Rahasia Optimasi Artikel Agar Lebih SEO Friendly

Rahasia Optimasi Artikel Agar Lebih SEO Friendly ~ Optimasi artikel agar lebih SEO friendly adalah sebuah upaya agar artikel bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian google. Selain melakukan berbagai trik pada templet blog yang agar lebih SEO friendly, yang tidak kalah penting adalah membuat artikel yang mudah ditelusuri oleh mesin pecari.

Adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger, ketika artikel yang dipublishnya berhasil menempati halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (google). Karena dengan demikian, artinya dia sudah bisa memenangkan persaingan dari jutaan pesaing dan mendapatkan lebih banyak peluang untuk mendapatkan earning dari blog yang dikelolanya.

Namun tidak semua blogger (termasuk saya) bisa menembus halaman pertama google untuk setiap keyword atau kata kunci yang dibidik. Untuk itu saya berupaya untuk mencari tahu tentang sebuah rahasia optimasi artikel agar lebih SEO friendly sehingga bisa keluar di halman pertama pencarian google. Dari hasil penelusuran tersebut, saya dapatkan beberapa tips yang bisa diterapkan pada setiap saat saya akan menulis artikel.

Nah, dengan tujuan belajar bersama untuk para blogger pemula (seperti saya) maka saya share juga tips membuar artikel seo friendly tersebut di sini.

5 Rahasia Optimasi Artikel Agar Lebih SEO Friendly


1. Optimasi Pada Judul


Judul adalah komponen artikel yang pertama kali di baca oleh mesin pencari dan juga oleh mata manusia. Untuk itu maka judul artikel harus mengundang keyword atau kata kunci yand dibidik. Sedangkan untuk menarik minat baca manusia (pengunjung internet) adalah dengan membuat judul yang cettar membahana (hahaha). Hal ini karena para pengunjung internet cenderung lebih tertarik dengan judul-judul artikel yang super heboh, unik dan super aneh.

2. Optimasi pada deskripsi


Blogger atau blogspot memiliki sebuah fitur deskripsi penelusuran pada setiap penulisan artikel. Nah, pastikan deskripsi yang dimasukkan pada fitur ini juga mengandung keyword yang dibidik.

3. Optimasi pada heading
Artikel yang baik dan SEO friendly adalah artikel yang memiliki susunan heading H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Minimal memiliki heading H1 - H3. Jadikan judul artikel sebagai H1, sub judul menjadi H2, H3 dan seterusnya.

4. Optimasi pada tanda baca
Para master SEO banyak yang merekomendasikan tanda baca tertentu pada keyword yang dibidik. Artinya pada setiap menyisipkan kata kunci dalam artikel harus di tandai dengan tanda baca tertentu. Misal, bold, italic, underline.

5. Optimasi pada keyword density
Keyword density adalah tingkat kerapatan atau presentase antara keyword atau kata kunci dengan jumlah kata keseluruhan pada artikel. Para master SEO merekomendasikan jumlah keyword density pada artikel tidak boleh melebihi dari 3 %. Yang baik adalah 0,5 sampai dengan 2,5%. Bagaiman cara menmghitungnya? Jumlah keyword dibagi jumlah kata dalam artikel di kali 100. Misal kita menempatkan 5 kata kunci pada artikel yang memiliki 1000 kata. Maka hitungannya adalah 5:1000 x 100 = 0,5 %.

Setelah mendapatkan formula keyword density yang tepat berikutnya adalah penempatan
keyword yang tepat pula. Untuk menempatkan keyword harus disebar dalam sejumlah paragraf. Jangan sampai keyword terkumpul dalam satu paragraf saja, sedangkan di paragraf lainannya tidak mengandung kata kunci yang dibidik. Misal pada paragraf pertama, tengah dan terakhir.

Nah itulah 5 rahasia optimasi artikel agar lebih SEO friendly, semoga dengan menerapakan tips dan trik SEO ini bisa mengangkat setiap artikel yang ditulis ke halaman pertama google. Kepara para master SEO mohon bimbingannyan dan tamabahanya terhadap kekurangan ulasan saya ini. Dan kepada para blogger pemula seperti saya, mohon maaf kalau artikel ini kurang bisa membantu, karena kita sedang sama-sama belajar.

1 Response to "Rahasia Optimasi Artikel Agar Lebih SEO Friendly"