Membaca Peluang Emas Usaha Budidaya Jahe Merah

Membaca Peluang Emas Usaha Budidaya Jahe Merah ~ Kekayaan alam Indonesi memang sangat luar biasa. Apapun bisa tumbuh di bumi Indonesia dan ternyata juga banyak tanaman yang memilki khasiat sebagai obat. Maka banyak sekali tanaman obat yang di budi dayakan di Indonesia. Tanaman obat ini sangat menunjang produksi Jamu Indonesia, baik yang dikelola dengan skala besar (perusahaan jamu) ataupun dikelola secara tradisional oleh para tukang jamu.

Salah satu tanaman obat yang memiliki khasiat sebagai obat adalah Jahe Merah. Dalam dunia farmasi jahe merah dimanfaatkan sebagai antioksidan, antiinflamasi, analgenik, jahe juga bisa dijadikan suplemen untuk penguat jantung dan anti kanker. Selain itu, jahe merah dimanfaatkan untuk pencegah obesitas, anti diare dan mual serta untuk melancarkan aliran darah.

Banyaknya manfaat dari jahe merah dan sudah digunakan dalam industri farmasi, membuat tanaman obat yang satu ini "naik derajat". Yang dulu hanya dikenal sebagai tanaman kampung yang kurang bernilai, kini berubah menjadi tanaman yang memiliki nilai finansial tinggi. Banyak para pedagang yagn menjadi pengepul jahe merah untuk dijual ke pabrik-pabrik farmasi.

Hal ini menumbuhkan peluang usaha baru di bidang pertania. Budidaya jahe merah secara intensif masih belum banyak dilakukan oleh masyarakat. Kini banyak kelompok tani yang menekuni budi daya jahe merah. Mereka saling berkoordinasi dan saling berbagi informasi tentang penanganan budi daya jahe merah sekaligus bagaimana cara menjual hasil budi daya jahe merahnya kepada orang atau pihak yang tepat. Sehingga jahe merah yang hasil budi daya mereka benar-benar bisa memberikan penghasilan dan meningkatkan taraf hidup para petani.

Selain para pengepul atau tengkulak, para petani juga bisa langsung menjual jahe merah kepada para pengusa minuman kesehatan yang menggunakan Jahe Merah sebagai salah satu bahan bakunya. Banyak juga produk turunan dari jahe merah yang bisa menjadi komoditas yang bernilai ekonomis.

Dengan melihat pangsa pasar di atas, maka kepada anda yang akan memulai budi daya Jahe merah jangan khawatir jika hasil panen tidak bisa terserap pasar.

Budidaya jahe merah juga terbilang sangat mudah. Karena tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah bahkan hanya dengan menggunakan media polybag dan bermedia bokasi. Bagi anda yang memiliki pekarangan luas di sekitar rumah maka akan lebih mudah dalam melakukan budi daya Jahe merah, karena tidak perlu lagi media polybag tapi bisa langsug di tanam dalam media tanah pekarangan.
Nah itulah peluang usaha dari budi daya jahe merah yang bisa anda tekuni. Untuk bagaimana cara budi daya atau penanaman jahe merah, silakan browsing lagi deh. Banyak kok blog-blog yang membahas tentan tata cara menanam atau budi daya jahe merah. Saya sendiri bukan seorang petani ataupun sedang membudi dayakan jahe merah, jadi kalau share tentag cara menanam jahe merah takut ada kesalahan yang akhirnya akan mebuat anda merugi. Hehehe......

0 Response to "Membaca Peluang Emas Usaha Budidaya Jahe Merah"

Posting Komentar