-->

Mengenal Motif Batu Akik dan Khasiatnya Serta Membedakan Batu Akik Asli atau Palsu

Mengenal Motif Batu Akik dan Khasiatnya Serta Membedakan Batu Akik Asli atau Palsu ~ Batu akik adalah batu degan motif artistik yang biasa digunakan sebagai perhiasan. Umumnya diapakai semata mata cincin, tapi juga banyak yang menggunakan sebagai kalung bahkan sebagai asesoris busana.
Sebenarnya batu akik sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia sejak lama. Tapi akhir-akhir ini batu akik menjadi sebuah trend dan menaikkan pamor batu akik sebagai perhiasan bahkan ada yang mempercayainya sebagai barang yang memiliki kekiatan magis. Trend batu akik ini didukng dengan pemberitaan berbagai media termasuk media televisi nasional yang terus menginformasikan berbagai komunitas yang kini sedang gandrung dengan batu akik. Selain itu ada informasi batu akik dengan harga mahal bahkan sangat mahal juga memicu masyarakat untuk terus berburu batu akik untuk dijadikan barang bisnis (dagangan). Malah konon katanya di bengkulu ada batu Akik yang dihargai sangat fantastis, yaitu 2 M.
Mahal dan tidaknya batu akik biasanya dipengaruhi oleh motif, bahan batu, histori batu sampai khasiat yang terkandung didalamnya. Berikut ini saya share informasi mengenai motif batu akik dan khasiatnya yang dipercayai oleh sebagian orang. Tapi, bagi saya sendiri meyakini batu akik hanya sebagai barang asesoris atau hiasan yang nilai jualnya hanya dilihat dari sisi artistiknya saja, bukan dari kekuatan magis yang konon ada di dalamnya.

Mengenal Motif Batu Akik dan Khasiat Magis di Dalamnya


Batu Akik Tapak Jalak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS2GwZh0XrmpW4L4fE__zUcLH_YwDj8KcUCYbfCHsmLaa7ANyHhma2Eb5mdXWzkP1q5sSmFF6w90IJU6UpIImCiTkAvYbKqPLzYNR99qKSc1wc-WojFW69635dPAQuKFIcCWT4lbVVevWO/s1600/tapakjalak.jpg

Disetbut motif tapak jalak karena motif yang terbentuk secara alami berbentuk silang menyerupai kaki jalk . Bagi sebagian orang batu motif jalak dipercaya oleh sebagian orang dapat memberi kewibawaan dan keselamatan. Batu ini diyakini beberapa orang dapat menangkal santet, teluh, dan lainnya.

Batu Akik Junjung Drajat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrxGn9Rw9aj-2vqnt-jIBnZmY950wcg6wgHWItK7INbLSB41nMT0a7JGzjwmgSKsW-jf44mSjRydfsQOhMnuowlyy-uaVEdQNYI3FYC_b4gKkD0o8Bj2UEfom33xFT1AF5TqsoDZcybaDL/s1600/Batu+Junjung+Drajat+02.JPG

Kalau dilihat, motif ini tersusun dari beberapa segi tiga yang menyerupai piramida. Motif seperti ini mirip dengan simbol piramida yang sering disinggung sebagai simbol kaum ilusionis. Sebagai orang mempercayainya memiliki khasiat untuk meningkatkan derajat kewibawaan, derajat perekonomian, dan derajat status sosial.

Batu Akik Pancawarna
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ6_NYiBrbV2klpyvM497vLouNqX_17z63LAsag7GWeF-v2LmwVQkpwh7GIe5Q_Z-ZAtvWfJ4lO-vbQIj4GmVYEuCIyH8JIEE2YY7Z1TXUK-FcCkZwG2pZGHoWn3wNm5wbFvZmZxoqhIs/s1600/c.jpg

Akik Pancawarna adalah batu akik dengan corak berwarna-warni. Kepercayaan sebagian orang menyebut bahwa batu ini membuat penggunanya memancarkan kharisma dan melindungi penggunanya dari kejahatan.


