5 Gerakan Senam Sederhana Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

5 Gerakan Senam Sederhana Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat | Senam orak adalah gerakan-gerakan sederhana dari tubuh yang bertujuan untuk melatih kemampuan otak dalam hal fokus (konsentrasi) dan daya ingat. Senam otak sangat dianjurkan baik untuk anak-anak maupun untuk pada orang tua. Untuk anak-anak (pelajar) senam otak bisa untuk meningkatkan konsetrasi belajar dan meingkatkan kemampuan pemahaman terhadap suatu pelajaran. Sedangkan bagi orang tua senam otak bisa untuk meningkatkan daya ingat sehingga terhindar dari penyakit pikun.

Senam juga identik dengan kegiatan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Maka senam otak adalah sebuah uapaya untuk menjaga agar otak tetap sehat. Namun tentu saja, untuk melakukan senam otak bukan berarti otaknya yang disuru bergerak-gerak. Hehehe....

Untuk melakukan senam otak bisa dengan gerakan-gerakan sederhana dan tentunya berbeda dengan senam jasmani. Senam otak atau brain gym yang diperkenalkan oleh Paul E. Dennison, Ph.D., dan Gail E, Dennison ini menggunakan gerakan-gerakan tangan sederhana.

Gerakan sederhana senam otak ini berfungsi untuk menstimulasi fungsi otak, melancarkan peredaran darah ke otak, dan membantu meningkatkan daya ingat. Ada 5 gerakan sederhana senam otak yang bisa dilakukan yang dikuti dari situs gelombangotak.co.id.
gerakan senam otak untuk konsentrasi dan daya ingat
gerakan senam otak untuk konsentrasi dan daya ingat

5 Gerakan Senam Otak Untuk Meningkatkan Konsentrasi


1. Letakkan kedua telapak tangan di depan dada, lalu renggangkan kelima jari tangan. Lekatkan ujung-ujung jari tangan kanan dan kiri, namun usahakan kedua telapak tangan tidak menempel. Selanjutnya gerakkan ibu jari kanan dan kiri memutar ke depan dan ke belakang secara bergantian, seperti gerakan mengayuh sepeda. Lakukan semakin lama semakin cepat selama beberapa waktu. Lanjutkan pada jari-jari lainnya.

2. Kembali posisikan kedua telapak tangan di depan dada, kemudian renggangkan telapak tangan kanan, sedangkan tangan kiri membentuk pistol. Arahkan jari telunjuk tangan kiri ke telapak tangan kanan, lakukan sebaliknya dengan telapak tangan kanan yang menunjuk ke telapak tangan kiri yang merenggang. Lakukan secara bergantian dan semakin lama semakin cepat.

3. Posisikan telapak tangan kanan di atas kepala dan telapak tangan kiri di atas perut. Lakukan gerakan tangan kanan menepuk rambut, sedangkan tangan kiri melakukan gerakan memutar di atas perut secara bersamaan selama beberapa waktu. Lakukan bergantian dan usahakan semakin lama gerakan semakin cepat.

4. Ambil posisi duduk kemudian letakkan kedua telapak tangan di atas paha. Kepalkan telapak tangan kanan dan lakukan gerakan memukul paha. Secara bersamaan, biarkan telapak tangan kiri menghadap ke paha dan lakukan gerakan maju mundur seperti mengelus. Lakukan bergantian, semakin lama semakin cepat.

5. Posisikan kedua tangan lurus di depan dada dan ujung jari telunjuk kanan dan kiri menunjuk ke depan.  Telunjuk kanan memutar membentuk lingkaran, sedangkan telunjuk kiri memutar membentuk kotak dengan bersamaan. Lakukan secara bergantian dan semakin lama semakin cepat.

Demikian 5 gerakan senam otak untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa melakukannya sebagai pamanasan sebelum melakukan senam jasmani ringan. Misal sebelum joging atau sekedar jalan-jalan di sekitar komplek atau pada saat car free day. Untuk menambah referensi tentang gerakan senam otak lainnya silakan simak video berikut :

0 Response to "5 Gerakan Senam Sederhana Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat"

Posting Komentar