Mengenal Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil Untung Besar

Mengenal Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil Untung Besar ~ Bisnis waralaba atau istilah kerennya bisnis franchise menjadi peluang usaha yang lumayan menguntungkan bagi anda yang ingin memulasi usaha tapi bingung harus memulai dari mana. Atau anda ingin berbisnis atau jualan tapi anda bingung mau jualan apa, produk yang lagu yang bagaimana, bagaimana cara memulai sebuah usaha dan bagaimana cara melakukannya agar bisa mendapat untung besar.

Mengapa bisnis waralaba banyak memikat para pengusaha baru yang tidak memiliki prodk sendiri. Karena dengan mengikuti bisnis waralaba anda bisa memulai bisnis tanpa harus repot menciptakan sebuah produk atau brand, bahkan anda akan mendapatkan pelataihan bagaimana cara memulai dan menjalankan sebuah usaha. Bagi anda yang belum mengenal lebih jauh tentang bisnis waralaba (sperti saya). Mari kita belajar bersama dari artikel ini yaitu mengenal bisnis waralaban. Mengenal bisnis waralaba saya bagi dalam dua sub judul, yaitu pengertian bisnis waralaba dan tips memulai bisnis waralaba dengan modal kecil untung besar.



Pengertian Binis Waralaba atau Binis Franchise

Pengertian bisnis waralaba secara harfiah, Waralaba berasal dari kata “wara” artinya lebih, dan “laba” berarti untung. Jadi jika disingkat maknanya adalah untung lebih.

Pengertian Bisnis Waralaba berdasarkan undang-undang yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 12/2006 yaitu : “Waralaba (Franchise) adalah perikatan antara Pemberi Waralaba dengan Penerima Waralaba dimana Penerima Waralaba diberikan hak untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki Pemberi Waralaba dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh Pemberi Waralaba dengan sejumlah kewajiban menyediakan dukungan konsultasi operasional yang berkesinambungan oleh Pemberi Waralaba kepada Penerima Waralaba”

Pengertian bisnis waralaba menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah: suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu 

Tips Memulai Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil Untung Besar 

  • Pilih waralaba dengan produk banyak disukai konsumen, biasanya produknya sudah familiar atau diketahui publik. Lebih baik lagi kalau prodknya adalah yang dibutuhkan oleh semua kalangan, kecualai memang anda ingin menjual produk spesialis (untuk kalangan tertentu). Yang paling mudah laku sejauh ini adalah waralaba dengan produk makanan dan minuman karena setiap orang di Indonesia pasti suka makanan dan minuman terlebih lagi kalau makanan dan minuman tersebut besifat kuliner (unik). Selain itu masalah harga adalah masalah utama yang paling menjadi pertimbangan oleh para pembeli. Untuk itu pastikan bahwa produk anda bisa diberli oleh semua kalangan dengan harga terjangkau
  • Pilih waralaba yang sudah teruji kredibilitasnya.Untuk melakukannya anda harus menggali informasi tentang franchisor atau sang pemilik franchise. Bagaimana reputasinya dan bagaimana dia mengawali usaha. Cara dia memulai usaha mungkin dapat menjadi masukan untuk mengembangkan usaha anda.
  • Pilih lokasi yang tepat dan strategis. Pemilihan lokasi sangat penting untuk menarik konsumen. Cari lokasi-lokasi di pusat keramaian seperti pasar, kampus, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Tempat yang strategis akan meningkatkan penjualan sehingga omzet semakin tinggi.
  • Kuasai Pasar. Bisnis waralaba cenderung banyak pesaingnya, karena dari frachistor selalu merekrut para pengusaha baru yang ingin menjula barang waralabanya. Untuk itu, strategi pemasaran ayang tepat mutlak diperlukan agar anda bisa menguasai pasar. Mulai dari cara pengemasan produk yang unik dan bisa memikat pelanggan, memasang poster dan baner, memasang iklan di media dan jika perlu berikan doorprize untuk para pengunjung atau konsumen.
Nah demikian artikel saya yang membahas mengenal bisnis waralaba dengan modal kecil untung besar semoga bisa memberikan inspirasi bagi kita semua untuk memulai usaha. Karena kita tahu bahwa persaingan masuk dunia kerja saat ini sangat kompetititf, maka alangkah baiknya kalau kita mulai berpikir untuk menciptakan lowongan kerja sendiri bukan mencari lowongan kerja. Saatnya kita berpikir untuk bisa memberikan upah kepada orang lain bukan kita yang mencari upah dari orang lain.

0 Response to "Mengenal Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil Untung Besar"

Posting Komentar