Belajar Internet Marketing Untuk Seorang Pemula

Belajar Internet Marketing Untuk Seorang Pemula ~ Internet marketing adalah pemasaran via internet. Mengenai hal ini pernah saya singgung juga dalam artikel saya sebelumnya pada Cara Memulai Bisnis Online Bagi Seorang Pemula. Internet marketing merupakan kunci sukses untuk mendapatkan gol dari apa yang menjadi target dalam melakukan bisnis online. Sangat penting bagi seorang netpreuners atau pengusaha internet untuk menugasai ilmu internet marketing.

Karena begitu pentingnya ilmu internet marketing bagi kesuksesan bisnis online maka ilmu ini kemudian menjadi sangat bernilai tinggi (sebenarnya inging menyebut mahal). Anda bisa membutktikan sendiri kalau ilmu internet marketing ini mahal, coba anda cari di internet tempat kursus internet marketing maka anda akan mendaptkan situs-situs yang mengklaim sanggup membimbing anda menjadi seorang internet marketer yang professional. Tapi coba anda lihat biaya kursus yang tertera. Luar biasa, bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya.

Karena mahalnya biaya kursus internet marketing tersebutlah kemudian saya memilih untuk belajar secara otodidak dengan memungut ilmu-ilmu internet marketing yang tercecer di rimba dunia maya. Karena itulah maka tak heran kalau sampai detik ini saya belum bisa menghasilkan uang puluhan juta atau ribuan dolar setiap bulan dari internet. Tapi saya tetap bersyukur karena dari hasil belajar internet marketing secara otodidak tersebutlah dapur masih bisa tetap ngebul. Hehehe......

Apakah anda juga sama seperti saya? Yaitu seorang pemula dibidang bisnis online yang ingin menguasai ilmu internet marketing tapi tidak ada budget untuk kursus di tempat-tempat berkelas dan mahal. Maka tidak ada salahnya kalau anda juga memuainya dengan belajar sendiri atau otodidak.

Oke, agar anda yang benar-benar masih pemula tidak terlalu bingung maka harus ada sedikit arahan untuk memulai belajar internet marketing. Apa yang saya lakukan sangat simpel saja.

Pertama lakukan riset
Misal anda akan menjual pakaian muslim via internet maka yang pertama anda harus lakukan adalah dengan cara melakukan riset siapa saja yang sudah di internet yang menjual produk yang sama. Hal ini sangat penting untuk mengetahui seberapa kuat saingan anda. Anda harus membuat daftar 10 website teratas (yang muncul di halaman pertama google) yang menjual produk yang sama dengan yang anda jual. Analisa page rank, alexa rank, backlink serta keyword populer dar website-website tersebut.
Dari data yang terkumpul yang paling penting untuk menjadi bahan perhatian adalah keyword yang didapatkan. Buatlah website anda dengan menembak keyword-keyword tersebut. Namun tentu tidak dengan keyword yang sama persis, karena saya yakin anda akan kalah bersaing. Untuk itu anda perlu melakukan riset kembali dengan keyword-keyword berkaitan dengan menggunakan Keyword Planner dari Google. Dari sini anda akan mendapatkan informasi detai tentang jumlah pencari dari keyword yang anda riset dan jumlah pesaing (hinght/medium/low). Saya sarankan agar anda menembak keyword dengan jumlah kompetitor medium atau low saja.

Kedua Link Building atau Membangun Link
Anggap saja anda sudah memiliki blog atau website dengan menembak keyword yang sudah ada kumpulkan dari hasil riste di atas. Maka langkah selanjutnya adalah membangun link. Link yang baik adalah link yang searah, yaitu link yang hanya mengarah pada blog atau website anda tanpa ada timbal balik link dari web atau blog anda. Namun ini akan sedikit sulit kecuali anda mau menyisihkan sedikit budget untuk membeli space iklan di web atau blog orang lain. Untuk membangun link atau link building bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah :
1.      Berkomentar di blog orang lain
Silakan berkunjung ke blog orang lain berkomentar secara baik dan relevan dan tinggalkan link. Kegiatan ini sering disebut dengan blogwalking.
2.      Forum Signature
Silakan gabugn di berbagai forum dan aktif di dalamnya. Jadikan URL web atau blog anda sebagai signature.
3.      Email Signature
Kalau anda sering melakukan aktifitas berkirim pesan via email maka ini juga bisa menjadi media membangun link, yaitu dengan menjadikan URL web atau blog anda seabgai signature email anda.
4.      Sebar Link di Sosial Media
Ada facebook, twitter, pinterest, reddit, instagram dan masih banyak lagi. Sebar link-link blog anda di media sosial tersebut.
5.      Sebar Link di Iklan Baris
Yang paling mudah dilakukan adalah degan menyebar link di iklan baris. Selain gratis juga bisa dilakukan secara massal.
6.      Sebar Link di Sosial Bookmark
Sosial bookmark seperti lintas.me, populerkan,infogue dan masih banyak lagi memang disediakan khusus untuk para blogger mengirim link artikelnya di website sosial bookmark tersebut. Di sini ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan, yaitu pemilik situs akan terisisi situsnya dengan link dan deskripsi singkat dari artikel yang disubmit, sedangkan pemilik blog juga akan mendapatkan traffic dan backlink.

Ilmu internet marketing sebenarnya sangat luas dan komplek. Jadi sangat tidak mungkin untuk dibahas habis dalam satu halaman blog saja. Maka di berbagai tempat kursus internet marketing kemudian dibuat perkelas dan materinya dibagi-bagi dalam tingkatan waktu. Misal minggu pertama pengenalan internet marketing, minggu kedua belajar riset dan seterusnya. Maka saran saya untuk para pemula seperti saya jangan pernah berhenti untuk belajar ilmu internet marketing. Belajar sendiri dan mempraktikkan sendiri dengan melakukan trial and error akan lebih berkesan bagi anda. Selamat belajar dan semoga sukses.

0 Response to "Belajar Internet Marketing Untuk Seorang Pemula"

Posting Komentar