Penyebab Internet Lambat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Internet Lambat dan Cara Mengatasinya ~ Siapapun anda pati menginginkan koneksi internet yang super cepat. Apalagi bagi para operator sekolah yang selalu mendapatkan pekerjaan online dengan deadline, tentu sangat menjengkelkan kalau mendapati koneksi internet yang super lambat kaya siput.

Internet lambat bisa disebabkan banyak hal. Untuk itu, anda harus mengenali betul apa yang menjadi penyebab koneksi internet lambat, sehingga bisa menentukan solusi yang tepat. Jangan hanya menerka-nerka, karena anda hanya akan buang-buang waktu dan uang saja.

Penyebab internet lambat dan cara mengatasinya

Hal pertama yang harus anda kenali adalah jenis koneksi internet yang anda gunakan. Ada beberapa jenis koneksi internet yang umum digunakan antara lain koneksi internet dengan kabel dan tanpa kabel atau nirkabel. Koneksi internet dengan kabel sendiri ada yang menggunakan jaringan telepon dan ada juga yang menggunakan jaringan TV kabel atau disebut jaringan broadband. Yang umum digunakan menurut penglihatan saya adalah jaringa internet dengan telepon, yaitu dengan adanya speedy. Sebenarnya jaringan internet dengan telepon sendiri ada yang menggunakan analog dial up, kalau dulu kita kenal dengan telkomnetinstan kemudian yang kini sering digunakan adalah dengan teknologi ADSL.

Yang berikutnya adalah jarngan intenet nirkabel atau tanpa kabel. Dengan majunya dunia komunikasi nirkabel, yang dulu kartu selular hanya untuk telepon dan SMS kini bisa juga untuk internetan. Hal ini didukung dengan teknologi telepon seluler yang memungkinkan bisa berfungsi juga mejadi sebuah modem. Bahkan, para vendor juga secara khusus membuat modem nirkabel dengan memanfaatkan opeator seluler tertentu sebagai koneksi internetnya.

Yang secara umum digunakan seakrang adalah koneksi internet ADSL dan koneksi internet nirkabel. Bagi anda pengguna koneksi internet ADSL harusnya sudah memiliki kecepatan yang cukup, tapi kalau masih dirasa lambat silakan anda lihat berapa kecepatan internet anda, kalau memungkinkan untuk upgrade, silakan upgrade kecepatan intenet ADSL anda.

Bagi anda pengguna internet nirkabel, misal smartfren, 3, IM3 atau yang lain. Pastikan anda menggunakan paket dengan kecepatan yang cukup untuk melakukan aktifitas online anda. Selain itu, pastikan juga bawah modem yang anda gunakan mendukung teknologi 3G.

Peneyebab internet lambat beriktunya adalah komputer yang anda gunakan. Pastikan bahwa komputer anda memang memiliki kinerja baik. Kalau anda masih menggunakan komputer pentiuam 4 apalagi pentium 3 dengan RAM di bawah 1 GB, lebih segera beli komputer baru.

Oke, komputer sudah memiliki spesifikasi yang baik untuk internetan, misal processor sudah mengusung teknologi dual core atau bahkan sudah menggunakan processor I7 RAM sudah di atas 2GB bahkan sampai 8GB, tapi kenapa internet masih sangat lambat.

Penyebab internet lambat berikutnya dalah adanya auto update.
Auto update adalah fitur dari sebuah software untuk mendupdate dirinya sendiri ketika terkoneksi dengan internet. Ketika sebuah sofware melakukan auto update, maka dia akan secara otomatis mendownload file dari intenet dan menginstallnya langsung tanpa campur tangan anda. Hal ini akan memakan bandwidt internet yang anda miliki dan juga memakan tenaga komputer yang anda miliki.

Biasaya yang sering melakukan auto update adalah windows, anti virus dan browser intenet itu sendiri seperti mozila firefox. Maka solusinya adalah matikan fitur auto update pada windows, anti virus, mozila dan mungkin software lainnya yang memiliki fitur auto update.

Penyebab internet lambat selanjutnya adalah masalah server
Server adala pusat penyimpanan data pada jaringan internet. Misal, anda sudah memiliki koneksi internet yang cepat, tidak ada masalah pada komputer maupun software lainnya yang sekiranya mengganggu koneksi internet, tapi ketika anda ingin membuka facebook dirasa sangat lambat. Saran saya coba anda buka alat website lainnya, kalau website lainnya bisa dibuka dengan cepat itu artinya ada masalah pada server facebook. Begitu juga bagi anda para operator yang sering berhubungan dengan server DAPODIK. Seperti anda tahu bahwa server DAPODIK sering mengalami masalah bahkan down (tidak bisa diakses) maka ketika masalah ini terjadi solusinya adalah silakan anda tinggalkan pekerjaan dan cari hiburan untuk merefresh otak anda. Hahaha.......

0 Response to "Penyebab Internet Lambat dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar