Masalah Umum Dapodik 4.0 dan Solusinya

Masalah Umum Dapodik 4.0 dan Solusinya ~ Dapodik adalah aplikasi managemen sekolah yang mengelola ketenagaan (PTK), kesiswaan (peserta didik), sarpras, pembelajaran dan lainnya. Bagi operator sekolah atau yang dkenal dengan sebutan OPS istilah Dapodik bukan lagi hal yang aneh. Setiap tahun ajaran baru akan disuguhkan dengan aplikasi versi baru yang menandakan setiap OPS siap bekerja lagi menyajikan data yang sevalid mungkin.

Kini dapodik versi 4.0 telah hadir untuk tahun pelajaran 2015/2016. Semuda opeartor harus mengganti dapodik versi sebelumnya dengan versi terbaru ini agar bisa mengerjakan dapodik secara benar. Keberadaan dapodik sangat penting dan membuat para OPS menjadi "orang penting". Namun demikian tanggung jawab seorang OPS sangat besar, karena harus menyajikan data sevalid mungkin dan berkaitan erat denga nasib sekolah sekaligus nasib para guru terutama para penerima tunjangan sertifikasi. Namu, meskipun sudah sering mengerjakan dapodik ternyata masih ada saja OPS yang kebingungan dengan berbagai macam masalah yang dihadapi. Begitu juga dengan dapodik 4.0 ternyata memberikan masalah-masalah tertentu bagi para OPS.

Melalui artikel ini saya akan membahas masalah umum dapodik 4.0 dan solusinya. Oke, siapa tahu masalah yang sedang anda hadapi ada di sini dan ada solusinya, makanya silakan baca artikel ini sampai tuntas.
masalah dapodik dan solusinya
masalah dapodik dan solusinya

Berikut adalah masalah dapodik 4.0 dan solusinya


Mengapa sulit download dapodik 4.0 di situs dapodik resmi?

Beberapa OPS merasa kesulitan download aplikasi dapodik 4.0 di situs resmi dapodik (http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/). Hal ini terjadi karena telalu banyak orang yang mendowload sehingga server tempat menyimpan aplikasi sering down.

Solusi :
Untung saja ada bebeapa OPS yang secara sukarela mengupload kembali aplikasi yang sudah berhasil meraka download di tempat penyimpanan lain seperti di ziddu dan google drive. Untuk itu bagi anda yang tidak bisa mendownload alikasi dari situs dapodik silakan download melalui link alternatif berikut :
Download dapodik 4.0 via googledrive
Download dpodik 4.0 via ziddu

Tidak bisa menginstal dan muncul tulisan file corupt

Ini terjadi karena aplikasi dapodik 4.0 yang anda download tidak komplit. Sebagai catatan bagi anda bahwa aplikasi dapodik 4.0 yang benar adalah berukuran 42.1MB, jadi jika anda download kurang dari ukuran tersebut sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi yang anda download tidak lengkap. Artinya kalau anda instal akan tidak bisa dan muncul tulisan file corupt.

Solusi :
Silakan anda download kembali aplikasi dapodik 4.0 melalui link alternatif di atas.

Struktur database tidak ditemukan saat registrasi

Mungkin anda sudah berhasil menginstal dapodik 4.0 tapi saat melakukan registrasi tidak berhasil dan keluar tulisan "struktur database tidak ditemukan". Hal ini terjadi karena anda belum menaruh file prefill dapodik pada folder prefill_dapodik yang ada pada drive "C". Atau juga terjadi karena prefill daodik yang anda gunakan belum prefill yang terbaru.

Solusi :
Silakan anda download prefill dapodik anda pada link berikut :
http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php
seteleh selesai download anda taruh di C:\prefill_dapodik

Status Sekolah tidak menerima BOS

Pada saat pertama anda login pada dapodik 4.0 maka status sekolah anda adalah tidak menerima dana BOS. Gak usah panik dan jungkir balik takut dimarahi kepala sekolah. Ini adalah yang umum dialami oleh semua OPS.

Solusi :
Silakan anda isi data rinc sekolah anda, sekalian juga isi tab sanitasi. Silakan anda simpan dan refress dapodik anda.

Tidak bisa merubah nama, jenis kelamin dan tanggal lahir siswa

Dapodik 4.0 akan langsung mengunci nama, jenis kelamin dan tangga lahir siswa meskipun itu siswa yang baru anda input. Bagaimana jika terjadi kesalahan input.

Solusi :
Jika siswa yang salah adalah siswa yang baru anda input, saran saya hapus aja siswa tersebut dan input ulang data yang benar. Tapi jika yang salah adalah siswa lama, artinya sudah ada di database pusat dapodik, maka anda harus memperbaikinya melalui link berikut :
Kemdikbud Login Verval PD
Silakan siapkan data  dukung berupa surat keterangan lahir atau akte lahir siswa yang akan diedit.

Nah masalah umum yang terjadi pada dapodik 4.0 dan solusinya, semoga bisa membantu anda yang mengalami masalah-masalah di  atas. Kalau masalah anda tidak terdaftar dalam catatan saya di atas, silakan anda komen, mungkin saya bisa memberikan solusinya.

0 Response to "Masalah Umum Dapodik 4.0 dan Solusinya"

Posting Komentar