Cara Terbaik Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Cara Terbaik Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar ~ Memberikan motivasi anak agar rajib belajar sangatlah penting. Terkadang semangat belajar anak-anak ada naik turun disebabkan berbagai hal. Terkadang sangat bersemangat untuk belajar, namun terkadang mereka malas untuk belajar. Maka sangat penting bagi orang tua untuk mengikuti dan memahami setiap hal yang rasakan oleh seorang anak agar bisa memberikan motivasi yang tepat agar rajib belajar.

Cara terbaik memotivasi anak agar rajin belajar adalah dengan memposisikan diri sebagai teman atau sabahat bagi anak. Selain itu sangat penting untuk mengetahui psikologi anak. Mengetahu apa yang sedang dirasakan anak, agak menjadikan orang tua bisa mengambil jalan keluar terbaik dari permasalahan yang sedang dihadapi anak.

Oke, sepertinya saya tidak akan berpanjang lebar dalam memberikan pembukaan pada artikel cara terbaik memotivasi anak agar rajin belajar ini. Silakan langsung aja teruskan membacanya pada 7 cara memotivasi anak agar rajib belajar.

7 Cara Terbaik Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

1. Menyediakan Lingkungan Belajar Yang Menyenangkan

Lingkungan belajar yang menyenagkana akan sangat menunjang pada semangat belajar anak. Buatlah ruang belajar khusus anak dengan suasana yang bersih, rapi dan hiasi dengan hal-hal yang disenangi anak.

2. Bantuan Anak Menentukan Tujuan

Seorang anak terkadang kesulitan dalam mendeskripsikan tujuanya. Maka tugas sebagai orang tua untuk membantu anak dalam menemukan tujuan. Yang dimaksud di sini adalah tujuan dari belajarnya. Misal karena ingin mendapat nilai sempurna (10), ingin naik kelas dengan ranking 10 besar dan lain sebagainya. Degan membantu anak dalam menemukan dan mentukan tujuan, maka akan membuat anak lebih bersemangat dalam belajar.

3. Berikan Harapan yang Wajar

Harapan yang wajar dan sesuai dengan kemampuan anak. Maka sebagai orang tua harus memahami tingkat kemampuan anak agar tidak memberikan harapan yang tidak masuk akal. Misal, anak memang kurang mampu untuk masuk 5 besar, maka berikan harapan untuk bisa 10 besar. Memberikan harapan yang tidak masuk akal dan tidak mungkin bisa dicapai hanya akan membuat anak tertekan dan depresi.

4. Ajarkan Anak Pentingnya Belajar

Sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya belajar. Misal, segala sesutu harus dicapai dengan sebuah proses. Untuk mencapati sebuah prestasi, prosesnya adalah belajar. Sangat tidak mungkin untuk bisa pintar tanpa belajar.

5. Dampingi Anak Saat Belajar

Sebagai orang tua sebaiknya jangan hanya memeritntah anak untuk belajar. Akan lebih tepat kalau sifatnya adalah mengajak belajar. Maka konsekuensinya adalah orang tua harus belajar bersama dengan anak. Selain anak merasa memiliki teman belajar, juga akan ada orang untuk bertanya ketika mendapati kesulitan dalam memahami pelajaran.

6. Mendorong Kompetisi Anak

Sebuah persaingan akan membuat anak lebih termotivasi dalam belajar. Namun juga harus memberikan kompetensi yang sewajarnya. Misalnya berkompetensi dengan adik atau kakaknya dalam mencapai nilai terbaik dalam sebuah ulangan .

7. Beikan Hadiah Untuk Anak

Hadiah atau reward sangat penting untuk diberikan kepada anak agar lebih termotivasi untuk belajar. Misal ketika bisa mencapai target dari yang sudah ditetapkan, misal masuk 10 besar dari hasil ulangan, maka berikan hadiah yang sangat disukai anak.

Nah itulah cara terbaik memotivasi anak agar rajin belajar semoga artkel ini bisa memberkan manfaat khususnya bagi para orang tua yang care terhadap anak-anaknya. Atau juga ini bisa bermanfaat bagi anda para pembimbing belajar anak-anak.

0 Response to "Cara Terbaik Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar"

Posting Komentar