Kisah Inspirasi : Sejarah Singkat Berdirinya Waralaba Mini Market Alfamart

Kisah Inspirasi : Sejarah Singkat Berdirinya Waralaba Mini Market Alfamart | Alfamart adalah sebuah minimarket dengan sistem waralaba yang saat ini sudah tersebar diseantero Indonesia. Alfamart adalah sebuah kata yang tidak asing di telinga, siapapun kita bahkan anak kecil juga tahu apa itu alfamart. Yaitu sebuah toko dengan desain bangunan dan tata ruang yang memiliki ciri sangat khas. Namun tahukan anda bahwa alfamart yang ini tersebar di seluruh Indonesia adalah berawal dari toko klontong kecil yang dikelola oleh satu orang saja. Kini, sangat pendiri alfamart ini masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia. Wow.......

Pendiri alfamar adalah A Kwie Atau yang sering disebut  Djoko Susanto yang lahir di djakarta 9 februari 1950. Beliau adalah orang keturunan China yang memiliki prinsip hidup dan berjiwa pekerja keras. Bagi seorang A Kwie Mimpi tidak hanya bertengger menjadi mimpi ketika disiasati oleh kerja nyata dan usaha menembus peluang yang tidak kenal menyerah. Bagi Djoko Susanto, mimpi adalah hoki yang mampu mengendus peluang. Dan bahan bakarnya adalah kerja keras, jujur, dan punya komitmen dalam menjalankan sebuah usaha.
A Kwie sebagai pendiri Alfamart sudah terbiasa dengan dunia bisnis sejak kecil. Dia terlahir dari keluarga pedagang kelontong yang putus sekolah. Kerja keras menjadi budaya dalam keluarganya. Pagi diawali dengan kerja, siang kerja keras dan malam ditutup dengan kerja.Bagi sebagian orang, mungkin keadaan ini bisa memicu prustasi tinggi, tapi bagi Djoko menjadi pelecut untuk bergerak memanfaatkan apa yang ia punya, yakni sejumput ilmu perdagang.
Kerja kerasnya dalam menjalan proses hidup mengantarkan Djoko Susanto pada puncak kesuksesan. Diawali dengan menjalankan toko kelontong milik keluarga di bilangan Petojo, Jakarta Pusat, sekitar tahun 1967. Kemudian ia meningkatkan keberadaannya dengan memiliki toko kelontong sendiri. Dan Akhirnya Djoko menjalankan bisnis grosir penjualan rokok melalui toko kelontongnya itu. Usaha kelontong bernama Toko Sumber Bahagia ini menjadi cikal bakal kelompok bisnis ritelnya yang bernama Alfamart dibawah bendera PT Sumber ALfaria Trijaya Tbk ( SAT ).
Kesuksesannnya dalam menjalankan bisnis bukan karena faktor keberuntangan semata. Tapi adalah orang yang memiliki memiliki visi, misi, konsistensi, dan pandai melihat peluang dalam berbisnis. Kerja keras yang ditopang dengan prisnsip hidup tersebutlah yang kini mengantarkan beliau dalam deretan orang terkaya di Indonesia.
Nah itulah kisah inspirasi sejarah singkat berdirinya waralaba mini market alfamart yang telah memberikan pelajaran berharga untuk saya dan anda para pembaca. Setiap orang berhal memiliki mimpi dan mewujudkannya. Namun tidak semua orang bisa mewujudkan mimpinya kecuali dengan kerja keras, konsistensi, berkesinambungan dan membangun jaringan atau network. Kalau dengan sendiri saja bisa sukses, apalagi dengan membangun sebuah jaringan.

Semoga kisah inspirasi ini, meskipun singkat memberikan manfaat untuk kita semua. Bagi yang belum bisa mewujudkan mimpinya seperti saya, semoga tetap semangat menggapai puncak kesuksesan.