Tips Membeli Mobil Bekas, Yang Harus Dicek Saat Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas, Yang Harus Dicek Saat Membeli Mobil Bekas ~  Membeli mobil bekas adalah solusi terbaik bagi anda yang ingin memiliki mobil namun belum memiliki budget cukup untuk membeli mobil baru. Namun, pada saat akan membeli mobil bekas banyak hal yang harus diperhatikan agar tidak kecewa nantinya. Masalahnya banyak sekali calo mobil yang menawarkan mobil bekas dengan berbagai merk dan berbagai trik agar mobilnya laku. Bahkan terkadang tidak sungkan-sungkan untuk melakukan manipulasi terhadap mobil yang ditawarkan. Misal, mobil jelek di katakan bagus dengan menutupi segala macam cacat yang ada pada mobil bekas yang ditawarkan.

Nah tips membeli mobil bekas yang paling baik adalah teliti terlebih dahulu sebelum membeli. Alangkah baiknya jika anda melakukan pengumpulan infromasi mengenail mobil bekas yang akan anda beli. Baik itu kelebihan maupun kekurangannya. Untuk mendaptakan informasi seputar mobil bekas dengan berbagai merek, saat ini tidaklah sulit. Dengan menggunakan teknologi internet anda bisa mendapatkan informasi penting tentang mobil bekas yang akan anda beli.  

Setelah mendapatkan informasi lengkap tentang mobil bekas yang akan anda beli, silakan anda datangi langsung atau lihat langsing yang akan anda beli. Cek secara mendetail dan bandingkan dengan informasi yang sudah anda kantongi. Apakah mobil bekas tersebut sesuai atau tidak dengan informasi terbaik yang anda miliki.  

Sangat penting bagi anda ketika akan membeli mobil bekas adalah mencobanya. Anda bisa menhidupkan mesin dan mencoba menjalankannya. Rasakan apakah ada masalah atau tidak. Jangan sungkan untuk menanyakan berbagai hal kepada penjual. Misal menanyakan asal usul mobil, sudah berapa tahun dimiliki oleh penjual, digunakan untuk apa saja atau sudah kemana saja paling jauh dan pernah atau tidak menemui msalah saat perjalanan. Hal yang sagat penting untuk anda tanyakan adalah kelengkapan surat-surat dari mobil yang akan anda beli. Silakan anda tanyakan apakah mobil tersebut dilengkapi dengan STNK, BPKB, faktur pembelian (asli), dan dokumen-dokumen lainnya atau tidak. Kemudian konfirmasikan ke Kepolisian sesuai dengan plat nomornya. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil bekas tersebut hasil curian atau bukan.
Selain tips yang sudah disebutkan di atas perlu juga untuk mengetahui sistem pembayaran. Kalau anda membeli mobil bekas di dealer-dealer mobil bekas biasanya juga bisa dilakukan secara kredit, tapi kalau membeli kepada pemiliknya langsung (perorangan) biasanya harus dibayar kontan. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda.

Lalu secara fisik apa saja yang harus dicek ketika akan membeli mobil bekas?

Yang Harus Dicek Saat Membeli Mobil Bekas

1. Cek Kondisi Mesin 
Anda bisa memerika kap mobil untuk meihat keadaan mesin mobil, apakah bersih atau kotor. Perhatikan juga setiap spar part apakah sudah ada yang digatnti atau tidak. Silakan hidupkan dan dengarkan suara yang dikelaurkan dari mesin. Pastikan tidak ada suara yang aneh keluar dari mesin mobil.

2. Periksa Bodi Mobil 
Psstikan anda membeli mobil bekas dengan kondisi fisik yang masih mulus. Maka perhatikan secra detail setiap lekukan dari bodi mobil yang akan anda beli. 

3. Periksa Bagian Kelistrikan 
Sistem kelistrikan adalah bagian yang tidak boleh sampai luput dari pengecekan. Untuk memastikan bahwa bagian ini masih bekerja dengan normal bisa anda lakukan dengan cara menyalakan berbagai komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan. Selain itu, jika mobil bekas yang anda incar tersebut memiliki fitur-fitur canggih seperti halnya mobil-mobil keluaran terbaru, seperti fitur SRS Airbag, Immobilizer, Security Alarm dll, pastikan jika fitur-fitur tersebut juga masih bekerja dengan baik.

5. Kelengkapan Surat-surat
Nah sepeti sudah saya sebutkan di atas, sangat peting untuk memasikan bahwa mobil bekas yang anda beli merupakan mobil legal dengan surat-surat masih lengkap. Untuk itu cek apakah mobil yang akan anda beli masih dilengkapi dengan surat-surat resmi atau tidak.

Nah itulah tips membeli mobil bekas yang bisa anda jadikan panduan dalam mendapatkan mobil idaman anda. Setelah anda mendapatkan mobil yang cocok silakan langsung beli dan selamat berjalan-jalan dengan mobil idaman anda bersama keluarga tercinta. Hehehe......

0 Response to "Tips Membeli Mobil Bekas, Yang Harus Dicek Saat Membeli Mobil Bekas"

Posting Komentar