Panduan Cara Menanam Tomat Dengan Menggunakan Pot atau Polybag

Panduan Cara Menanam Tomat Dengan Menggunakan Pot atau Polybag ~ Mari kita bercocok tanam. Untuk becocok tanah tidak harus memiliki pekarangan atau kebun yang luas. Bisa juga memanfaatkan serambi rumah. Lha kan serambi rumahnya sudah dikeramik, masa keramiknya harus dibongkar.
Eit, jangan membongkar keramik serambi. Untuk bercocok tanam dilingkungan rumah bisa menggunakan media pot atau polybag. Hal serupa juga pernah saya share pada cara menanam cabe menggunakan pot atau polybag
Bercocok tanam dilingkungan rumah sendiri banyak memiliki manfaat. Untuk kegiatan refreshing setelah kegiatan yang menjenuhkan bahkan bisa dijadikan seabgai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga. Sebagaiman pernah saya singgung sedikti dalam peluang usaha sampingan di rumah dengan modal kecil. Intinya banyak sekali manfaat dari berkebun. Belum lagi manfaat dari tanaman yang anda budidaya. 
Nah sekarang, saya akan share cara menanam tomat dengan menggunakan pot atau polybag. Tomat juga memilik banyak manfaat, baik untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan. 
Manfaat Yang Terkandung Tomat 
menanam tomat dalam pot dan polybag
Manfaat Tomat Untuk Kecantikan
  1. Memudarkan pori-pori kulit yang besar
  2. Dapat mengobati jerawat yang membandel
  3. mengurangi kulit muka yang berminyak
  4. Menghilangkan komedo dalam wajah
  5. Mencerahkan dan memutihkan kulit
Manfaat Tomat Untuk Kesehatan
  1. Dapat mengurangi resiko gangguan jantung.
  2. Mengurangi efek kelelahan dan meningkatkan nafsu makan.
  3. Menghambat proses pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  4. Menjaga  fungsi kerja mata karena faktor usia.
  5. Menurunkan resiko radang usus buntu.
  6. Membantu memelihara kesehatan organ hati, ginjal, dan mengurangi resiko susah buang air besar.
  7. Dapat mengobati diare.
  8. Meningkatkan volume sperma pada pria.
  9. Membantu memulihkan fungsi kerja lever.
Oke, itu adalah beberapa manfaat dari buah tomat. Eit, tomat masuk dalam buah-buahan atau sayuran ya? Hmm..... sepertinya masuk dalam kelompok sayuran. Tapi tetap saja, gak enak kalau saya menyebutnya sayuran tomat. Hehehe.....
Oke, gak usah panjang lebar lagi. Sekarang mari kita mencoba menama tomat dengan menggunakan pot atau polybag.

Langkah-langkah Menanam Tomat Menggunakan Pot atau Polybag

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan secara seksama ketika menanam tomat menggunakan pot atau polybag, diantaranya adalah ;

1. Pilih benih tomat yang bagus, dengan ciri-ciri :

  • Tidak cacat/luka
  • Sehat, tidak menunjukan adanya serangan hama/penyakit.
  • Bersih dari kotoran
  • Benih tidak keriput

2. Penyemaian benih tomat.

Setelah mendapatkan benih terbagus, langkah selanjutnya benih tomat didesinfektan dengan cara merendam benih tomat kedalam larutan fungisida, ini bertujuan agar mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit mati setelah itu baru disemai di persemaian. Setelah benih tumbuh dan berumur 7 – 10 hari bibit dipindah ke dalam kantong-kantong kecil kemudian dibiarkan selama 17-21 hari. Bibit siap dipindahkan kedalam pot.

3. Persiapan Pot atau Polybag

Pot dan polybag bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko atau juga bisa menggunakan barang-barang bekas, seprti ember, baskom, kantong semen, kantong kresek atau yang lainnya yang penting bisa menampung tanah untuk media tanam. Pot-pot yang digunakan harus mempunyai lubang bawah sehingga air dapat keluar dengan mudah.

4. Persiapan media tanam.

Media tanam yang digunakan abu sekam bakar, pupuk kandang, tanah dengan berbandingan 2 : 1 : 1 . Semua media tanam di campur rata kemudian dimasukan kedalam pot.

5. Penamaman

Setelah pot dan benih berumur 30 hari maka dilakukan penanaman ke dalam pot/polybag.

6. Pemeliharaan

Sebelum tunas tumbuh sebaiknya pot disimpat dibawah tempat yang teduh, baru setelah tunas tumbuh maka pot dapat di pindahkan kepekarangan terbuka, atau ditempat yang tidak kena cahaya matahari langsung. Penyiraman dilakukan 2 x sehari pagi dan sore. Untuk menjaga tanaman tomat tumbuh tegak maka dipasang ajir/ tongkat.

7. Pemupukan

Karena tomat termasuk sayuran buah, setelah benih tumbuh menjadi bibit selain diberikan
pupuk N (Urea) tanaman perlu diberikan pupuk P dan K untuk merangsang terjadinya pembungaan dan buah

8. Hama dan Penyakit

  • Hama
Ulat tanah, gejala yang timbul terpotongnya pangkal batang dan rebah. Pengendaliannya memberikan furadan 3 G pada sekitar pangkal batang.
Ulat Grayak, gejalanya daun bercak-bercak putih dan berlubang pengendaliannya dengan musuh alami
  • Penyakit
Busuk Daun, gejalanya daun bercak-bercak kondisi daun agak basah, lunak, berwarna hijau kehitam-hitaman. Pengendalian dengan penyemprotan fungisida

9. Panen

Tanaman tomat dapat dipanen pada usia 60 – 100 hari setelah tanam
Demikian Panduan Cara Menanam Tomat Dengan Menggunakan Pot atau Polybag yang bisa saya share kali ini . Semoga ini bisa menginspirasi anda untuk menanam tomat atau sayuran lain sebagai aktifitas sampinagn di rumah anda.

0 Response to "Panduan Cara Menanam Tomat Dengan Menggunakan Pot atau Polybag "

Posting Komentar