Strategi SEO (Search Engine Optimization) Blog Baru 3 Bulan Pertama

Strategi SEO (Search Engine Optimization) Blog Baru 3 Bulan Pertama ~ Awal-awal membuat blog terkadang menjadi hal yang sangat membosankan. Blog septi tidak ada pengunjung, tidak adak komentar atau feedback dari siapapun. Huh.... pokoknya blog sepi seprti kuburan. Yang ada hanya tulisan-tulisan kita sendiri.

Ya, memang untuk mengundang pengunjung datang ke blog kita tidaklah mudah dan juga tidak bisa terjadi dalam waktu singkat. Kecuali kalau anda mau dan mempu membayar jasa pendatang traffic blog. Tapi, itu sangat tidak saya sarankan untuk blog baru. Biarlah blog melakukan proses pendawasaannya secara natural. Yang perlu kita lakukan hanya sedikit strategi SEO (Search Engine Optimization).

Sebelum kita melangkah pada strategi, kita jelaskan dulu sekilas tentang apa itu SEO. Pengertian SEO (Search Engine Optimazation) adalah uapaya-upaya meningkatkan kualitas blog agar mudah diindex oleh search engine yang berakibat meingkatnya traffic yang berasaal dari search engine atau mesin pencari.

Strategi SEO (Search Engine Optimization) ini khusus untuk blog yang masih baru. Kita lakukan upaya-upaya mendatangkan traffic blog secara natural dari mesin pencari pada 3 bulan pertama blog. Bagaimana caranya.

Strategi SEO (Search Engine Optimization) Blog Baru 3 Bulan Pertama
1. Memilih domain yang tepat
Baik anda yang menggunakan TLD (top level domain) ataupun yang menggunakan subdomain gratisan blogspot sepeti blog ini usahakan agar nama domain atau URLnya tepat. Tepat di sini tentunya tepat atau sesuai dengan keyword yang akan menjadi target.

2. Menggunakan templet yang SEO friendly
Bagi anda yang tidak bisa membuat templet sendiri silakan cari templet yang bertebaran secara gratis di internet. Ciri-ciri templet SEO friendli adalah :
- Memiliki tag header otmatis
- Memiliki breadcrumb
- Memiliki permalink
- Memiliki artikel terkait
- Memiliki readmore otomatis
- Loading cepat
- Tampilan sederhana

3. Posting secara rutin atau daily post
Pada tahap-tahap awal membangun blog usaha secara rutin memposting 2 artikel setiap hari secara rutin. Ini terbukti efektif untuk menurunkan rangkin alexa. Selain itu blog kita akan cepat terisi dengan konten. Silakan posting konten-konten yang bermanfaat. Semakin banyak konten maka semakin banyak hal yang bisa dicari oleh mesin pencari dari blog kita.

4. Hindari copas artikel
Terkadang karena disebabkan ingin cepat mengisi blog, kebuntuan ide menulis, tidak mood untuk menulis menyebabkan kita untuk melakukan copy paste dari blog lain. Saya sarankan jangan lakukan copas dari blog lain, apalagi blog-blog atau situs yang memiliki posisi baik di mesin pencari. Kalau anda teratarik dengan salah satu artikel pada blog lain dan ingin mempostingnya di blog anda, silakan anda baca artikel tersebut dan tulis kembali dengan narasi atau bahasa anda sendiri. Itu lebih baik dan lebih terhormat. Hehehe....

5. Hindari menebar link secara membabi buta
Biasanya untuk mengundang pengunjung dilakukan dengan menebar link di di berbaga tempat, melalui kmentar pada blog, melalui jejaring sosial (misal facebook). Kalau mau silakan lakukan sekedarnya saja, karena kalau terlalu sering akan dianggap spam yang berakibat buruk pada blog anda.

Nah itu adalah Strategi SEO (Search Engine Optimization) Blog Baru 3 Bulan Pertama, intinya adalah lakukan segalanya pada tahap awal ini debgan senatural mungkin. Jangan berharap mendatangkan traffic bejibun yang ada malah blog kita kena sanksi dari mbah google. Oke, sekian dulu tulisan saya tentang SEO, semoga bermanfaat.

0 Response to "Strategi SEO (Search Engine Optimization) Blog Baru 3 Bulan Pertama"

Posting Komentar