer options lalu seting off pada pilihan animasi yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale

Ganti Live Wallpaper Dengan Wallpaper Statis
Meski Live Wallpaper atau wallpaper bergerak sangat indah dan membuat android nampak lebih modern, tapi ini juga menimbulkan masalah serius. Diantarnya adalah memboroskan baterai dan memperlambat kinerja Android. Nah, agar lebih efisien terhadap daya dan andeoid lebih cepat sebaiknya gunakan wallpaper biasa, caranya masuk ke menu setting- display dan ganti dengan gambar statis.

Buang aplikasi yang tidak penting
Android memang memiliki banyak aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Tapi tidak semua aplikasi tersebut bermanfaat untuk anda secara pribadi. Jadi, ada baiknya anda memilih aplikasi yang benar-benar anda butuhkan. Apalagi kalau anda banyak menginstal aplikasi game, ini akan lebih membuat android anda menjadi super lemot. Kalau sudah terlanjut menginstal banyak aplikasi di android, maka anda harus menghapusnya. Cara adalah masuk ke menu Play Store – My Apps atau melalui setting – App – All dan lakukan penghapusan.

Kurangi Penggunaan Widget
Widget merupakan sortcut dan ikon yang menampilkan informasi realtime pada homescreen. Dengan karakter selalu mengambil dan menampilkan informasi secara realtime, maka dengan semakin banyak widget akan berimbas pada lambatnya kinerja ponsel. Selain itu terlalu banyak widget juga membuat baterai dan bandwith cepat habis. Untuk mengatasi android lemot maka sebaiknya kurangi penggunaan widget.
Gunakan Memori Eksternal
Smartphone android sudah dibekali dengan memori internal yang relatif besar yaitu 4 atau 8 GB, mungmkin bagi sebagia orang memori dengan ukuran sebebsar ini sudah cukup. Tapi akan lebioh baik kalau anda menambahkan memori ekdsternal dengan ukuran yang lebih besar dan berkecepatan tinggi. Misal anda menambahkan memori sebesar 16 GB. Sehingga anda lebih leluasa dalam menyimpan berbagai filde dan aplikasi yang anda butuhkan tanpa membebani memori internal android anda.

Nah itu adalah cara mengatasi masalah android yang lemot yang bisa saya share pada blog gado-gado dan sederhana ini. Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda.

1 Response to "Cara Memperbaiki Smartphone Android Yang Lemot"

  1. android saya jadi nda keren mba coz wallpapernya diganti statis :(

    tapi biarlah, daripada lemot hehe

    BalasHapus