-->

Kupas Tuntas Fenomena Cabe-Cabean Indonesia



Kupas Tuntas Fenomena Cabe-Cabean Indonesia ~ Nak mudah indoensia memang kreatif terutma dalam membuat istilah-istilah nyeleneh. Di tahun 2013 kita sudah lazim dengan istilah lebay, alay dan jablay. Mendekati akhir tahun 2013 dan hit di tahun 2014, remaja Indoensia diwarnai dengan istialh baru dengan nama Cabe-Cabean.

Apa dan bagaimana sebenarnya cabe-cabean ini. Istilah cabe-cabean mulai naik daun dengan munculnya sebuah lagu dari Imey Mey dengan judul Cabe-Cabean. Dilihat dari lirik lagunya, lagu tersebut merupakan tamparan keras buat para remaja putri Indonesia yang suka keluyuran, tidak betah di rumah, dandanan norak dan pacaran di sembarang tempat.

Nah, agar kita lebih mudah memahami apa itu cabe-caben yang dimaksud, mari kita baca dulu lirik lagu cabe-cabean dari ImeyMey berikut ini.

Lirik Lagu Cabe-Cabean Imey Mey

orang bilang abg sekarang
genit-genit juga kecentilan
keganjenan, gaya berlebihan
keluyuran, cuma nampang doang

cabe-cabean, orang bilang cewek gampangan
cabe-cabean, cewek-cewek murahan
cabe-cabean, orang bilang cewek kampungan
cabe-cabean, cewek buat mainan

cabe-cabean, cabe-cabean
cabe-cabean, cabe-cabean

orang bilang abg sekarang
genit-genit juga kecentilan
keganjenan, gaya berlebihan
keluyuran, cuma nampang doang

cabe-cabean, orang bilang cewek gampangan
cabe-cabean, cewek-cewek murahan
cabe-cabean, orang bilang cewek kampungan
cabe-cabean, cewek buat mainan

cabe-cabean, orang bilang cewek gampangan
cabe-cabean, cewek-cewek murahan
cabe-cabean, orang bilang cewek kampungan
cabe-cabean, cewek buat mainan

Nah, sangat pedas banget kan. Kalau seandainya saya adalah sorang remaja putri pasti akan langsung menilia diri sendiri apa saya termasuk ke dalam kategori cewek cabe-cabean atau bukan. Dengan melihat lirik lagu cabe-cabean di atas maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa cewek cabe-cabean yang dimaksud dalam lagu tersebut adalah cewek centil, cewek ganjen, cewek genit, cewek murahan, cewek gampangan dan sederet label negatif lainnya terhadap cewek. Wiiiiiiihhhhhh ngeri ya.....

Munculnya istilah cabe-cabean ini sudah banyak orang yang membahas, mulai dari yang sekedar iseng bahkan yang serius menangani masalah remaja masa kini. Di situs berbagai video Youtube ada yang membuat video ciri-ciri cewek cabe-cabean yang sedikit jenaka. Bagaimana ciri-ciri cewek cabe-cabean? Berikut ulasannya.

Ciri-Ciri Cewek Cabe-Cabean


3B: Behel, Blackberry dan Berponi
Ciri gadis ini pertama adalah 3B, Behel, Blackberry dan Berponi. Katanya, behel dipasang untuk bergaya, bukan untuk merapikan gigi. Lucunya lagi, mereka sering memakai behel ala kadarnya tidak di dokter gigi yang memang menghabiskan biaya cukup mahal.
“Cabe-cabean itu biasanya cewek, yang pakai behel, mending giginya kenapa. Dia cuma buat gaya doang karena pasang behel nggak bener. Pasang behel itu harusnya di tempat dokter gigi, ini malah pasang behel di ahli gigi. Girl please!,” ujar Young Lex.
B kedua, Blackberry adalah ciri lain gadis cabe-cabean. Smartphone ini justru jadi andalan gadis cabe-cabean. Blackberry dipakai untuk gaya dan sekedar update status BBM tanpa memahami apa kegunaan asli Blackberry.

Make up salah waktu, kadang muka lebih putih dari leher
“Biasanya cabe-cabean malam minggu dia make up. Orang mau make up itu kalau mau kondangan atau ke mal, cabe-caben malah make up ujung-ujungnya beli babel. Please deh, beli babel enggak usah make up. Kalau make up, itu tuh pakai dres yang rapi, ini beli babel,” sebut Young Lex dalam video berdurasi 7 menit 13 detik itu.
Dia juga menyebut model make up gadis cabe-cabean terkesan dipaksakan. Saking niatnya menggunakan makeup berlebih dan tidak jarang kulit muka berbeda dengan warna kutil leher dan badan.

Boncengan bertiga, sambil main HP, ngebut buat cari perhatian
“Biasanya cabe-cabean itu bukan cewek kece. Sudah pasti dia bonceng tiga. Malah pernah saya lihat cabe-cabean berempat dempet-dempetan kayak rantang. Jangan ditiru, Cabe-cabean biasanya naik motor kebut-kebutan, tapi kakinya busikan,” Kata Young Alex.
Gadis cabe-cabean, karena masih berusia tanggung kadang baru bisa mengendarai sepeda motor. Alih-alih membawa motor dengan hati-hati, mereka justru doyan ngebut dengan harapan dianggap keren oleh orang yang melihatnya.
Lucunya lagi, gadis cabe-cabean kerap kali melewati segerombolan pria nongkrong dengan memacu kencang motornya demi menarik perhatian.

