11 Mesin Pencari Populer atau Terkenal Selain Google

11 Mesin Pencari Populer atau Terkenal Selain Google ~ Berbicara tentang internet identik dengna google. Inilah mesin pencari yang menjad raja di raja dalam masalah pencarian di dunia maya. Mesin pencari google dirancang oleh Larry Page dan Sergey Brin dan resmi beroperasi pada tahun 1998. Mesin pencari google ini mendapat sambutan yang sangat baik dari pengguna internet dan sekarang telah menjadi mesin pencari nomor 1 di dunia.  Karena begitu terkenalny google, bahkan ketika berbicara internet maka seakan-akan internet adalah google, maka banyak orang yang tidak atahu ada mesin pencari selain google. Bahkan Indonesia juga memiliki mesin mencari yang juga ingin turut eksis sebagai mesin pencari di dunia maya. Nah, inilah yang akan kita cari tahu, mesin pencari apa sajakah selain google yang bisa kita gunakan sebagai alat pencarian di dunia maya.


Daftar Mesin Pencari Populer atau Terkenal Selain Google

1. Bing


Boomingnya google sepertinya sudah menginspirasi microsoft sebagai perusahaan software terbesar dunia untuk ikut juga membuat mesin pencari guna menjadi pesaing google. Kemudian microsoft pada 2009 meluncurkan Bing. Mesin pencari bing sendiri merupakan reinkarnasi dari mesin pencari MSN search yaitu kependekan dari Microsoft Network.

Niat awal dari diluncurkannya bing adalah untuk meruntuhkan dominasi gogle dalam masalah pencarian. Namun niatnya tidak berjalan mulus, untuk lebih mendukung niatnya tersebut microsoft menggaet Yahoo untuk bergabung. Bergabungnya yahoo ke dalam bing tentu sangat mengejutkan krena yahoo pada saat itu merupakan mesin pencari terbesar ke dua seteleh google.

2. Yahoo!


Yaho didirikan tahun 1994 oleh David Filo dan Jerry Yang, yang pada awalnya hanya merupakan direktori situs web, yang kemudian di tahun 2002 menjadi mesin pencari tersendiri yang dapat melacak website lain secara otomatis. Seiring perkembangannya, Yahoo terus berkembang menjadi banyak hal: dimulai dari search engine (mesin pencari), tempat kumpulan berita (agregator berita), pusat belanja, pusat layanan email, direktori travel, horoskop, game dan banyak sekali lainnya. Itulah alasan mengapa Yahoo! dapat menjadi salah satu pilihan utama bagi para pengguna awam Internet. Di akhir tahun 2009, Yahoo! membasiskan mesin pencarian mereka ke Bing.

3. Ask
Mesin pencari diciptakan pada tahun 1996 Ask Jeeves dengan ide memperbolehkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari segala pertanyaan yang mencakup bantuan untuk mmatematika, direktori, serta pertanyaan konversi. Jeeve sendiri adalah sebuah sebutan yang dapat diartikan sebagai pelayan pribadi gentleman atau valet.
Hadirnya Google yang mendominasi pencarian internet akhirnya  Ask secara resmi mengembalikan status mereka sebagai situs tanya jawab dan pencarian mereka menggunakan bantuan pihak ke-3. Ask.com juga terkadang dikenal sebagai malware yang akan ter-install besama program lainnya.

4. AOL


Jika Anda telah berada di dunia Internet sejak lama nama AOL pastilah sudah tidak asing, AOL yang sebelumnya dikenal sebagai America Online adalah pemain lama dalam dunia Internet. Sebelum kemunculan Google, ia pernah menjadi situs web paling popular di Internet mengalahkan Yahoo! karena layanan email yang disediakannya. Sekarang ini, pencarian Yahoo menggunakan direktori yang berasal dari mesin pencari Google dengan salah satu kelebihan adalah terkadang pencarian mereka akan menyediakan halaman yang hanya tersedia dalam layanan AOL.

5. Lycos


Lycos dapat dibilang adalah pemain lama di dunia mesin pencari Internet, yakni sejak tahunn 1994. Walaupun pada awalnya mereka menggunakan crawler (penelusuran web otomatis) sendiri, di awal tahun 1999 crawler mereka diberhentikan dan menggunakan hasil dari mesin pencari serupa lainnya.
Dengan kemunculan Google dan banyak mesin pencari lainnya, Lycos sekarang mengubah fokus mereka dari yang tadinya hanya sekedar mesin pencari menjadi jaringan komunitas dan situs sosial yang juga tidak melupakan produk awal mereka, yaitu mesin pencari Internet. Hal itu menyebabkan mereka mengakuisis berbagai produk mesin pencari seperti hotbot.com.

6. Yandex

Walaupun Yandex.com baru saja dirilis secara beta di tahun 2010 namun sebenarnya Yandex sendiri sebagai perusahaan Internet Rusia telah menjadi raja di negaranya dalam hal mesin pencari. Hal itu dicapai mereka dengan Yandex.ru yang adalah mesin pencari nomor 1 di Rusia.

7. DuckDuckGo


Mesin pencari yang satu ini mungkin bagi sebagian pengguna internet sangat asing dan bahkan tidak tahu sama sekali. Mesin pencari ini dibangun oleh Gabriel Weinberg di tahun 2008, DuckDuckGo yang terkadang disingkat menjadi DDG dapat berada di urutan teratas mesin pencari popular dunia. Kelebihan utama yang mereka tekankan adalah mereka sangat menghargai privasi pengguna mereka. Terlepas dari hal ini, berbagai hasil pencarian mereka didapatkan dari berbagai sumber ditambah dengan crawler web mereka sendiri yang dinamakan DuckDuckBot.

8. Blekko
Blekko dirilis untuk publik di tahun 2010, dengan cepat langsung menjadi mesin pencari unik yang menggunakan engine "slashtag." Engine slashatag sendiri adalah sebuah engine atau mesin pencarian yang memperbolehkan penggunanya untuk melakukan pencarian dalam grup yang diinginkan. Lebih dalam lagi pencarian dapat dilakukan dalam subset website yang telah ditentukan.

9. Dogpile


Dogpile sebenarnya lahir lebih awal dibanding dengan google, pada tahun 1996 mesin pencari ini hadirdan menjadi mesin pencari popular di Internet sebelum akhirnya terlindas dengan kemunculan Google. Dengan munculnya google dogpile harus merelakan kekalahannya sebagai mesin pencari internet yang populer.

10. WebCrawler


WebCrawler juga merupakan mesin pencari Web pertama yang menyediakan pencarian teks lengkap. Mesin pencari ini lahir pada tanggal 20 April 1994, WebCrawler ini diciptakan oleh Brian Pinkerton di University of Washington.


11. MyWebSearch


MyWebSearch masih menjadi search engine default di beberapa peramban internet. Mesin pencari ini tegolong mesin penelusuran yang sudah tua karena lahir jauh sebelum google lahir ke dunia maya. 


Nah itulah 11 mesin pencari populer atau terkenal selain google, artikel ini selain sebagai untuk menambah pengetahuan kita tentang dunia internet juga bisa dijadikan sebagia rekomendasi bagi anda para blogger untuk mengoptimasi blog anda agar pengunjung atau traffic blog anda meningkat. Caranya yaitu dengan mensubmit URL blog anda ke mesin-mesin pencari tersebut.

0 Response to "11 Mesin Pencari Populer atau Terkenal Selain Google"

Posting Komentar