Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan


 (!).Cara  Stek Cara menstek  tanaman sirih merah atau tanaman sirih hijau seperti yang pernah saya praktekan 1.Sediakan media tanam stek berupa tanah, pasir, dan arang sekam padi,  untuk membuat arang sekam padi silahkan baca Cara membuat arang sekam padi. Perbandingannya tanah, pasir dan arang sekam padi dengan perbandingan 3:1:3. Masukkan ke dalam pot berdiameter berdiameter 10 cm atau menggunakan bekas aqua gelas yang bagian bawahnya sudah dilubangi 2.Pilih batang sirih merah yang sudah tua dan potong kira – kira 3 – 4 ruas 3.Rendam potongan batang ini ke dalam air biasa kira-kira selama 30 menit lalu angkat. 4.tanam setek ke dalam media tanam yang sudah disiapkan tadi. 5.Letakkan setek yang sudah ditanam di pot di tempat teduh.    (!!). Cara Steck Air. Cara ini paling mudah dan gampang. Cukup potong batang sirih sepanjang kira – kira 3 – 4 ruas, kemudian batangnya di rendam di air tetapi yang direndam cukup batangnya saja , jangan dengan daun sirihnya nanti malah busuk loh. Tunggu sampai batang yang terendam air keluar akar.    (!!!). Cara Runduk Cara ini mungkin mirip dengan mencangkok Cuma beda cara saja... hehehe. Pilih batang sirih yang sudah panjang, kemudian cukup dirundukan ke tanah atau meletakan di tanah. Setelah beberapa minggu, akar akan tumbuh, dan batang sirih siap di potong untuk ditanam di media pot atau di tanah langsung.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan ~ Daun sirih merah adalah salah satu daun yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini tumbuh memanjat, tinggi 5-15 m, helaian daun berbentuk bulat telur.Bunga bentuk bulir di ujung cabang, panjang bulir 2,5-6 cm, biji membentuk lingkaran.

Manfaat daun siri merah untuk kesehatan diantaranya adalah untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.


Selain itu, masih banyak lagi manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Di bawah ini saya jelaskan 3 manfaat dari sekian banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan.

1. Mengatasi Keputihan

Daun sirih memiliki khasiat sebagai antiseptic, sehingga sangat berkhasiat untuk mengurangi atau mengobat keputihan pada vagina anda. Cara mengobat keputihan dengan daun sirih merah yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan.

2. Menghilangkan bau badan

Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil, airnya diminum.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut sangat mengganggu dan membuat anda tidak measa PD di depan orang lain. Nah, daun sirih sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut anda. Silakan anda ambil satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah, ditahan bebearapa menit dalam mulut lalu diludahkan.

Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

Nah itu adalah diantara manfaat daun sirih untuk kesehatan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang tidak bisa terungkap. Lalu bagaimana cara membudi dayakannya agar, pada saat butuh tidak perlu mencarinya jauh-jauh. Oke, agar tidak tanggung, langsung saya share juga nih cara budi daya sirih merah di bawah ini.

Cara Menanam Daun Sirih Merah
(!).Cara Stek
Cara menstek tanaman sirih merah atau tanaman sirih hijau seperti yang pernah saya praktekan
1.Sediakan media tanam stek berupa tanah, pasir, dan arang sekam padi, untuk membuat arang sekam padi silahkan baca Cara membuat arang sekam padi. Perbandingannya tanah, pasir dan arang sekam padi dengan perbandingan 3:1:3. Masukkan ke dalam pot berdiameter berdiameter 10 cm atau menggunakan bekas aqua gelas yang bagian bawahnya sudah dilubangi
2.Pilih batang sirih merah yang sudah tua dan potong kira – kira 3 – 4 ruas
3.Rendam potongan batang ini ke dalam air biasa kira-kira selama 30 menit lalu angkat.
4.tanam setek ke dalam media tanam yang sudah disiapkan tadi.
5.Letakkan setek yang sudah ditanam di pot di tempat teduh.

(!!). Cara Steck Air.
Cara ini paling mudah dan gampang. Cukup potong batang sirih sepanjang kira – kira 3 – 4 ruas, kemudian batangnya di rendam di air tetapi yang direndam cukup batangnya saja , jangan dengan daun sirihnya nanti malah busuk loh. Tunggu sampai batang yang terendam air keluar akar.

(!!!). Cara Runduk
Cara ini mungkin mirip dengan mencangkok Cuma beda cara saja... hehehe. Pilih batang sirih yang sudah panjang, kemudian cukup dirundukan ke tanah atau meletakan di tanah. Setelah beberapa minggu, akar akan tumbuh, dan batang sirih siap di potong untuk ditanam di media pot atau di tanah langsung.

1 Response to "Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan"

  1. info yang sangat bagus nih gan untuk di simak, terimakasih.

    BalasHapus