Enggak pernah mengaku cabe
“Kalau zaman dulu, maling teriak maling. Ini cabean-cabean teriak cabe juga. Jadi siapa sebenarnya cabe. Jadi cabe lawan cabe. Mungkin mereka galau,” katanya. Gadis cabe-cabean tidak pernah mengakui dirinya sendiri. Terang saja, mereka biasanya akan menyebut orang lain sebagai gadis cabe-cabean dan bersama-sama menertawakannya.

Kegiatan wajib hari ini: update status
Kegiatan wajib yang tidak boleh terlewat dari gadis cabe-cabean adalah update status di media sosial dan instant messaging. Biasanya mereka akan mengupdate setiap kegiatan dan interaksi yang terjadi disekitar mereka.
Bahkan biasanya memberi kabar yang penting seakan banyak orang yang peduli. Belum lagi pemakaian kata-kata yang berlebihan dengan susunan huruf angka dicampur. Tak hanya update status, mereka juga kerap memposting foto dengan gaya yang aneh dan keren menurut cabe-cabean.
Malam hari Anda akan menemui banyak status galau bertebaran di media sosial. Kadang mereka akan mem-posting banyak kata bijak dan me-retweet banyak kata-kata bijak di Twitter

Pacaran di sembarang tempat
“Cabe-cabean pacaran malam minggu di jembatan fly over,” ujarnya. Gadis cabe-cabean tidak selektif memilih tempat berpacaran. Mereka akan banyak “bertebaran” di keramaian, kadang bersembunyi di tempat-tempat gelap. Mereka dengan santai memarkir motor di pinggiran jembatan layang dan duduk berdempet dengan sang kekasih sambil menikmati lampu malam kota.

Pasang foto editan
Gadis cabe-cabean biasanya fotogenik. Di foto profil Facebook atau Avatar Twitter akan terlihat cantik, saat ditemui akan jauh berbeda. Barangkali aplikasi Camera 360 jadi laris. Aplikasi itu sangat populer di kalangan gadis cabe-cabean. Mereka seringkali mengedit foto diri menjadi lebih putih, lebih mulus dan lebih imut demi menarik perhatian lawan jenis dan agar bisa bertemu.

Berbaju Minim di Banyak Tempat
Seperti ditulis kapanlagi.com, Jumat (27/12/2013), baju ketat dan celana pendek adalah ciri khas gadis cabe-cabean terutama jika naik sepeda motor. Memamerkan paha mereka adalah hal yang biasa. Namun kritikan ditujukan karena pemakaian hot pants itu tidak tepat waktu. Seperti saat siang panas menyengat atau malam dingin melanda, mereka tetap memakai celana super pendek.
Kerap kali gadis cabe-cabean begitu percaya diri memakai baju serba minim dan ketat meskipun tidak cocok. Yah mau gimana lagi, toh itu memang tubuh mereka. Setuju?

Sumber ciri-ciri cewek cabe-cabean diambil dari http://www.solopos.com/2013/12/27/begini-cara-mengenali-jenis-gadis-cabe-cabean-477691

Fenomena cabe-cabean ini terus bergulir menular secara viral menjadi bola salju yang terus menggelinding. Kemudian muncul kekhawatiran dari sejumlah orang tua akan pergaulan anak-anak mereka yang kian hari kian bebas tidak terkendali. Para remaja seperti sudah tidak lagi memiliki rasa malu, memakai pakaian yang mempertontonkan aurat, berpacaran di sembarang tempat bahkan di tengah-tengah keramaian. Seolah-olah berjinah adalah hal yang lumrah. Lalu siapa yang harus dipersalahkan.

Kak Seto (Seto Mulyadi) sebagai pemerhati masalah anak-anak mengungkapkan bahwa fenomena cabe-cabean ini muncul sebagai akibat dari kurangnya perhatian orang tua terhadap anak-anaknya, sehingga anak-anak merasa tidak nayaman berada di rumah sehingga cenderung mencari kenyamanan dan kenikmatan di luar rumah.

Cara Mengatasi Masalah Cabe-Cabean


Cabe-cabean bisa dibilang sebuah penyakit, apabila dibiarkan maka akan menjadi sebuah penyakit akut yang sulit untuk disembuhkan. Maka langkah yang paling tepat adalah mencegah anak-anak agar tidak terjatuh pada pergaulan cabe-cabean.

Selain memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak sehingga anak-anak merasa betah dan nyaman berada di lingkungan keluarganya, juga harus ada penyaluran hasrat. Anak usia SMP/SMA sedang tinggi-tingginya hasrat libido seksualnya, sehingga pergaluan bebas mereka pilih untuk melampiaskan hasratnya. Hal tersebut bisa diantisipasi dengan menyibukan anak-anak dengan berbagai kegiatan positif, misalnya mengikuti les.

Kalau anda kelurga muslim maka bisa menerapkan tips dari Rosululloh SAW, yaitu menyuruh putra-putra anda berpuasa. Karena sebagaimana tuntunan Rosululloh, apabila seseorang sudah dinilai mampu untuk menikah, maka nikahkanlah, dan apabila belum mampu maka berpuasalah.