Rahasia Mencapai Kehidupan Bahagia

Rahasia Mencapai Kehidupan Bahagia ~ Bahagia adalah kondisi dimana jasmani dan rohani ada dalam harmoni yang selaras. Kondisi lahir dan batin sama, sehingga tidak terjadi kontradiksi. Kondisi yang kontradiktif itulah yang menyebabkan seseorang tidak bahagia. Contoh, batinnya ingin uang banyak, tapi lahirnya atau kenyaatnnya tidak demikian.

Bahagia atau kebahagian menjadi tujuan banyak orang hidup di dunia ini. Namun tidak sedikit dari mereka yang terjebak pada pencarian kebahagiaan yang tidak pernah berujung. Akhirnya kebahagiaan tidak pernah mereka rasakan.

Rahasia bahagia atau rahasia mencapai kebahagiaan adalah ada pada diri sendiri. Tidak ada pada diri orang lain atau benda ekternal lain yang berada di luar diri kita. Yang ada di luar diri kita sifatnya hanya sebagai media penambah kebahagaiaan.

Kebahagiaan akan kita rasakan ketika kita mampu untuk berdamai dengan keadaan. Misal kedadaan kita tidak menjadi kaya, padahal hati kita ingin sekali kaya raya dengan harta melimpah ruah. Rumah mewah, mobil mewah dan semua serba mewah. Namun ketika realita tidak seperti itu, maka sikap terbaik adalah berdamailah dengan keadaan. Artinya, batin harus menermia kenyataan yang ada.

Bersyukur, merupakan kondisi dimana batin menerima pada sebuah realita yang ada. Maka dalam islam, sikap bersyukur sangat dianjurkan. Dari rasa syukur inilah akan muncul sebuah kebahagiaan. Di bawah ini saya kutip, beberapa kata-kata mutiara yang berkaitan dengan kebahagiaan.


"Kebahagiaan itu ketika apa yang kamu pikirkan, apa yang kamu katakan dan apa yang kamu lakukan menyatu dengan harmoni."
- Mahatma Gandhi
"Bukan seberapa banyak yang kita punya, melainkan sebarapa banyak yang kita nikmati, itu lah yang membuat kebahagiaan."
- Charles Spurgeon
"Kebahagiaan tidak tergantung pada kondisi luar, kebahagian diatur oleh sikap mental kita."
- Dale Carnegie
"Untuk mencapai kebahagiaan yang sejati kamu harus merasakan sakit dan ketidak bahagian yang sangat - kalau tidak, bagaimana mungkin kamu tahu ketika kamu bahagia?"
- Leslie Caron
Selain bersyukur atas apa yang kita terima, apapun itu adanya, kunci kebagiaan berikutnya adalah mau berbagi. Bagia tidak terletak pada seberapa banyak yang kita kumpulkan, tapi seberapa banyak yang kita nikmati dan berbagi dengan sesama.

Mungkin kita akan sangat merasa bahagia ketika sebuah tujuan bisa tercapai, tapi akan lebih bahagia ketika apa yang sudah kita dapatkan kita gunakan untuk memberikan kebahagiaan pada orang lain. Sehingga ada senyuman pada bibir orang lain, sehingga terhapus air mata orang lain. Saat itulah kita akan merasakan puncak kebagiaan. Jadi, kalau ingin bahagia BERBAGILAH!!!

0 Response to "Rahasia Mencapai Kehidupan Bahagia"

Posting Komentar