Solusi Masalah Internet Daerah Terpencil di Indonesia dari Google

Solusi Masalah Internet Daerah Terpencil di Indonesia dari Google ~ Indonesia adalah negara kepulauan yang tersusun dari sekitar 17 ribuan pulau. Selain itu kondiri alam juga dipenuhi dengan berbagai macam pegunungan. Kondisi inilah yang menghambat konstruksi menara selular tradisional dan kabel fiber optik. Hasilnya adalah tidak semua wilayah di Indonesia bisa menikmati jaringan internet.

Menyikapi hal ini Google sebagai perusahaan teknologi kelas dunia menawarkan sebuah solusi yang revolusioner, yaitu dengan dibuatnya balon pintar yang disebut loon. Balon pintar buatan google ini berfungsi menggantikan menara seluler yang sulit dibangun didaerah-daerah tertentu.

sumber gambar http://inet.detik.com


Balon pintar buatan google nantinya akan diterbangkan ke ketinggian 2 kali lipat dari ketinggian terbang pesawat komersil atau sekitar 20 km di atas permukaan bumi. Pada ketinggian ini baloon google terbang pada lapisan angin di stratosfer yang memiliki sifat berlapis-lapis, di mana tiap lapisannya memiliki variasi kecepatan dan arah. Nah, dengan bergerak bersama angin, balon Loon dirancang agar bisa membentuk satu jaringan komunikasi yang besar.

Dengan dikembangkannya teknologo balon loon ini diharapkan, 2/3 warga negara Indonesi yang saat ini belum bisa mengakses internet bisa mengakses internet dengan mudah dan cepat. Jaringan yang disebatkan oleh baloon loon adalah jaringan 4G LTE, sehingga nantinya seluruh warga negara Indonesia akan bisa menikmati koneksi intenet yang lebih cepat.

Saat ini google bekerjasama dengan perusahaan selular lokal Indonsa, Telkomsel dan XL Axiata. Rencananya, balon loon tersebut akan menguadara di wilayah Indonesia pada tahun depan. Meskipun teknologo balon loon masih dalam kontroversi bahkan mendapatkan kritikand raja Microsoft Bill Gates, tapi nyatanya proyek ini sepertinya akan tetap berjalan.

0 Response to "Solusi Masalah Internet Daerah Terpencil di Indonesia dari Google"

Posting Komentar