Cara Sukses Jualan Baju atau Fashion Melalui Internet Agar Laris Manis

Cara Sukses Jualan Baju atau Fashion Melalui  Internet Agar Laris Manis ~ Setiap penjual pasti ingin barang jualannya laku keras atau laris manis dipasaran. Demikian juga dengan para pebisnis online atau para penjual online, juga ingin barang jualannya laris manis di toko onlinenya. Lalu apa sebenarnya rahasia dari kesuksesan para pebisnis online sehingga bisa meraup keuntungan puluhan bahkan ratusan juta dari toko online miliknya.

Agar lebih spesifik di sini saya akan mencontohkan cara sukses jualan baju atau fashion melalui internet. Namun sebenarnya, cara atau tips sukses jualan online ini bisa diterapkan di semua produk hanya ada perbedaan perlakuan dalam beberapa bagian saja.  Menjual baju secara online hampir tak jauh berbeda dari menjual produk lainnya di dunia maya. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh penjual baju online agar baju daganannya laku bahkan laris manis.

  • Lakukan Riset Kecil
    Kalau anda tidak menjual produk sendiri, artnya anda menjual ulang produk orang lain pastikan anda mendapatkan suplier yang terpat dan baik. Yaitu usahakan anda memilih suplier yang yang memberikan banyak meudahan pada anda. Misal anda bisa mengambil barang terlebih dahulu dan akan dibayar ketika barang sudah terjual, atau paling tidak anda tidak harus membayar semua produk yang anda bawa tapi anda membayar 25% atau 50% dulu sebagai Downl Payment atau DP.

  • Tentukan Jenis Baju Yang Akan Dijual
  • Seperti kita tahu bahwa baju itu terbadi dengan beberapa segementasi, yaitu untuk balita, anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua.Lalu bagaimana jika anda ingin menjual semua baju dari semua segmentasi? Tidak masalah!!! Tapi biasanya toko online akan sangat erat dengan target keyword yang akan ditentukan dalam optimasi SEO nantinya. Maka sangat saya rekomendasikan agar anda menjadi spesialis saja. Misal, hanya menjual baju balita saja atau remaja saja. Karena dengan demikian akan lebih mudah dalam optimasi keyword dan toko online menjadi lebih unik.

  • Tentukan Harga
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan harga. Pastikan harga yang anda tentukan tidak terlalu tinggi sehingga bisa terjangkau oleh semua kalangan. Agar anda bisa mematok harga yang wajar dan terjangkau tentu anda harus mendapatkan barang yang murah dari suplier anda. Maka sangat penting bagi anda pada saat tahap riset untuk mendapatkan suplier yang tepat.

  • Foto Baju Yang Akan Dijual
  • Jualan online tentu berbeda dengan jualan ofline, dimana jualan online barang bisa dilihat langsung bahkan dicoba oleh para calon pembeli. Tapi jualan online para pembeli hanya bisa melihat sampel produk melalui gambar atau foto yang dipajang. Untuk itu sangat penting untuk membuat foto dari koleksi baju anda tampak sangat menarik untuk dilihat di internet. Bila perlu anda menyewa model atau menyuruh saudara anda untuk menjadi model baju anda kemudian difoto dengan berbagai pose dan berbagai arah sehingga foto tampak sangat menarik.

  • Tawarkan ke Lingkungan Sekitar
  • Meskipun anda fokus pada jualan online tapi tidak ada salahnya kalau anda memperkenalkan produk yang anda jual kepada orang terdekat anda, misal saudara, tetangga atau teman kerja. Sekaligus anda juga memperkenalkan pada mereka cara memesan via online.

  • Buat Toko Online
  • Setelah semua materi siap, kini saatnya anda mengonline kan produk anda. Silakan buat toko online dengan semenarik mungkin. Anda bisa membuat toko online dengan menggunakan fasilitas script toko online yang tersebar secara gratis di internet. Tapi saya sarankan kalau anda belum memahami tentang bagaimana membangun sebuah website yang professional anda tingga beli aja domain dengan paketan intalasi toko online sekaligus. Sekarang banyak kok jasa pembuat toko online yang menawarkan paketan domain, hosting dan web toko online sekaligus. Memang dengan cara ini anda harus mengeluarkan budget lagi, tapi anda tiak perlu repot dengan berabgai macam masalah teknis. 
    Akan lebih dahsyat kalau toko online atau website toko online anda memiliki fasilitas affiliasi. Karena dengan cara ini marketing anda akan berjalan secara otomatis dan menyebar dengan cepat.

  • Responsif
  • Pelayanan yang cepat dan ramah adalah kunci sukses memikat hati para calon pembeli. Anda harus berpikir positif pada setiap respon yang masuk yang berkaitan dengan toko online anda. Kalau anda pertanyaan dari calon pembeli maka layani dengan ramah dan penuh persahabatan. Tapi jangan sesekali berlaku agresif pada calon pembeli. Misal anda mengetahui ada calon pembeli yang melakukan pemesanan produk anda, kemudian anda melakukan follow up secara membabi buta seperti penagih utang yang hendak menagih utang. Apabila anda melakukan ini bukan menarik calon pembeli untuk memutuskan belanja di toko online anda tapi justru measa ilfil dan akhirnya kabur

  • Minta Testimoni
  • Sediakan fitur testimoni pada toko onine anda. Berikan kesempatan atau bila perlu meminta para pembeli yang sudah membeli produk anda untuk memberikan testimoni atau kesaksian terhadap  produk ayang anda juala tau pelayanan anda. Kesulitannya adalah tekadang orang yang sudah membeli produk akan sulit untuk diminta testimoninya. Anda bisa menggunakan strategi pemberian voucher belanja gratis untuk setiap testimoni terbaik. Dengan cara ini saya yakin banyak para konsumen anda yang akan dengan suka rela memberikan testimoni terbaiknya. Lalu apa pengaruhnya terhadap toko online anda? Orang akan lebih tertarik berbelanja apabila sudah ada kesaksian dari para pembeli sebelumnya.
Nah itulah Cara Sukses Jualan Baju atau Fashion Melalui  Internet Agar Laris Manis semoga artikel ini bisa membantu anda dalam membangun kerajaan bisnis online anda dan jangan lupa untuk membayar zakat kalau sudah sukses. Hehehe......

1 Response to "Cara Sukses Jualan Baju atau Fashion Melalui Internet Agar Laris Manis"