Mengenal Lampu LED, Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Mengenal Lampu LED, Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED ~ Apa yang dimaksud lampu LED? Apa kelebihan dan kekurangan lampu LED? Dua pertanyaan ini menggelitik saya semenjak ada seorang sales lampu LED yang datang dikantor saya bekerja. Sang sales memang sudah memberikan penjelasan singkat tentang kelebihan dari lampu LED, tapi sebagai orang awam saya penasran dengan apa yang dimaksud lampu LED. Biasa, sebagai seorang blogger tentu ketika mendapati sesuatu yang membiungungkan pasti akan langsung meluncur ke google. Dan inilah jawaban yang di dapat dari hasil searching dari google tentang lampu LED.

Pengertian Lampu LED

LED adalah kependekan dari Light Emitting Diode. Lampu LED adalah lampu indikator yang terpasang pada alat elektronik, biasaya sabagai penanga sebagai alat elektronik tersebut sudah on atau nyala. Pada komputer desktop juga ada lampu LED sebagai indikator bahwa CPU sudah nyala dan HDD juga dalam keadaan konek dan nyala.

Namun sekarang, lampu LED tidak hanya digunakan pada alat-alat elektronik, melainkan sudah bergeser fungsinya sebagai alat pencahayaan. Meskipun lampu LED yang digunakan sebagai alat pencahayaan masih tergolog baru, tapi ternyata sudah sangat populer. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh lampu LED, kini lampu jenis ini sudah mulai mendapat perhatian masyarakan.

Keunggulan yang dimiliki oleh lampu LED secara umum adalah hemat biaya listrik dan lebih ramah lingkungan serta lebih awet. LED merupakan perangkat padat dan keras sehingga memiliki daya tahan yang cukup lama. Selain itu LED hanya menggunakan konsumsi daya yang relatif rendah dan usia yang lebih dari 50 ribu jam. Sebagai ilustrusai berikut adalah perbandingan dari 3 teknologi lampu yang ada yaitu LED, CFL dan Pijar.
perbandingan-lampu-led

Kelebihan atau Keunggulan Lampu LED :

  • Lamu LED lebih awet, bisa mencapai keawetan hingga 50 ribu jam.
  • Hemat listrik atau hemat energy hingga 80-90 persen.
  • Cahaya yang dihasilkan lampu LED tidak panas. LED tidak memproduksi sinar UV dan energy panas.
  • Cahaya yang dihasilkan lampu LED juga tidak mendistorsi warna sekitar, sehingga lebih aman digunakan untuk penerangan jalan.
  • Ukuran yang lebih kecil sehingga dapat diaplikasikan dengan lebih praktis.
  • Tidak mengandung merkuri sehingga lebih ramah lingkungan.
  • Dengan lensa optik yang sesuai, cahaya lampu LED dapat diarahkan sesuai keinginan

Kekuarangan atau Kelemahan Lampu LE

Produk apapun pasti memilik dua sisi yang berlawanan. Demikian juga dengan lampu LED, dibalik banyak keunggulan juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah :
  • Harga lampu LED masih tergolong mahal
  • Suhu lingkungan dapat mempengaruhi umur lampu LED
  • Intensitas cahaya yang termasuk kecil.
Kesimpulan Mengenal Lampu LED, Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED
Meskipun memiliki kekurangan tapi tetap saja lampu dengan teknologi LED ini memiliki keunggulan yang tidak boleh untuk kita abaikan. Maka saya rekomenadasikan kepada anda untuk mulai berpikir beralih dari lampu biasa ke lamu LED. Saya juga sudah mulai mencoba lampu LED di rumah saya. Ketika saya tes, memang lebih hemat jika dibanding dengan lampu CFL apalagi lampu pijar.

0 Response to "Mengenal Lampu LED, Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED"

Posting Komentar