Batu Hakikat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_lfSAs6UxDnL-YlgMT8JB-5LGL_Lzyg0aVkS_XNR5x0MecqJTKmASdWl1O03eppIWDKkiDANjLgJ322TGu9iDla8AeInmDMxTzJEjxZ7zNgZUYVTXxZ_i1zmP4WofnwwpR-YyOoBJYm-r/s1600/gambar5.JPG

Batu hakikat adalah batu akik yang berasal dari batu-batu gunung yang berusia ribuan tahun. Batu ini juga dikenal dengan batu badar lumut karena mempunyai sejumlah tumbuhan lumut di dalamnya. Ini teradi karena batu itu berada di tempat yang berair, sehingga lumut-lumut telah masuk/menjalar ke dalamnya.. Katanya juga batu hakikat ini sebenarnya adalah batu hidup yg bersifat sejuk.

Batu Kecubung atau Amethyst
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJAo-X6CN-gimwq5e9gvfZQsm68G_0u3ueUkQCM5mlxJNotaa3wK5hcTg2LrCwhfpylByHBi1i5sbEEioAbSNegMuXkGRdInL2cqMf-YOzNeyDaHFSf-IVX9n97-K65svFPI6losdnnAg/s1600/bucung.jpg

Jangan pernah berpkir bahwa batu kecubung adalah batu yang keluar dari bunga kecubung atau dari pohon kecubung. Batu kecubung atau disebut juga Amethyst adalah batu yang berwarna ungu. Batu Amethyst atau kecubung memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Batu Kecubung yang berkualitas katanya hanya diperoleh di negara-negara seperti Brazil, Uruguay, Siberia, Russia dan India. Batu ini juga populer sebagai bahan perhiasan raja-raja dan pembesar-pembesar negara zaman dulu kala. Disamping warna ungu, batu kecubung juga memiliki beberapa warna yang menarik, speerti warna merah jambu. Namun, kecubung yang paling berharga katanya sih yang bewarna ungu kebiru-biruan.

Batu Badar Besi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbGRHfX9A50BjCQwht94VP_qxHaNWbwpY6ylzB_Zsx8dmqc8pWJmBt5pz27NkuDSFDTsOgEFSCVxH1o-z9AtlaVnLOPy21hahaj6FK-xomwrXK86QB4VV9mNnz60H_DEOaeWLqByNefNk/s1600/Sungai+Dareh+-+Badar+Besi+04.jpg

Seringkali batu badar besi dipanggil juga dengan nama batu pati ayam atau secara ilmiah adalah magnetsteen karena jika didekatkan pada besi magnet, batu bada besi akan bergerak berputar-putar. Kandungan yang ada dalam batu badar besi adalah unsur ferum dengan kandungan oksigen yang tinggi sehingga memiliki warna abu kehitaman dan memiliki kekerasan 5-6 skala Mohs. Banyak yang bilang batu badar besi banyak dijumpai di daerah Brazil, Mexico, Australia dan Amerika, daerah dekat kawasan pergunungan yang sering terjadi banjir lahar ratusan tahun lalu.

Merah Delima
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiOIe1szX71BWuhobJZYX6tBebjVFm0iNzk0o3g5TsRkQAt5gt-R9YzPPzdBJhGB4ZEJbnO4PLZ8Jrq5Db1RHSOFMj7beHZV9TYHe_dV3OM8ux3wKjcp6f5eJwZBJ8lJ4bHJvFLu5Xxtc/s1600/batu+merah+delima+asli.JPG

Batu merah delima juga disebut Ruby atau batu delima merah dikenali karena warna merahnya yang melambangkan  perasaan cinta, kuasa dan kemegahan. Katanya juga sih, batu ini adalah raja segala batu permata atau dikenali sebagai "king of germstone" yang begitu termasyhur di seluruh nusantara bahkan seantero dunia.

Batu Mata Harimau Atau Tiger Eye
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVYXLkNF0epFW2y6V-NI4KThQ70mYXEERY4SiXtboA7FMjk7YKJKeIDB7VYf7njw_B7_0uIliXeAw-0EvlvBdGw_wG8-vYGtC2CnogeA62XwItxz1xysjde-KwbFeV4KEMP_Ya4noLw-s/s1600/batu+mata+harimau+(7).jpg

Batu ini dinamakan Batu Mata Harimau atau TIGER EYE karena warna dan jaluran cahaya yang meliputinya jika dipandang seolah-olah seperti mata sang harimau yang sedang merenung tajam.

