Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional


manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional ~ Siapa yang tidak kenal dengan pepaya. Buah yang satu ini memang sangat lezat. Kalau sudah matang dagingnya berwarna merah dan rasanya sangat manis. Selain bisa dimakan matang, pepaya yang masih muda juga bisa dibikin sayur lodeh. Rasanya enak banget.

Tidak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi, daunyapun bisa dikonsumsi juga. Didaeraj jawa barat daun pepaya bisa dijadikan sebagai lalapan mentah-mentah dan biasanya dikonsumsi bersamaan dengan daun jambu mete. Di dareah jawa tengah, daun pepaya juga sama sering dikonsumsi sebagai lalapan, tapi bedanya kalau di jawa tengah digodok terlebih dahulu. Selain sebagai lalapan, daun pepaya juga biasa dimasak dengan berbagai macam cita rasa, tergantung selerah yang memasak. Tapi dari kesemuanya pasti sangat enak.

Selain lezat untuk dijadikan lapan dan dimasak dengan berbagai macam resep, daun pepaya juga memiliki khasiat atau manfaat untuk kesehatan. Daun pepaya ini sudah populer dijadikan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Penyakit apa saja yang bisa diobati dengan menggunakan dauh pepaya ini? Mari kita simak bersama.

7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Tradisioanl

1. Mengobati Demam Berdarah
Demam berdarah bisa diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Caranya ambil 5 lembar daun pepaya atau secukupnya saja kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusa daun pepaya tersebut diminum sekaligus. Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali jika sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Untuk meningkatkan nafsu makan, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

3. Mengobati Nyeri Haid
Campuran daun pepaya dan asam jawa, cukup efektif dalam mengatasi rasa nyeri akibat dtang bulan. Caranya, sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selagi hangat.

4. Melancarkan Pencernaan
Kandungan dalam daun pepaya yang dinamakan karpain sangat baik untuk saluran pencernaan kita karna karpainlah yang membantu membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan kita. Caranya dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai teman makan nasi atau lalapan.

5. Masker Anti Jerawat
Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun pepaya juga berkhasiat untuk kecantikan terutama dalam menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya daun pepaya harus di keringkan terlebih dahulu, kemudian dilumatkan dan dicampur dengan air baru kemudian diusapkan ke wajah seperti halnya dengan masker pada umumnya.

6. Senyawa Antikanker
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

7. Mengobati Sakit Perut Balita
Bagi para ibu yang memiliki balita sakit perut kembung, bisa diobati dengan menggunakan ramuan daun pepaya. Caranya sediakan 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, kapur sirih secukupnya. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Gunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut balita yang sakit.

Nah itu adalah manfaat daun pepaya sebagai obat tradisional, ternyata banyak sekali ya daun-daun yang biasa tumbuh dipekarangan rumah ternyata bisa dijadikan sebagai obat. Untuk itu saya rasa sangat perlu kita untuk menghijaukan pekarangan rumah kita dengan tanaman-tanaman obat seperti ini.

0 Response to "Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar