-->

Jangan Menyerah, Ada Kemudahan Setelah Kesulitan

Jangan Menyerah, Ada Kemudahan Setelah Kesulitan ~Memang jalan kehidupan tidak selamanya datar, atau tidak selamanya menanjak. Terkadang menurun dan berkelok. Justru di situlah letak indahnya kehidupan. Susah dan senang, sedih dan bahagian, kaya dan miskin, sulit dan mudah adalah beberapa hal yang selalu berpasangan dan pasti akan datang secara bergantian.

Hari ini bagia, bisa saja nanti atau esok sedih atau sekarang ini mengalami kemudahan nanti atau esok mengalami kesulitan atau sebaliknya. Begitu juga apa yang terjadi pada saya saat ini. Kesulitan sepertinya sedang menjadi bukti bahwa Alloh SWT sedang memperhatikan saya. Bayangkan kalau saya selalu diberi kemudahan mungkin sedikit demi sedikit lama kelamaan saya akan lupa kepada siapa yang memberikan segala kemudahan. Nah, Alloh sepertinya tidak ingin itu terjadi pada diri saya. Kemudian dia menurunkan sedikit kesulitan untuk saya.

Ya, meskipun saya sadar sepenuhnya akan hal tersebut, tapi terkadang suka bete juga karena kesulitan itu tidak beranjang juga dari kehidupan saya. Hutang sudah menumpuk, sedangkan income terus menurun bahkan bisnis online yang menjadi andalan seperti sedang mati suri. Kebutuhan hidup terus menuntut saya untuk memenuhinya entah walaupun entah darimana saya harus memenuhinya.

Kesulitan hidup yang sedang saya alami ini membawa saya untuk kembali mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Selain kembali memperbanyak sholat sunat Al-Quran juga kembali saya buka dan baca. Kemudian sayapun teringat dengan salah satu ayat dalam Al-quran yaitu Q.S. Alam Nasyroh Ayat 5 yang artinya "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"

Ayat inilah yang membangkitkan kembali semangat hidup saya. Saya lebih optimis bahwa kesulitan ini tidak akan lama, setelah kesulitan itu berlalu saya yakin bahwa Alloh akan memberikan banyak kemudahan. Yang perlu saya lakukan hanyalah terusha berusaha dengan sungguh-sunggu. Itu juga yang dipesankan Alloh SWT dalam ayat berikutnya Q.S. Alam Nasyroh ayat  7 yang artinya "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain"

Saya memahami ayat tersebut bahwa setelah selesai satu pekerjaan maka segera kerjakan yang lain dan lakukan dengan sungguh-sungguh. Itu juga memberikan pesan bahwa sebagai manusia jangan mudah puas degan apa yang sudah dihasilkan saat ini. Apabila sudah mendapatkan hasil yang baik dari satu pekerjaan, maka berusahalah untuk mendapatkan kebaikan lain dari pekerjaan yang lainnya.

Itu juga yang menjadi kesalahan saya. Selam ini saya sudah merasa cukup puas dengan penghasilan internet dari satu bisnis saja. Sedangkan sebenarnya masih banyak jenis binis online yang bisa menghasilkan uang. Oke, bisnis affiliasi memang sangat menggiurkan dan mudah dikerjakan, tapi apa salahnya kalau saya mencoba bisnis online lainnya.

Yang menjadi pilihan saya saat ini adalah fokus di Google Adsense. Namun sayang untuk mendapatkan uang dari bisnis PPC memang harus membangun blog yang berkualitas dan memiliki traffic tinggi. Tentu itu adalah hal yang sangat berat diawal membangun blog, apalagi bagi blogger pemula seperti saya. Tapi saya yakin, segala kesulitan yagn saya alami asat ini untuk membangun blog untuk google adsense pada ahkirnya nanti akan berbuah manis.

Jangan menyerah, ada kemudahan setelah kesulitan. Kalimat inilah yang menjadi motivasi diri saya sendiri untuk terus berusaha keluar dari kesulitan ini. Kepada para pembaca, saya hendak mohon doanya,semoga saya benar-benar diberikan kesabaran dan kemudahan dalam berupaya keluar dari segala macam kesulitan ini. Terima kasih atas doanya. Mohon maaf, kalau tulisan ini hanya berisi curahatan belaka. Kalau tidak ada hal yang bisa dipetik sebagai manfaat, tentu kesan dan pesan anda di sini akan memberikan manfaat besar untuk diri saya.