Warna yang paling menonjol pada batu ini adalah kuning yang bercampur dengan hitam dan campuran coklat serta orange. Tiger's eye cocok dipakai oleh semua golongan dan berbagai lapisan masyarakat.

Batu Mata kucing Chrysoberyl Cat Eye
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9YYb2yd7z53X0qreVbbrAB_IHkDlfguOqCm4_9fJPD4HFGumkUekcK6P8pMyk0TVns-Aj-6Dqewe6lafYYoY0h5FRCxtsqsnwRg81RdnTnCOakcYjHNxERSMBPU6aEQEGMG7kgjXNWDc/s200/batu+mata+kucing+(3).jpg

Ada mata harimau ada juga mata kucing. Mungkin batu ini adiknya baatu mata harimau kali ya. Hehehe.......

Dinamakan mata kucing atau 'cats eye' karena jika di dalam kegelapan dan ada sedikit cahaya, maka akan muncullah segaris sinar pada batu ini mirip mata hewan kucing. Hal inilah yang menjadi keunikan batu ini sehingga banyak orang yang tergila-gila mencarinya.  Batu cats eye ini ban banyak yang berwarna coklat kehitaman, kuning madu dan warna hijau muda.

Tips Cara Membedakan Batu Cincin Akik Asli atau Palsu
Setelah kita bahas mengenai berbagai motif baty akik, mungkin sekarang anda tertarik untuk mencari dan memiliki salah satu batu akik di atas. Namun sebagai pemula, anda harus waspada dengan berbgai macam penipuan. Diluar sana banyak mafia batu akik yang mengaku memiliki batu akik dengn motif menarik dan harga selangit. Padahal batu yang merke miliki adalah palsu.

Nah agar anda tidak terjebak dengan para penipu yang menjual batu akik palsu, berikut saya share bagaimana caranya membedakan batu akik asli atau palsu.

Catatan Penting :
Mengenal motif batu akik, gambar batu akik dan tips membedakan batu akik asli atau palsu ini bersumber dari :
http://www.anehdidunia.com/2015/01/jenis-batu-akik.html

Jadi tulisan ini bukan berdasarka pengetahuan saya sendiri, terlebih lagi saya bukan seorang ahli batu akik. Jadi, kalau ada hal-hal yang membingungkan tentang batu akik saya mohon silakan langsung aja ke sumber aslinya. Saya share informasi ini hanya sebagai media belajar bagi saya sendiri dan mungkin bagi anda para pembaca blog ini.

Tips yang cukup bermanfaat untuk membedakan batu imitasi yang bisa terbuat dari kaca dengan batu akik asli batuan alam.

Apabila batu di letakkan di tempelkan di pipi, terasa dingin insyaallah batu itu asli.
Apabila cepat menghangat bagai mana? Setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita, untuk batu akik, apabila kita pegang akan lama hangat bahkan selalu terasa dingin dan akan cepat mendingin. “jika di tempelkan di pipi terasa dingin”
  • Apabila di sulut dengan api putung rokok atau dibakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama dibakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, nah jika ASLI ketika diusap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat di batu, apabila palsu meski diolesi air atau minyak untuk menghikangkan, bekasnya tidak akan hilang. “Apabila dibakar atau di sulut api rokok / korek tidak meninggalkan bekas bakar yang aneh”
  • Walaupun dibakar batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas.
  • Lihatlah serat didalamnya dengan menerawang, jika asli serat dalam batu terlihat seperti retak-retak dan motif alami, karena jarang sekali kita menjumpai batu mulia akik dengan mulus tanpa serat. Agan pasti bisa membedakannya buatan alam dan manusia “Serat dalam batu”
Silakan tanyakan kepada ahlinya atau laboratorium untuk menguji kandungan batu. Adapaun beberapa ciri-ciri batu sintetis/plastik, antara lain:
  • Bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya.
  • Terasa lebih ringan untuk batu seukurannya.
  • Akan ada perubahan jika anda membakarnya.
  • Akan tergores atau lecet jika terjatuh atau di gesekan dengan benda keras lainnya.