-->

Tips Sukses Berdasarkan Al-Quran Tausiyah Kyai Muda Slamet Nur Santosa



Tips Sukses Berdasarkan Al-Quran Tausiyah Kyai Muda Slamet Nur Santosa ~ Alloh benar-benar sedang memberikan semangat baru ke dalam kehidupan saya. Setelah saya menulis tentang Pantang Menyerah Ada Kemudahan Setelah Kesulitan. Sebenarnya pada tulisan tersebut hanya berupa curhatan yang disertai kalimat-kalimat motivasi yang ditujukan untuk diri saya sendiri. Setelah itu saya pergi mengikuti pengajian dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid kampung sebelah.

Subhanalloh, materi yang disampaikan oleh beliau Kyai Muda Slamet Nur Santosa dari Lakbok Jawa Barat sungguh-sunggu semakin menguatkan hati saya. Mungkin kalau tausiyah tersebut diberi judul layaknya sebuah tulisan blog maka judulnya adalah Tips Sukses Berdasarkan Al-Quran.

Ya, beliu menyampaikan jika manusia ingin bahagia, ingin selamat, ingin sehat (ingin sukses) maka harus melaksanakan tiga perkara. Tiga perkara tersebut bersumber dari Al Quran Surat Fatir Ayat 29 yang artinya :
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anuge- rahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,"

Mengambil dari ayat di atas, beliau menyampaikan jika manusia ingin bahagia, sehat, dan selamat (ingin sukses) harus menjalankan 3 perkara, yaitu :
1. Membaca Al-Quran
2. Mendirikan Sholat
3. Meberikan shodaqoh

Yang unik dari penyampaiannya adalah selain diselingi dengan lagu-lagu dangdut dengan suara yang tidak kalah merdunya denga penyanyi-penyanyi dangdut yang biasa tampil di televisi, juga tidak menekankan atau memaksakan orang untuk berbuat yang terbaik melebihi batas kemampuannya.

Beliau mencontohkan, amalan yang pertama adalah harus membaca al-quran, lalu bagaimana dengan yang belum atau bahkan tidak bisa membaca al-quran. Maka dia memberikan solusi, silakan buka alquran, lihat huruf demi huruf, baris demi baris atau ayat demi ayat dari atas sampai bawah pada setiap halamannya, kemudian silakan tutup dan ciumlah alquran dengan meniatkan dalam hati untuk membaca al-quran. Dengan cara demikian, maka orang tersebut sudah dinilai membaca alquran dengan penuh kecintaan terhadapnya.

Masih banyak lagi penjelasan yang ringan tapi sangat megena yang disampiakan beliau dari ketiga perkara di atas. Kalau ditulis semua, mungkin saya bisa tidak tidur sampai pagi. Hehehe.....

Nah, kaitannya dengan tulisan saya sebelumnya tentang pantang menyerah, ada kemudahan setelah kesulitan adalah tulisan tersebut adalah pembangkit semangat hidup saya atau sebagai motivator saya, sedangkan tulisan kali ini yang terinspirasi dari isi ceramah Kyai Muda Slamet Nur Santosa adalah sebagai jalan keluar dari kesulitan yang sedang saya hadapi.

Insya Alloh dengan membaca Bismillahirrohmaanirrohiim dengan memohon kekuatan adn pertolongan dari Alloh SWT, saya akan melaksanakan ketiga amalan tersebut. Tentu akan saya mulai dari yang ringan-ringan dulu. Misal, kalau selama ini saya hanya menjalankan sholat wajib, maka akan saya tambah dengan sholat-sholat sunat, membaca al-quran akan semakin intens dengan memahami maknanya, dan berusaha bershodkoh sekecil apapun. Semoga Alloh meridloi dan memberikan jalan keluar terbaik dari kesulitan yang sedang saya hadapi.