-->

Mesin Pembuat Tusuk Sate, Dari Tradisional ke Modern

Mesin Pembuat Tusuk Sate, Dari Tradisional ke Modern ~ Sungguh ternyata saya adalah orang yang memiliki wawasan sangat sempit. Dimana orang sudah berpikiran maju dan modern ternyata saya masih berpikir jadul dan terbelakang. Betapa tidak, ketika seorang teman mengatakan ada mesin pembuat tusuk sate modern, saya sangat terperangah seolah tidak percaya. Apa iya, ada teknologi modern yang secara khusus untuk menangani alat dari makanan tradisional ini.



Untuk mengobat rasa penasaran saya terhadap mesin pembuat tusuk sate modern ini, lalu saya browsing di internet. Dan ternyata benar ada mesin pembuat tusuk sate yang sudah menggunakan teknologi modern ini. Hehehe..... saya pikir membuat tusuk sate masih menggunakan cara tradisional, yaitu bambu dibelah dan diserut menggunakan pisau dan tangan-tangan terampil orang-orang tua. Itu adalah pemikiran saya. Wahduh..... katro banget ya saya. Hehehe....

Gambar mesin pembuat tusuk sate
Nah gambar di atas adalah mesin untuk meruncingkan bambu agar menjadi tusuk sate. Terus terang saja di kota saya memang belum pernah saya lihat mesin seperti itu, mungkin karena mamang tidak ada mesin sepeti itu di kota saya. Maka tak heran, kalau saya berpikrian bahwa mesin tusuk sate modern tidak pernah ada di dunia ini.

Ternyata makanan kuliner asli Indonesia yaitu sate sudah menginspirasi para pembuat teknologi untuk membuat teknologi tepat guna yaitu mesin peruncing bambu untuk tusuk sate. Saya kira makanan tradisional ya semuanya dikerjakan secara tradisional dan manual, ternyata tidak. Hehehe.....