5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Kredit Bank

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Kredit Bank ~ Bagaimana cara mendapatkan modal usaha adalah salah satu kata kunci yang sering ditayankan oleh manusia, baik kepada mbah google maupun kepada "mbah dukun".  Modal merupakan faktor penting untuk memulai susatu usaha. Meskipun banyak para motivator yang mengatakan bahwa modal usaha tidak harus berbentuk uang, tapi uang tetaplah uang, barang ini selalu menjadi kebutuhan utama dan menjadi bahasan pokok ketika akan memulai sebuah usaha.

Solusi pertama untuk mendapatkan modal usaha biasanya adalah dengan mengajukan kredit bank. Tentunya denggan membawa sesuatu yang bisa digunakan untuk jaminan dan kesiapan membayar angsuran  setiap bulan. Lalu bagaimana kalau saya tidak mau kredit bank dengan berbagai alasan?

cara mendapatkan modal usaha


5 cara mendapatkan modal usaha tanpa kredit bank


Cara mendapatkan modal usaha tanpa kredit bank sangat banyak dan variatif. Hal ini dikembalikan dengan kondisi ekonomi anda. Nah, solusi apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha tanpa kredit bank. Berikut ulasannya.

Mendapatkan modal usaha paling aman dengan cara menabung

Menyisikan penghasilan atau gaji setiap bulan untuk kebutuhan investasi masa depan adalah cara paling aman untuk mendapatkan modal usaha. Degan cara ini anda tidak akan dibuat pusing dengan tagihan wajib setiap bulan dan juga tidak pusing degan jaminan atau agunan. Semua aset tetap ataupun aset bergerak anda aman tanpa ada kekhawatiran akan disita oleh pihak bank karena kredit macet. Misalnya:
  • Anda mendapapatkan gaji perbulan adalah Rp 5.000.000
  • Modal yang butuhkan adalah sejumlah Rp 50.000.000
  • Silakan coba untuk menyisihkan Rp 2.000.000 per bulannya
Jika cara di atas dilakukan secar rutin maka dalam kurun waktu 25 bulan anda sudah bisa mendapatkan modal untuk usaha anda. Selama modal belum terkumpul maka anda harus hidup prihatin, serba hemat dan batasi keinginan anda. Nah bagaimana dengan yang gajinya cuma dalam angka ratusan ribu, misal cuma 300.000/ bulan. Huh.... cape, saya sendiri juga demikian. Hehehe......

Menjual aset yang jarang atau tidak terpakai untuk modal usaha

Anda mungkin memilii barang-barang berharga yang sudah jarang dipakai atau bahkan sudah bosan memakainya tapi masih memiliki harga jual. Nah daripada nganggur, kotor dan bahkan berkarat lebih baik dijual untuk modal usaha. Misal anda memiliki :
  • motor
  • televisi
  • gadget (handphone, laptop, dan kamera) seri lama
  • mesin cuci
  • baju, tas, sepatu jarang dipakai.
  • dan aset lainnya

Kalau anda masih sayang dengan barang anda, simpan dulu di pegadaian

Wah kalau barang saya dijual, nanti kalau saya butuh lagi bagaimana. Apalagi saya hanya punya barang satu-satunya. Oke, kalau anda tidak rela menjual aset-aset anda tapi butuh modal untuk usaha, anda bisa menyimpan sementara aset-aset anda di pegadaian. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan modal usaha dan barang anda tetap aman dan terawat. Ingat kan slogan dari pegadaian "Memecahkn Masalah Tanpa Masalah". Hehehe.......

Mendapatkan modal hanya dengan laptop dan internet

Inilah ide mendapatkan usaha yang sangat unik dan tidak biasanya. Hanya dengan bermodal laptop dan koneksi internet, anda bisa mengumpulkan modal usaha. Lho kok bisa? Di internet ada situs yang namanya crowdfunding, yaitu situs yang memberikan peluang bagi penggunanya untuk mendapatkan modal usaha dengn sistem sponsorship. Yang perlu anda lakukan hanya mempublikasikan proyek usaha anda secara apik pada situs crodfunding, maka ketika pengguna internet membaca proyek anda dan tertarik, mereka akan mendaftar sebagai sponsorship usaha anda. Kemudian anda akan amemberikan reward kepada mereka dalam berbagai bentuk. Untul lebih jelasnya tentang situs crowdfunding ini silakan anda mencoba situs crowdfunding yang ada di Indonesia seperti  Crowdtivate, KitaBisa, dan Wujudkan. Namun cara ini tidak bisa dijadikan andalan utama untuk mendapatkan modal usaha, karena besaran modal yang akan anda dapatkan mungkin tidak akan sesuai harapan dan akan berjalan lama. Jadi, jadikan cara ini sebagai cara untuk mencari modal tambahan saja. Selain itu sering-seringlah anda mempublikasikan link proyek usaha anda di berbagai media agar lebih mempercepat anda mendapatkan modal usaha yang anda inginkan.

Mendapatkan pinjaman lunak dari sahabat 

Jika anda memiliki teman atau sahabat dengan kekuatan ekonomi di atas anda, maka anda bisa mengajukan pinjaman lunak kepada mereka. Seorang teman atau sahabat biasanya akan meminjamkan modal dengan sukarela tanpa ada bunga dan tanpa ada tekanan. Jadi, anda tidak terlalu pusing dalam proses pengembaliannya. Tapi tentu saja anda harus tetap bisa dipercaya, buat usaha anda secara serius dan pastikan adan akan mengembalikan modal yang anda pinjam. Jangan sampai anda dipanggil ke kantor polisi dengan tuduhan menggelapkan uang. Hehehe.....

Demikian cara mendapatkan modal usaha tanpa kredit bank yang bisa saya share untuk anda hari ini. Intinya silakan kreati dalam menggalang dana untuk usaha anda, kalau bisa mulailah usaha dengan modal dengkul. Banyak para pakar bisnis yang mengatakan bahwa modal usah tidak selalu dalam bentuk uang. Coba gali kelebihan yang anda miliki yang bisa dijadikan seabagai modal awal untuk usaha anda. Semoga sukses.

0 Response to "5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Kredit Bank"

Posting Komentar