Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja ~ Kuliah sambil kerja adalah pilihan yang banyak diambil oleh para mahasiswa yang ingin belajar mandiri atau memang berangkat dari ekonomi yang belum mencukupi. Bagi mereka yang keluar dari sebuah keluarga dengan tingkat ekonomi mapan namun ternyata kuliah sambil bekerja, mungkin didasari niat ingin belajar mandiri sekaligus mengeksplor atau menggali potensi dalam dirinya. Tapi bagi mahasiswa yang keluar dari keluarga dengan tingkat ekonomi pas-pasan, ini memang laku prihatin yang harus dijalankan. Mereka ingin kuliah berjalan lancar dan lulus tanpa harus terhambat kelemahan ekonomi.

Sebenarnya sah-sah saja kuliah sambil bekerja, bahkan banyak universitas dan perguruan tinggi yang memiliki jam kuliah memungkinkan untuk dijalankan sambil bekerja. Di luar negeri pun sama, misalnya di Australia, UK, New Zeland, disamping kuliah juga bisa kerja sampai 20jam/minggu.

Pilihan itu selalu ada. Bagi anda yang memang mau kuliah sambil bekerja silakan dan itu baik menurut saya . Cuma memang harus pandai-pandai dalam memenej waktu. Jangan sampai anda lebih fokus pada kerja dan kuliah menjadi nomor dua. Kalau ini terjadi, namanya bukan kuliah sambil bekerja tapi bekerja sambil kuliah.

Oke, saya yakin sebagian besar dari anda yang saat ini sedang atau akan berencana masuk kuliah memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Maka anda harus memiliki tips-tips agar keduanya berjalan lancar. Makanya artikel ini saya beri judul Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja. Artinya kedua-duanya (kuliah dan kerja) harus berjalan dengan lancar dan berhasil kedua-duanya.

7 Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

  1. Manfaatkan akhir pekan atau waktu di luar jam kerja untuk mempelajari materi kuliah. 
  2. Gunakan waktu luang sepulang/sebelum kerja untuk belajar. 
  3. Saat tugas kantor sedang banyak dan urusan kuliah tak bisa ditinggal, coba negosiasi dengan atasan/bos. 
  4. Bijak membagi waktu. Di saat ada tugas berat baik tugas kuliah maupun kerjaan, kamu bisa cicil duluan. 
  5. Jalin hubungan yang baik dengan teman kuliah untuk teman belajar. 
  6. Jalin hubungan baik dengan atasan dan teman kerja agar setiap jadwal kuliah bertabarakan dengan jadwal kerja bisa dikomunikasikan dengan baik
  7. Ketika kuliah dan kerja sama-sama sedang lowong, manfaatkan untuk refreshing. Ini adalah masa untuk istirahat sejenak sambil menyegarkan tubuh.
Nah itulah Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja yang bisa anda jalankan, semoga kuliah anda lancar dan kerja anda juga lancar untuk menunjang perkuliahan anda. Setiap hidup itu ada pilihan dan setiap pilihan pasti mengandung resiko. Pelajari setiap tantangan dan resiko serta peluang yang ada lalu tentukan pilihan dan ambil sikap.

0 Response to "Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja"

Posting Komentar