-->

Panduan Menghasilkan Uang Dari Upload Video di Youtube

Panduan Menghasilkan Uang Dari Upload Video di Youtube ~ Menghasilkan uang dari internet kian diminati oleh para netter. Hal ini karena selain bisa menyalurkan hobi, seperti hobi menulis, hobi mengolah video, menggolah foto api, dan hobi-hobi lainnya juga bisa menghasilkan uang. Mereka para kreatif mengatakan, mengubah hobi menjadi hoki.

Menghasilkan uang dari internet ada banyak caranya. Tidak hanya itu istilah-itilah yang digunakan cukup beragam, mulai dari istilah ilmiah sampai dengan istilah nyeleneh yang berbau klenik. Seperti contoh tuyul online, ngepet online, pesugihan online dan lainnya. Tapi tentu saja, istilah klenik tersebut buka dalam arti sebenarnya yang selama ini difahami oleh kebanyakan orang, istilah tersebut digunakan hanya untuk terkesan unik, nyentrik dan mungkin bikin sensasi kali ya. Hehehe.....

Apapun istilah yang digunakan, intinya adalah sama yaitu menghasilkan uang dengan media online atau internet. Sama halnya dengan cara menghasilkan secara ofline, di dunia online juga ada cara halal dan cara haram. Misal yang dimaksud dengan cara haram adalah dengan membuat situs penipuan, jual beli bohongan dan semua yang bersifat merugikan orang lain.

Nah, tentu saja anda tidak ingin mengambil jalan haram tersebut. Untuk itu saya informasikan salah satu cara halal menghasilkan uang dari internet yaitu dengan upload video dari youtube atau menjadi youtuber.

Emang upload video di youtube bisa menghasilkan uang? Bisa!!! Namun tidak semua tahu dan bisa. Sama halnya dengan kerjaan lainnya yang bersifat ofline, menjadi youtuber yang professional juga membutuhkan ketekunan, keterampilan dan jiwa kreatif. Paling tidak kreatif dalam mengambil video-video unik dan mengedit video menjadi lebih unik.


Oke, mari kita langsung aja ke pembahasa bagaiman acara menghasilkan uang dari youtube. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun google. Kok google? Karena youtube merupakan bagian dari google dan sudah terintegrasi dengan semua produk google. Saat ini google menerapkan sistem satu akun untuk semua produk google. Jadi, ketika anda membuat gmail itu artinya anda sudah bisa mengakses semua produk google termasuk youtube. Bagi anda yang belum memiliki akun google silakan baca cara membuat email dengan gmail.

Setelah anda membuat atau memiliki akun google silakan anda masuk ke www.yotube.com. Selanjutnya silakan baca terus sampai tuntas.

1. Membuat saluran dan url khusus

Jika sudah membuat url khusus untuk saluran Anda, Anda bisa melewati langkah ini. Jika belum, buatlah alamat url khusus, sebagai alamat saluran Anda. Ini untuk memudahkan langkah berikutnya. Caranya:
  • Klik foto profil pada pojok kanan atas halaman. Kemudian klik Setelan Youtube.
panduan menjadi mitra youtube
  • Anda akan masuk ke halaman Setelan Youtube. Pada bagian Ikhtisar, jika Anda pernah membuat url khusus, maka akan tampil seperti ini:
cara mendapatkan uang dari youtube
  • Klik Lanjutan di bawah alamat email. Nanti Anda akan dibawa ke halaman Setelan saluran, dengan alamat saluran yang tampak seperti ini: http://www.youtube.com/channel/UCw-YGm9gtQ12I5NTlZOIrfw. Anda perhatikan alamat saluran Anda sederetan kode panjang yang susah dibaca. Maka dari Anda perlu merubahnya. Klik link Buat URL khusus pada ujung alamat panjang diatas. Akan akan mendapat form di bawah ini:
membuat saluran khusus youtube
  • Ketik nama saluran Anda sesuai keinginan. Nama hanya boleh berupa huruf dan angka, tidak boleh ada spasi. Jika sudah, maka alamat saluran Anda menjadi lebih ringkas, contohnya seperti: http://www.youtube.com/user/naldojhon. Lebih bagus daripada alamat panjang seperti di atas bukan?
Perlu diingat, dengan satu akun Google, Anda dapat membuat banyak saluran khusus di Youtube. Misalkan Anda membuat satu saluran untuk kategori berita, satunya lagi untuk musik dan lain-lain. Terserah Anda. Untuk setiap saluran, Anda kemudian bisa membuat alamat url khususnya masing-masing. Caranya sama seperti langkah-langkah diatas.
Adapun cara membuat saluran baru, pada halaman Ikhtisar, pada bagian Fitur tambahan, klik Buat saluran baru. Anda akan mendapat form seperti ini:
cara mencari uang dari Youtube.
Beri nama sesuai keinginan Anda, pilih kategori yang sesuai dengan video yang akan upload nantinya. Ada beberapa pilihan:
  • Produk atau Merk
  • Perusahaan, Lembaga, atau Organisasi
  • Seni, Hiburan, Olahraga
  • Lainnya
Tentukan batasan usia untuk konten bersangkutan, Semua pengguna, 18 tahun keatas, 21 tahun keatas, atau konten Terkait alkohol. Centang setuju Persyaratan Laman, lalu klik Selesai.
Saran saya, jika video Anda memiliki konten dengan kategori berbeda, baik dari segi jenis konten, maupun dari segi batasan usia, sebaiknya Anda membuat saluran baru. Jangan dicampur aduk jadi satu. Ini akan membuat saluran Anda mendapat performa lebih baik.
Untuk berpindah antar saluran, tinggal klik foto profil, klik Alihkan akun, dan pilih saluran mana yang ingin Anda aktifkan. Atau Anda bisa klik Semua saluran saya, untuk menampilkan semua saluran yang Anda miliki.

