Bagaimana Agar Berpikir dan Bertindak Positif Setiap Hari?

Bagaimana Agar Berpikir dan Bertindak Positif Setiap Hari? ~ Apakah penting untuk berpikir dan bertindak positif, sehingga perlu untuk dipertanyakan dan tahu bagaimana caranya? Setiap tindakan adalah buah dari sebuah pemikiran, pikiran positif akan membantuk enegeri positif dan akhirnya membuahkan tindakan positif pula, begitu juga sebaliknya. Maka, sangat penting bagi kita untuk bisa berpikir positif dan bertindak positif.

Yang paling penting adalah berpikir positif tentang diri kita sendiri terlebih dahulu. Bagaimana kita akan bisa berpikir positif kepada yang ada diluar diri kita, kalau pada diri sendiri saja belum bisa berpikir positit. Berpikri positi terhadap diri sendiri sangat penting untuk mendukung jalan menuju apa yang kita cita-citakan.

Lalau bagaimana agar keseharian kita selalu dilingkupi energi positif yang siap mendorong tindakan kita ke arah yang positif? Supaya bisa mendapatkan tenaga untuk berpikir dan bertindak positif maka kita butuh melakukan hal-hal berikut :
  1. Awali hari dengan sesuatu yang positif, sebagai orang beragama tentu doa adalah hal terbaik untuk mengawali hari, luangkan waktu untuk membaca kalimat-kalimat motivasi, menikmati pagi bersama istri/suami dan anak-anak tercinta, memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain yang lebih membutuhkan dan banyak lagi.  Dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut maka selanjutnya pikiran dan tindakan kita akan selalu didorong ke arah yang lebih positif. 
  2. Miliki motivasi dari dalam diri. Orang yang memiliki motivasi dari dalam diri sendiri akan berbea dengan orang yang tidak memilikinya. Motivasi dari luar itu penting untuk menumbuhkan motivasi dalam diri sendiri, tapi itu tidak akan ada artinya kalau dalam diri kita sendiri tidak ada motivasi. Orang yang memiliki motivasi dari dalam dirinya tidak akan patas semangat meskipun masalah datang betubi, jiwanya selalu bergairah dan terus bgergeak ke arah yang positif. Lain halnya kalau motivasi itu datang dari luar, misal melkaukan sesuatu karena motivasi ingin mendapat hadiah dari atasa atau bonus dari bos maka ketika reward dan bonus itu tidak didapatkan kita akan menjadi lemah dan kehilangan semangat untuk terus berkarya.
  3. Pandai bersyukur. Kebahagiaan itu bukan terletak pada berapa jumlah harta yang dimiliki dan tingga jabatan yang diraih, tapi kemampuan untuk mensyukuri apa yang sudah dimiliki. Orang yang pandai bersyukur bahagia dengan apa yang ada dihadapannya dan tidak susah dan gelisah dengan apa yang belum bisa diraihnya.
  4. Jadikan diri sebagai sumber kebahagiaan orang lain setiap harinya. Berbuat baik, berbicara baik, berpikir baik dan berikan kebaikan kepada orang di sekeliling kita. Niscaya orang di sekitar kita akan bahagia dengan keberadaan kita di dekatnya. Misalnya dengan cara tersenyum, memuji, mendoakan dan melayani mereka. Entah itu pasangan, anak-anak, klien, rekan kerja dan sebagainya. Dengan memuji, tersenyum, dan membahagiakan orang lain maka kita akan bahagia dan tindakan serta pikiran positif akan tercipta.
  5. Bergaulah dengan orang-orang super, Yang dimaksud super di sini bukan orang yang super hero, serba bisa dan sebagainya. Melainkan mereka adalah orang-orang yang memiliki jwa optimis, semangat hidup, dan mau bekerja keras. Sebisa mungkin hindari pergaulan dengan orang yang banyak mengeluh, dan menganggap hidupnya tidak bernasib baik seta tidak pantas mendapat kebaikan.
  6. Hindari kata-kata yang merendahkan diri sendiri. Kaliamt-kalimat negatif terhadap diri sendiri akan membuat semangat hidup menjadi melemah. Contoh kata-katanya tidak dapat, tidak bisa, tidak mampu, malas, bodoh, tidak berpengalaman dan berbagai kata-kata senada seperti itu. Ingat, orang yang sukses adalah orang yang menghormati diri nya sendiri, menghargai kemampuan diri dan percaya bahwa dirinya adalah orang yang mampu berbuat lebih baik. Namun tentu tidak mengabaikan untuk menghargai dan mempercayai orang lain.

0 Response to "Bagaimana Agar Berpikir dan Bertindak Positif Setiap Hari?"

Posting Komentar