Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-Ulang atau Bootloop

Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-Ulang atau Bootloop ~ Bootloop adalah masalah pada sistem android dimana tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home android otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika kalian menghidupkan smartphone. Hal ini terus terjadi berulang-ulang tanpa bisa masuk ke menu home dari smartphone.

Pernahkah anda mengalami kondisi seperti tersebut di atas pada smartphone anda. Entah itu smartphone android, windows phone, IoS atau yang lainnya. Kondisi semacam itu yaitu restart berulang-ulang disebut bootloop. 

Menangani masalah bootloop harua anda lakukan dengan benar dan penuh kecermatan. Karena kalau tikda dilakukan dengan hati-hati atau cermat bisa-bisa membuat smartphone menjadi tambah parah. Sebelum melangkah cara mengatasi bootloop pada smartphone anda ada baiknya kenali dulu jenis bootloop yang terjadi.

Macam-macam Bootloop pada android dan cara mengatasinya

1. Android Light Bootloop
Light bootloop ini biasanya terjadi karena proses intalasi aplikasi yang berjalan tidak normal. Misal,s saat menginstal aplikasi tiba-tiba smartphone tiba-tiba kehabisan daya dan ketika dihidupkan kembali android mengalami bootloop dan hanya berhenti di logo. Kalau sebelumnya anda yakin tidak mengotak-atik system maka jenis bootloop ini mudah untuk ditanganai. Cukup cabut baterai, padang kembali dan hidupkan kembali smartphone anda.

2. Android Medium Bootloop
Jenis bootloop ini terjadi karena anda mengotak-atik sistem android sehingga terjai kerusakan pada sistemnya. Ketika smartphone mengalami maslaah ini masih bisa dinyalakan dengan bisa masuk kedalam recovery mode. Untuk mengatasi bootloop jenis ini dibutuhkan bantuan komputer atau laptop dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. Namun tentu saja hal ini bisa dilakukan apabila sebelumnya anda sudah membuat backup sistem, kalau beum maka harus dengan bantuan recovery dari android lain yang sama.

3. Android Hard Bootloop
Jenis Hard bootloop atau lebih tepatnya hardbrick (baca android bricked) jenis bootloop  yan galing parah karena sudah dilakukan modifikasi pada file os android sehingga tidak bisa booting dan hanya muncul logo android saja. Pelakuan pengguna terhadap smartphone seperti melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain merupakan sebab utama terjadinya hard bootloop.

Untuk mengatasi masalah bootloop jenis ini dibutuhkan kecermatan tingkat tinggi dan juga  software yang tepat. Instal ulang atau flashing adalah hal yang harus dilakukan. Karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda, cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android, maka anda harus memilih flashing yang tepat juga.

Nah itulah, jenis-jenis bootloop smartphone android yang mungkin salah satunya pernah terjadi pada anda. Cara mengatasi masalah bootloop yang tepat akan menyelematkan smartphone anda tapi kalau salah penanganan maka ada kemungkikan smartphone anda justru akan semakin rusak parah. Untuk itu, maka saya sarankan agar anda bawa saja ke tukang servis atau 
Anda ingin menjadi seorang ahli Teknisi Ponsel / ahli memperbaiki HP segala merek. Silakan gabung  

0 Response to "Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-Ulang atau Bootloop"

Posting Komentar