2. Mengaktifkan monetisasi saluran

Oke, sekarang Anda telah memiliki saluran dan sudah diberi alamat url khusus yang lebih ringkas. Saya anggap Anda sudah mengupload satu dua video ke saluran Anda. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan setelah monetisasi pada saluran Anda, yaitu dengan kata lain kita mengijinkan Google untuk menampilkan iklan di video yang kita miliki.
  • Masuklah ke halaman Dasbor >> Setelan saluran >> Fitur, atau klik link ini.
mengaktifkan setelan monetisasi saluran youtube
  • Klik Aktifkan Akun Saya. Nanti terbuka halaman Perjanjian yang cukup panjang (baca semua silakan, tidak juga tidak apa-apa, hehehe…). Centang saja semua, tanda Anda setuju, kemudian klik tombol Saya setuju. Setelah itu muncul pilihan format iklan yang akan ditampilkan.
pilihan format iklan youtube
  • Disini, Anda menentukan jenis iklan apa yang akan tampil nanti. Iklan hamparan dalam video adalah berupa iklan memanjang yang akan tampil di bagian bawah video Anda, yang apabila diklik maka Anda akan mendapatkan bayaran. Sedangkan pilihan Iklan True-view dalam aliran, adalah video iklan yang akan diputar otomatis sebelum video Anda ditonton. Anda boleh memilih salah satu, bisa juga memilih dua-duanya. Jika sudah klik tombol Monetisasi. Nah, sekarang saluran Anda sudah diaktifkan untuk dimonetisasi dan Anda sekarang sudah menjadi Mitra Youtube.
  • Pilihan jenis iklan ini, dapat Anda sesuaikan atau rubah kemudian. Pastikan Anda memonitor performa penghasilan sampai Anda menemukan jenis iklan yang paling cocok dengan video Anda sendiri.Biasanya iklan berupa tutorial, produk, perusahaan lebih cocok menggunakan jenis Hamparan, sedangkan video hiburan lebih cocok menggunakan video jenis True-view. Ini terkait dengan perilaku penonton yang berbeda dari jenis video masing-masing.
Sampai disini, jika Anda sebelumnya sudah memiliki beberapa video, maka otomatis video tersebut akan dimonetisasi, setelah direview dalam waktu singkat, maka berarti Anda sudah mulai mengumpulkan pundi-pundi penghasilan dari Youtube.
Selain itu Anda juga dapat memilih sendiri video mana saja yang ingin dimonetisasi.
Masuklah ke halaman Pengelola video >> Upload. Centang video mana yang ingin dimonetisasi, klik Tindakan terus pilih monetisasi. Atau bisa juga langsung klik logo $ kecil di sebelah kanan video yang bersangkutan.
memonetisasi video di youtube
Tanda bahwa suatu video telah disetujui untuk dimonetisasi adalah logo $ berubah menjadi warna hijau seperti tampak pada gambar diatas.

