Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik Dengan Pot atau Polybag

Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik Dengan Pot atau Polybag ~ Cabe adalah hasil bumi dengan rasa pedas seperti membakar lidah namun disukai banyak orang. Hampir semua orang di dunia ini sudah merasakan rasa pedas cabe. Karena banyak permintaan terhadap cabe sedangkan produksi tidak mencukupi, mengakibatkan harga cabe tidak menentu. Kadang bisa melambung naik tidak terkendali, apalagi dipengaruhi dengan kenaikan harga BBM seperti sekarang ini.

Solusi terbaik agar kebutuhan akan cabe tetap terpenuhi adalah dengan cara berkebun cabe sendiri. Jangan khawatir karena tidak memiliki lahan tanah lapang yang luas, karena untuk menanam cabe tidak harus diarea tanah lapang yang luas. Anda bisa memanfaatkaan serambi rumah yang lebarnya tidak seberapa untuk berkebun cabe. Yang penting anda memiliki tempat untuk menaru polybag atau pot.

Menaman cabe rawit dengan media polybag atau pot. Ya, inilah yang akan menjadi solusi bagi anda untuk bisa berkebun cabe ditanah yang sempit. Bahan yang anda butuhkan hanya berupa polybag atau pot dan media tanam. Untuk menanam cabe tidak harus dengan menggunakan tanah, tapi juga bisa menggunakan sekam bakar.

Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik Dengan Pot atau Polybag


1. Siapkan Bibit Cabe Rawit Terbaik
Untuk memilih cabe rawit terbaik anda bisa melakukannya sendiri. Silakan anda belah secara memanjang cabe rawit yang sudah matang dan keluarkan bijinya ke baskom berisi air. Perhatikan, cabe rawit akan terpisah antara yang tenggelam dan mengapung. Nah, cabe rawit yang mengapung adalah cabe rawit yang tidak baik untuk bibit, untuk itu silakan langsung buang biji cabe rawit yang mengapung tersebut.

2. Siapkan Media Semai
Media semai bisa menggunakan kantong plastik dengan ukuran cukup besar dan diisi dengan tanah atau sekam bakar. Basahi media semai dengan air agar bisa memicu biji cabe menjadi kecambah secara cepat.

3. Semai Biji Cabe di Atas Media Semai
Setelah terpilih biji cabe rawit dengan kualitas bagus dan ada media semai, silakan langsung semai biji cabe rawit tersebut di atas media semai. Siram dengan sedikit air kemudian tutup dengan plastik agar aman dari gangguan hewan seperti ayam ataupun yang lain. Taruh media semai yang sudah disemai biji rawit di tempat yang lembab atau tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah satu minggu biasanya cabe rawit akan mulai mengeluarkan kecambah bahkan satu atau dua lembar daun. Setelah keluar daun maka silakan bawa media semai tersebut ke tempat yang bisa terkena sinar matahari langsung agar proses pertumbuhan bibit bisa cepat.

4. Siapkan Media Tanah Dengan Polybag atau Pot
Sambil menunggu bibit siap tanam, anda bisa menyiapkan media tanam yang bisa menggunakan polybag atau pot. Bahkan untuk bisa lebih menghemat pengeluaran anda bisa juga menggunakan kantong kresek bekas yang kemudian diisi dengan tanah atau sekam bakar.

5. Memindah Bibit ke Polybag atau Pot
Setelah bibit memiliki daun sejati (4 - 5 daun) silakan anda potong pucuk dari batang cabe tersebut untuk mempercepat proses cabe saat berbuah nantik. Kemudian cabut secara hati-hati dari media semai dan pindah ke media tanam.

6. Perawatan Tanaman Cabe Rawit
Setelah semua proses di atas selesai sekarang tinggal perawatan yang baik. Anda harus menjaga tanaman cabe tersebut dari gangguan binatang ternak seperti ayam dengan cara memagarnya dan juga menjaganya dari hama. Untuk perawatan saya anjurkan untuk menggunakan pupuk dan insektisida buatan atau organik.

Nah itulah panduan cara menanam cabe rawit hidroponik dengan pot atau polybag sekarang tinggal tunggu sampai semua cabe anda berbuah lebat. Dengan cara ini maka kebutuhan cabe akan terpenuhi tanpa harus membelinya di warung atau di pasar. Manfaatnya sangat banyak, selain kebutuhan cabe anda terpenuhi anda juga memiliki kegiatan positi dan sehat untuk berkebun di rumah sendiri.

2 Responses to "Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik Dengan Pot atau Polybag"

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus
  2. mantap gan... thanks gan sudah berbagi tips menanam cabenya...

    www.apartemenjogja.net

    BalasHapus