4 Langkah Sukses Usaha Rumahan Menjadi Peternak

3 Langkah Sukses Usaha Rumahan Menjadi Peternak ~ Salah satu usaha rumahan yang bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan sampingan adalah dengan menjadi peternak. Bahkan usaha menjadi peternak tidak hanya menjadi usaha sampingan dengan penghasilan sampingan, tapi menjadi usaha utama dengan omset jutaan bahkan bisa ratusan juta perbulan. Tapi tentu saja usaha ini harus dijalankan dengan cara yang benar dan ditekuni secara fokus.

Inilah 4 Langkah Sukses Usaha Rumahan Menjadi Peternak

1. Kenali Daerah Anda
Tidak semmua hewan bisa dhidup disemua daerah. Sebagai contoh binatang yang biasa hidup dihabitat dingin tidak akan bisa bertahan di habitat dengan suhu yang panas. Untuk itu sangat perlu untuk mengenali dareah anda sendiri apakah cocok dengan binatang yang akan dipelihara. Untuk daerah Indonesia dengan iklim tropis sebenarnya banyak binatang yang bisa dipelihara dirumah, misal ayam, kambing, kelinci, hamster dan lain sebagainya. Yang pentign jangan pelihara tuyul aja. Hehehehe.........

2. Teruslah Belajar dan Berguru langsung
Kalau anda seorang pemula maka sangat penting untuk melakukan belajar langsng kepada orang yang sudah sukses di bidang ternak binatang tertetnu. Misal anda memutuska akan beternak kelinci hias, maka datanglah kepada orang yang sudah sukses menjadi peternak kelinci, belajarla kepada beliau. Meskipun di internet banyak sekalai berbagai panduan beternak binatang, tapi belajar langsung dengan ahlinya akan sangat baik.
3. Kelola keuangan dengan baik
Usaha apapun akan berujung kebangkrutan kalau tidak tepat dalam mengelola keuangan. Maka biasakan membut perencanaa keuangan secara tepat. Jangan sapai modal dasar dari usaha anda malah hilang untuk belanja keperluan sehari-hari. Agar anda lebih cermat dalam mengelola keuangan maka tidak ada salahnya untuk meminta nasihat kepada teman, kerabat atau siapa saja yang pandai dalam hal manageman keuangan.
.
4. Kembangkan Jaringan
Jaringan dalam sebuah bisnis atau usaha sangat penting dan menjadi kunci kesuksesan. Sebagus dan sebanyak apapun binatang ternak yang anda miliki tapi anda tidak memiliki jaringan untuk menjual hewan anda, maka hewan-hewan anda akan tetap berada dikandang sampai akhirnya di sembelih oleh anda sendiri. Artinya anda tidak akan mendapatkan keuntungan secara finansial dari usaha anda. Maka bersilaturahmilah untuk mengembangkan jaringan anda. Ingat salah satu manfaat dari silaturahmi adalah membukan pintu rizki dan Allah SWT.

Nah itulah 4 langkah sukses usaha rumahan menjadi peternak, sedangkan hewan apa yang cocok silakan lakukan obervasi,mulai dari observasi lingkungan seperti saya sebutkan di atas sampai pada minat masyarakat pada binatang tertentu. Jangan sampai anda beternak binatang yang tidak ada peminatnya. Semoga sukses.

0 Response to "4 Langkah Sukses Usaha Rumahan Menjadi Peternak"

Posting Komentar