3. Menerima pembayaran

Jika semua tahapan diatas telah Anda lakukan, maka Anda langsung mengumpulkan penghasilan. Dan saatnya sekarang Anda menerima pembayaran.
Perlu diketahui, untuk menerima pembayaran penghasilan dari Youtube, Anda memerlukan akun Adsense yang dikaitkan dengan akun Youtube. Jadi, Anda harus membuat akun Adsense pada satu titik tertentu.
Google tidak akan menyuruh Anda segera membuat sebuah akun Adsense, kecuali perolehan pendapatan Anda telah mendekati ambang batas pembayaran, yaitu sebesar $100. Meskipun Anda belum memiliki akun Adsense, pendapatan Anda terus akan dihitung dan disimpan.
Selama Anda belum mengaitkan akun Adsense, maka laporan penghasilan belum lah muncul pada halaman Analytics. Jadi, sebagai penyemangat Anda bisa segera membuat sebuah akun Adsense kemudian ditautkan dengan akun Yotube Anda.
Penjelasan bagaimana cara mendapatkan akun Adsense, bisa Anda baca di halaman Support Google. Namun, ada baiknya saya jelaskan juga disini.
  • Masuklah kembali ke halaman Setelan Saluran seperti pada langkah kedua diatas. Anda perhatikan, setelah mengaktifkan monetisasi saluran, maka pada halaman Setelan Saluran  muncul sub menu baru yaitu Monetisasi.
menerima pembayaran dari youtube
  • Pada bagian Bagaimana saya akan dibayar, klik link mengaitkan akun Adsens (lihat gambar diatas). Anda akan dibawa ke halaman pemberitahuan bahwa Anda akan mengaitkan akun Adsense, klik tombol Berikutnya.
  • Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman Google Adsense. Jika ingin menggunakan alamat email sama dengan yang digunakan untuk Youtube, klik tombol Ya, gunakan [alamat email Anda].
cara mendapatkan uang dari Youtube
  • Anda masuk ke langkah kedua. Disini cuma konfirmasi untuk memastikan alamat saluran Youtube Anda. Klik Lanjutkan.
konfirmasi konten video yang ingin dimonetisasi
  • Masuk ke langkah ketiga. Lengkapi semua formulir dengan benar dan lengkap. Teliti sekali lagi sebelum menekan tombol Kirim permohonan saya.
cara menghasilkan dolar dari video youtube
Setelah ini, Anda akan kembali dialihkan ke Youtube. Tunggu beberapa waktu, maka Anda sudah memiliki akun Adsense yang terkait ke saluran Youtube Anda. Selesai. Sekarang Anda bisa melihat penghasilan dari hari ke hari.

Apakah tugas sudah selesai dan saya akan mendapatkan uang dari Youtube?

Hmm… sampai disini Anda baru memulai. Tugas selanjutnya (ini yang terberat) adalah bagaimana membuat video Anda menjadi populer, ditonton sebanyak-banyaknya orang. Semakin banyak ditonton orang, maka peluang pendapatan Anda akan semakin besar.
Sayangnya tidak ada rumus jitu bagaimana membuat video kita terkenal dan populer. Namun, demikian, setidaknya kita tahu beberapa hal yang membuat video kita dicari, ditonton dan disukai orang.
Inilah 3 tips dasar yang dapat membantu Anda:

1. Buatlah sesuatu yang unik

Original, asli, lain dari yang lain. Anda tidak akan menjadi ‘bintang’ yang menghasilkan banyak uang dari Youtube dengan cara menyalin dan meniru konten orang lain. Mungkin saja Anda mendapatkan lonjakan penghasilan dengan mengikuti tren sesaat yang sedang booming, tapi ingat itu hanya sesaat. Tidak lama. Dalam waktu panjang itu tidak akan berhasil.

2. Buatlah 10 – 15 detik awal video semenarik mungkin

Inilah waktu krusial, apakah orang akan meneruskan menonton ataukah berhenti sampai disitu lalu membuka video lainnya. Buatlah orang bertahan untuk menonton video Anda sampai selesai.

3. Sediakan video baru secara teratur

Ini target yang mesti Anda capai. Semakin banyak yang berlangganan saluran Anda, semakin besar peluang mendapatkan hasil yang besar dari Youtube.
Untuk menarik minat pelanggan, Anda harus memiliki konten baru secara teratur. Memiliki 5 video, rasanya sangat berat bisa menghasilkan uang dari Youtube dalam jumlah yang lumayan. Teruslah berkreasi, buat video yang bermanfaat, menarik untuk dibagikan, dan suguhkan kepada pelanggan Anda!

Panduan step by step menghasilkan uang dari youtube saya kutip dari www.portal-uang.com, namuns aya sendiri juga sudah mempraktikkannya dan terbukti menghasilkan. Jadi saya menulis ini bukan asal tulis melainkan karena saya sendiri sudah merasakan nikmatnya menghasilkan uang dari youtube. Tapi tentu saja tidak banyak seperti para master, saya hanya baru bisa menghasilkan sedikit dolar untuk membantu menyambung hidup. Hehehe....