-->

Cara Ampuh Untuk Mempromosikan Toko Online Agar Kebanjiran Calon Pembeli

Cara Ampuh Untuk Mempromosikan Toko Online Agar Kebanjiran Calon Pembeli ~ Toko online tidak jauh berbeda dengan toko ofline. Agar toko online tersebut dikenal oleh masyarakat luas maka harus ada upaya promosi. Jadi, tidak bisa hanya dengan membuat toko online, input produk kemudian tiba-tiba kebanjiran pembeli dan anda menjadi "kaya mendadak dari toko online". Semua butuh proses dan butuh perjuangan. Jangankan toko online yang dibuat oleh perseorangan, toko online yang dibuat oleh sebuah perusahaan bersakala nasional bahkan internasional saja melakukan sebuah proses promosi.

Lalu bagaimana cara mempromosikan toko online secara cepat dan tepat. Hal ini bisa dipelajari dari toko online-toko online besar yang sudah populer. Bagaimana mereka bisa secara cepat populer, sehingga toko onlinenya sangat mudah dkenal oleh banyak orang.

Ada beberapa strategi pemasaran toko online yang bisa ditiru dan diterapkan pada toko online buatan sendiri. Strategi atau cara promosi toko online ini terbukti ampuh untuk mengundang para calon pembeli datang berduyun-duyun ke toko online yang dipromosikan. Cara promosi toko online paling ampuh ini juga dilakukan oleh toko online populer seperti blibli, tokopedia, bukalapak, lazada dan mataharimall.

cara ampuh promosi toko online

cara ampuh promosi toko online



Buat toko online secara unik, simpel dan mudah diingat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat toko online secara unik, simpel dan mudah diingat. Nama toko online berkaitan dengan domain, jadi jelas harus unik (berbeda dari yang lain), namun jangan asal berbeda atau unik, tapi buatlah sebuah keunikan yang mudah diingat oleh orang. Secara desain, toko online juga harus berbeda dengan toko online yang sudah ada, sehingga ketika orang berkunjung pertama kali akan mendapatkan kesan berbeda dan akhirnya membekas dalam bayang mereka tentang desain atau tampilan toko online yang sudah mereka kunjungi.

Promosikan toko online pada spanduk/baliho

Buatlah spanduk dengan desain yang unik dengan menyertakan tagline dan domain toko online. Paaang pada baliho-baliho besar yang ada di pusat-pusat kota. Misal di perempatan jalan, di area pertokoan, pada baliho yang biasa terpasang pada perbatasan kota (biasa untuk ucapakan selamat datang dan selamat jalan. 

Buat stiker unik dan lucu dan berikan secara gratis

Stiker masih tetap relevan untuk dijadkan media promosi. Stikel juga masih disukai oleh banyak orang, apalagi kalau desain atau gambarnya unik dan lucu. Kebanyakan orang akan memasang stiker pada kendaraan mereka seperti sepeda motor dan  mobil. Nah, buatlah stiker yang unik dan lucu dengan menyertakan alamat atau domain toko online yang dipromosikan. Bagkan stiker tersebut secara cuma-cuma alias gratis.

Promosikan toko online di media nasional

Media memiliki peranan penting dalam mengangkat popularitas, baik itu individu maupun sebuah produk. Bisa kita lihat bahwa toko online-toko online yang sekarang populer juga memanfaatkan media nasional untuk promosi. Misal, tokopedia, olx, blibli, mataharimall, lazada juga memanfaatkan media nasional seperti televisi. Jika memang memiliki budget untuk menyewa slot iklan di televisi nasional, maka cara ini adalah cara paling ampuh untuk mempromosikan toko  online. Selain di media televisi juga bisa promosi pada media nasional lainnya yaitu surat kabar.

Buatlah even penjualan yang super heboh

Mataharimall yang merupakan ecomerce dari toko swalayan matahari langsung heboh dan populer tidak lama setelah peluncurannya. Selain didukung oleh promosi di berbada media, juga karena adanya even penjualan yang dilakukkannya. Yaitu adanya september super. Dimana pada bulan september kemarin, mataharimall mengadakan diskon gila-gilaan.

Kemudian toko online blibli juga selalu membuat orang ketagihan untuk berbelanja lagi di blibli. Hal ini terjadi ternyata karena blibli selalu menadakan even hot deal. Yaitu penjualan denan diskon tertentu (diskonnya lebih besar) pada waktu tertentu dan terbatas. Nah, bagi anda yang ingin toko onlinennya cepat populer dan membuat orang ketagihan berbelanja bisa meniru dua stragegi di atas.

Sebarkan di media sosial

Para pengguna facebook saat ini sudah tidak asing lagi dengan belanja online bahkan sudah sering melakukan belanja online. Setelah membuat even  penjualan super heboh silakan sebarkan informasi tentang even tersebut di media sosial. Nah kita tahu bahwa semua orang suka dengan diskon, status facebook yang berisi tenang diskon, potongan harga memiliki potensi untuk dilike dan dihare ulang oleh para facebooker. Dengan demikian, maka informasi akan menyebar secara viral. Artinya ada banyak orang yang ikut mempromosikan toko online milik anda tanpa harus membayar mereka.

5 cara ampuh mempromosikan toko online ini saya tulis berdasarkan hasil pengamatan saya dari beberapa toko online yang sudah populer (bukan pengalaman sendiri karena saya gak punya toko online). Namun cara-cara di atas memang terbukti sangat ampuh untuk mengangkat popularitas sebuah toko online. Kalau sudah populer, maka toko online akan kebanjiran calon pembeli. Itu artinya ada peluang besar banyak orang berbelanja. Namun tentu saja eksekusi akhirnya adalah dikembalikan lagi pada kualitas produk dan pelayanan yang diberikan oleh sebuah toko online.