7 Peluang Usaha Kecil Yang Cocok Untuk Daerah Pedesaan

7 Peluang Usaha Kecil Yang Cocok Untuk Daerah Pedesaan ~  Usaha bisa dijalankan dimana saja. Hanya butuh penyesuaian jenis usaha dan strategi pengembangannya saja. Seperti contoh di daerah pedesaan, sebenarnya juga bisa membuka usaha mandiri sehingga tidak perlu merantau jauh ke negeri orang meninggalkan keluarga tercinta.

Ada beberapa jenis usaha yang cocok untuk daerah pedesaan dan bisa dijalankan dengan mudah dan modal relatif kecil. Nah, jenis usaha apa saja itu? Berikut pembahasan singkatnya untuk anda.

7 Peluang Usaha Kecil Untuk Daerah Pedesaan

1. Usaha pertanian

Pada umumnya mata pencaharian utama orang pedesaan adalah pertanian. Namun sayang kebanyakan dari mereka masih bertani secara tradisional, sehingga hasil yang didapatkan kurang maksimal. Hasil pertanianpun hanya baru mencukup kebutuhan keluarga, bahkan masih kurang. Nah jika sebuah pertanian dikelola secara serius dan menerapkan sistem modern, sebenarnya bisa diandalakan sebagai usaha kecil yang bisa menopang kebutuhan keluarga bahkan bisa dijual dan digunakan untuk memperluas jaringan usaha.

2. Usaha perkebunan

Selain pertanian, perkebunan juga merupakan jenis usaha kecil yang sangat cocok untuk daerah pedesaan. Hasil perkebunan seperti kopi, teh, dan palawija merupakan komoditi yang sangat dibutuhkan bahkan bisa sampai diekspor. Jika kebetulan anda memiliki lahan perkebunan maka anda bisa menanaminya dengan salah satu komoditi tersebut.

3. Usaha toko kecil-kecilan

Meskipun di desa segala macam kebutuhan pokok bisa dipenuhi dari hasil kebun sendiri, tapi ada saja kebutuhan pokok lainnya yang tidak bisa dipenuhi. Seperti misal garam, gula, bumbu dapur, dan berbagai macam kebutuhan lainnya. Sedangkan untuk pergi ke kota biasanya membutuhkan waktu lam dan jarak tempuh yang jauh. Nah, ini adalah peluang sangat baik bagi anda untuk membuka toko kecil-kecilan di desa anda sendiri.

4. Usaha peternakan

Anda mungkin pernah berpikir dari mana daging ayam, sapi, dan kambing yang dijual di daerah perkotaan, tentu saja semua ini di dapat dari hasil peternakan di daerah pedesaan. Saya pun sering melihat pembelian ayam dalam skala besar dari peternak-peternak ayam di desa. Jika Anda memiliki modal, Anda pun bisa membudidayakan ternak, baik ayam, sapi, kambing, kerbau, burung, ikan, dan lainnya.

5. Usaha pupuk organik

Pertanian organik saat ini sedang menjadi trend di kalangan para petani. Dengan tujuan mengembalikan kondisi tanah ke keadaan normal (tanpa bahan kimia) dan menghasilkan produk pertanian yang sehat dan bebas bahan kimia, pertanian organik terus digalakkan oleh berbagai kelompok tani di daerah. Alhasil, banyak sekali para petani yang kini beralih menggunakan pupuk organik. Pupuk yang dibuat secara alami dari bahan-bahan alami inipun kini menjadi buruan para petani. Silakan pelajari cara membuat pupuk oragnik yang baik dan jual pupuk organik hasil karya anda.

6. Usaha kreatifitas

Anda memiliki keahlian membuat sebuah kesenian atau kreatifitas lainnya ? ini bisa Anda manfaatkan untuk mendukung kehidupan Anda di desa. Anda mungkin sering melihat berita di TV tentang usaha kreatifitas dari anak desa, jika Anda adalah salah satunya maka saya sarankan untuk mengembangkan kreatifitas Anda.

7. Usaha pergadangan hasil bumi

Anda mungkin tidak memiliki kebun, tidak memiliki sawah, tidak memiliki peternakan, tapi anda memiliki cukup modal. Maka anda bisa membuka usaha dengan menjadi pengepul hasil bumi. Namun tentu saja selain anda memiliki modal, anda juga harus memiliki koneksi dengan bandar yang lebih besar. Karena hasil bumi yang anda kumpulkan dari tingkat petani akan anda jual ke bandar lebih besar. Jika memang semuanya sudah memungkinkan, mengapa tidak segera anda kibarkan bendera perdaganan anda.

Nah itulah 7 peluag usaha kecil yang cocok untuk daerah pedesaan yang bisa anda jalankan di daearh anda sendiri. Dengan demikian anda tidak perlu lagi merantau ke tempat yang jauh untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Selamat menjalankan usaha mandiri di daerah sendiri dan semoga sukses.

0 Response to "7 Peluang Usaha Kecil Yang Cocok Untuk Daerah Pedesaan"

Posting Komentar