3 Langkah Mudah Cara Memulai Bisnis Online

3 Langkah Mudah Cara Memulai Bisnis Online ~ Boomingnya bisnis online di Indonesia membuat sebagian besar pengguna internet berduyun-duyun mencoba peruntungan di dunia bisnis oline. Ada yang bermodal nekad, bermodal rasa penasaran, bermodal ikut-ikutan dan berbagai macam hal yang memotivasi mereka untuk melakukan bisnis online. Namun kemudian, banyak diatara mereka yang mengalami kebuntuan. Setelah mencoba beberapa langakah, akhirnya bingung mau berbuat apa lagi, padahal belum menghasilkan apapun.

Bisnis online memang kelihatannya mudah. Hanya duduk manis di depan komputer atau laptop, kemudian uang mengalir ke rekening. Waktu kerja juga bisa diatur sendiri bahkan hanya sekitar 2 - 4 jam perhari. Namun benarkah demikian?

Bagi mereka yang saat ini sedang ada puncak sukses mungkin benar, mereka memiliki banyak waktu untuk keluarga, karena hanya dengan bekerja beberapa jam saja untuk mengurusi bisnis onlinenya, sisa waktunya dihabiskan untuk bersama keluarga. Namun, pada proses pencapaian suksesnya, mungkin mereka juga banyak menghabiskan waktu, tenaga, biaya bahkan mengorbankan kebersamaannya dengan keluarga.

Jadi, saya yakin segagal sesuatu itu pasti membutuhkan proses. Tidak ada bisnis yang mampu menyulap orang miskin menjadi mendadak kaya dalam hitungan jam atau hari. Tidak percaya? Silakan cari bisnis yang menjanjikan hal demikian, kemudian anda coba, apakah benar anda bisa kaya mendadak?

Daripada menghayal yang aneh-aneh, mendingan berpikir realistis aja. Setiap cita-cira harus diraih dengan sebuah usaha. Usaha keras, usaha cerdas dan usaha ikhlas. Demikian juga dengan bisnis online.

Memulai bisnis online memang tidaklah mudah, tapi juga tidak sesulit mengarung samudera hindia yang sedang bergejolak. Hehehe...

Asal tekun dan melakoninya secara benar insya Allah akan berhasil. Untuk memulai sebuah bisnis oline maka harus melalui 3 langkah sebagai berikut :

3 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online


Langkah # 1 : Menentukan Produk

Hal pertama yang harus dipikirkan sebelum menjalankan bisnis online adalah produk apa yang akan dijual. Hmm..... kok produk sih? Saya kan bukan seorang produsen. Oke, produk tidak selamanya dalam bentuk fisik, bisa juga dalam bentuk jasa. Jadi, silakan gali dulu potensi yang ada dalam diri kita masing-masing, kembangkan dan pikirkan apakah bisa dikomersilkan. Kalaupun mau jualan produk fisik, tidak usah bingung. Di dunia internet ini ada banyak produk siap jual. Yang anda butuhkan hanya keterampilan menjual secara online.

Langkah # 2 : Membangun Sistem

Sistem yang dimaksud di sini adalah cara menjual produk secara online. Mau jual via facebook, twitter, blog, web toko online atau menggabungkan semuanya. Kalau mau membuat web toko online, apakah akan didukung dengan sistem affiliasi, dropshiper atau tidak. Ini sanga penting untuk dipikirkan. Karena dari sistem yang dibangun inilah, tonggak keberhasilan sebuah bisnis online akan dimulai. Saran saya kalau anda mau menjual produk fisik ada baiknya anda membuka peluang dropshiper untuk para netter, atau menyediakan sistem affiliasi pada web toko online anda.


Langkah # 3 : Melakukan Optimasi

Bisnis apapun harus dioptimasi. Baik itu online maupun ofline. Tidak bisa melakukan sebuah bisnis hanya dengan membuat produk, membuat toko kemudian ditinggal begitu saja menunggu malaikat menggiring para konsumen berdatangan. Harus ada campur tangan terampil dari diri kita sendiri untuk mengoptimasi sebuah bisnis.

Dalam optimasi bisnis online dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimazation) atau optimasi mesin pencari. Mengapa harus optimasi mesin pencari? Tentu kita tahu bahwa sebagian besar pengguna internet menemukan apa yang mereka cari adalah melalui mesin pencari, dalam hal ini yang paling banyak digunakan adalah google. Untuk itu, sangat penting bagi sebuah website toko online untuk terindek oleh google. Tidak hanya asal terindek, tapi harus bisa merajai hasil pencarian dengan nangkring di halaman pertama hasil pencarian google. Silakan anda baca artikel-artikel SEO dalam Koleksi Tips dan Trik SEO.

3 Langkah Mudah Cara Memulai Bisnis Online ini sudah dilakukan oleh banyak pebisnis online yang saat ini sedang menikmati kesusesan mereka. Tapi, meskipun cara sama bahkan produk sama, hasil selalu berbeda. Selain faktor keahlian dalam hal internet marketting, juga ada faktor X (rahasia illahi) yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Hehehe.......

0 Response to "3 Langkah Mudah Cara Memulai Bisnis Online"

Posting Komentar