Cara Cepat Mendapatkan Modal Usaha Kecil

cara cepat mendapatkan modal
cara cepat mendapatkan modal


Cara Cepat Mendapatkan Modal Usaha Kecil ~ Modal adalah salah satu yang menjadi kendala ketika akan memulai sebuah bisnis atau usaha. Banyak orang yang memiliki ide berlian untuk usaha tapi akhirnya tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak memiliki modal. Meskipun banyak motivator yang mengatakan bahwa modal tidak selamanya berbentuk uang tapi, pada kenyataanya tetap saja uang merupakan hal penting ketika akan memulai sebuah usaha.

Melalui artikel ini saya hanya ingin mencoba berbagai ide cara mendapatkan modal usaha kecil secara cepat. Dengan ide-ide ini mudah-mudahan bisa mempermudah pembaca dalam mendapatkan modal untuk usaha.

5 Cara Cepat Mendapatkan Modal Untuk Usaha

1. Meminta Bantuan Keluarga

Sebelum meminta bantuan jauh-jauh ke luar, sebaiknya kita gali dulu potensi yang ada di dalam, yaitu potensi yang ada dalam keluarga sendiri. Mungkin keluarga terdekat seperti orang tua, saudara kandung atau family bisa membantu dalam menyediakan modal untuk usaha. Yang penting adalah yakinkan pada mereka bahwa usaha anda akan maju dan menguntungkan serta bisa mengembalkan modal dengan cepat.

2. Meminjam Modal ke Pegadaian

Menyelesaikan masalah tanpa masalah. Anda tentu tidak asing lagi dengan slogan tersebut. Ya, slogan ini merupakan miliki badan keuangan pegadaian. Mereka menjanjikan menyelesaikan masalah keuganan anda tanpa ada masalah. Berdasarkan pengalaman saya, memang untuk mendapatkan modal di pegadain lebih cepat, aman dan tidan terlalu menjadi beban dibangingkan jika meminjam modal dari "koperasi keliling".

Untuk mendapatkan modal di pegadaian memang harus memiliki barang untuk digadaikan. Bisa emas, kendaraan, barang elektronik atau bisa juga surat-surat berharga seperti surat tanah dan lainnya. Jika anda tidak memiliki sesuatu untuk dijadikan sebagai jaminan, silakan anda kembali hubungi keluarga anda untuk meminta bantuan.

3. Meminjam Modal ke Bank

Untuk mendapatkan modal usaha dengan cepat bisa juga meminjamnya dari bank. Namun sebelum meminjam modal dari bank, pelajari secara teliti peraturnnya. Jangan sampai anda kecewa di tengah perjalanan karena biaya angsuran yang membebani. Carilah bank yang memberikan pinjaman dengan bunga paling rendah. Kalau jaman pemerintahan SBY kita kenal program pinjaman untuk para pengusaha kecil yang disebut KUR (kredit usaha rakyat), kalau itu masih ada di bank silakan gunakan program ini untuk mendapatkan modal usaha secara cepat denga tanpa agunan.


4. Mencari Investor

Investao atau penanam modal adalah mereka yang memberikan modal untuk usaha dengan kompensasi bagi hasil. Namun tentu saja untuk mendapatkan modal dari seorang investor anda harus memiliki usaha yang sudah kelihatan menghasilkan. Karena biasanya mereka akan sangat teliti dalam menghitung untung dan ruginya menanamkan modal, kecuali jika mereka adalah keluarga atau teman dekat anda sendiri. Mereka akan menanamkan modalnya meskipun belum ada usahanya asalkan anda memang sudah terpercaya bisa menjalankan sebuah usaha  yang menjanjikan provit.


5. Melalui PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)

Nah bagi para mahasiswa yang ingin kuliah sambil usaha, anda bisa memanfaatkan program kreatititas siswa, yaitu sebuah program khusus mahasiswa untuk mengasah keterampilannnya dalam berwirausaha. Menurut informasi ini harus kerjasama dengan dosen pembimbing. Tapi untuk lebih detailnya menganai program kreatifitas mahasiswa silakan anda baca di situs www.dikti.go.id

Nah itulah cara cepat menapatkan modal usaha kecil yang bisa anda upayakan untuk membiayai usaha kecil. Kalau sudah mendapatkan modal silakan kerjakan usaha anda dengan kesungguhan hati dan tanggung jawab penuh terhadap modal yang anda dapatkan. Jangan hanya untuk gaya-gayaan ingin disebut pengusaha saja, tapi memang diniati untuk mendapatkan provit sehingga bisa mengambalikan modal dan mendapatkan untung.