Khasiat Luar Biasa Benalu Teh Untuk Kesehatan



Khasiat Luar Biasa Benalu Teh Untuk Kesehatan ~ Benalu atau parasit atau kemladeyan dimasyarakt umum khususnya para petani dikenal sebagai tumbuhan pengaganggu tanaman, yang biasa tumbuh menumpang pada tanaman utama. Efek buruk dari benalu ini adalah matinya tanaman atau tumbuhan yang ditumpangi oleh benalu.

Mengapa tumbuhan benalu bisa mematikan tumbuhan yang ditumpanginya? Karena tumbuhan parasit ini mengambil sumber makanan untuk pertumbuhan dan perkembangannya dari makanan yang ada pada tumbuhan  yang ditumpanginya. Sehingga ketika parasit semakin berkembang secara liar maka sumber makanan akan habis terserap oleh parasit sehingga mengakibatkan tanaman inang mati.

Namun dibalik sifatnya yang merusak ternyata ada sesuati keajaiban di dalamnya. Benalu ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. Salah satu benalu yang sudah dipercaya berdasarkan hasil penelitian
para ahli adalah benalu teh. Benalu teh dipercaya bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit hingga penyakit berat sekalipun seprti HIV.

Benalu teh terbukti secara in vitro dapat menghambat tumor crown gall dan penelitian deteksi aktivitas asparaginase dalam benalu teh dapat menghidrolisa asparagin. Asparaginase adalah enzim katalisator yang berperan menghidrolisa asparagin menjadi asam aspartat dan amonia. Dengan demikian sel kanker kekurangan asparagin yang berakibat kematian sel.

Apa sebenarnya rahasia benalu, sehingga banyak dimanfaatkan orang sebagai obat beragam penyakit?

Menurut Richter dalam Phytochemistry No. 31 (1992), benalu Loranthaceae dan Viscaceae mengandung banyak flavonoid, seperti chalcones, flavanones, c-glycoflavonols dan flavan-3-ols. Flavonoid sendiri berfungsi sebagai pelindung si benalu dari kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh sinar ultraviolet dan bertanggung jawab pada warna bunga, buah, dan daun.

Dalam ilmu farmasi, flavaoid dikenal sebagai senyawa antiradang, antioksidan, pereda sakit (analgesik), antivirus, anti-HIV, mencegah keracunan hati, antikelebihan lemak, merangsang kekebalan tubuh, sebagai vasodilator (memperlancar aliran darah), mencegah penggumpalan darah, antialergi, dan antikanker.

Keberadaan flavanoid itu didukung oleh zat-zat lain yang juga terdapat pada benalu, seperti proline, hydroproline, myo-inositol, dan chiroinosotils. Sementara benalu famili Loranthaceae diyakini banyak mengandung tanin. Senyawa ini terdapat pada tanaman benalu, berkat hasil kerja sama asam gallic dengan catechin, yang menyebabkan padatnya kadar tanin pada daun dan tangkai batang. Dalam ilmu farmasi, tanin kerap digunakan sebagai obat diare, penawar racun, antivirus, antikanker, dan anti-HIV.

Berikut beberapa khasiat benalu teh, antara lain:

  1. Membantu mengobati berbagai penyakit kanker atau tumor (kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, kista).
  2. Membantu mengobati penyakit batu ginjal, gondok.
  3. Membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.
  4. Membantu menurunkan darah tinggi, sakit pinggang, rheumatic, encok, dll.
  5. Menghaluskan kulit muka dan menjadikan awet muda.
Nah itu adalah khasiat luar biasa benalu teh untuk kesehatan manusia. Namun tentu saja untuk bisa meramunya menjadi obat juga dibutuhkan keahlian sebagai seorang herbalis. Bagi anda yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan ini, saran saya jangan coba-coba membuat ramuan sendiri, karena saya khawatir malah akan menimbulkan efek negatif yang tidak diinginkan. Saran saya silakan konsultasi denga para ahli, dan kalau bisa konsumsi saja ramuan herbal dari benalu yang sudah teruji dan terbukti berkhasiat.

0 Response to "Khasiat Luar Biasa Benalu Teh Untuk Kesehatan"

Posting Komentar