-->

Penyebab Traffic Blog Turun Drastis Karena Rich Snipet Bintang

Penyebab Traffic Blog Turun Drastis Karena Rich Snipet Bintang ~ Akhir-akhir ini banyak sekali blogger yang mengalami penurunan traffic blog secara drastis. Banyak para ahli yang megatakan bahwa hal tersebut disebabkan update algoritma google, duplicat content, backlink yang tidak berkualitas dan lain sebagainya. Hal tersebut mungkin memang dari bagian yang menyebabkan traffic blog menurun drastis, tapi ada hal yang saya alami dan sebelumnya tidak pernah saya duga akan berakibat pada turunnya traffic blog.

Penyebab Traffic Blog Turun Drastis

Memasang rich snipet bintang bisa menyebabkan turunnya traffic blog. Sebelum saya menceritakan pengalaman saya, mungkin ada sebagian dari anda para blogger pemula yang tidak tahu apa rich snipet. Saya sendiri, tidak tahu persis pengertian dari rich snipet bintang. Tapi yang saya tahu, rich snipet bintang adalah yang membuat hasil pencarian di mesin pencari memiliki tanda bintang seperti gambar di bawah ini.
penyebab traffic blog turun drastis
Keputusan saya untuk memasang rich snipet bintang tidak lepas dari hasl penelurusan saya tentang tips dan trik SEO. Banyak yang menyarankan dengan memasang rich snipet akan meningkatkan traffic blog dari mesin pencari google. Hal ini karena hasil pencarian yang muncul dengan tanda bintang akan terlihat lebih menarik. Tapi, apakah betul hal tersebut memberi efek positif seperti yang diharapkan.

Rich snipet bintang menyebabkan traffic blog turun drastis ini hanya pengalaman pribadi saya saja. Saya yakin setiap blogger memiliki pengalaman berbeda. Tapi ketika saya memasang rich snipet bintang pada dua blog yang saya miliki justru terjadi sebaliknya. Traffic blog saya turun drastis, sampai kehilangan 50% dari traffic sebelum memasang rich snipet.

Sebagai blogger pemula maka hal yang lakukan tentu adalah kembali bertanya kepada mbah google, mengapa blog saya trafficnya turun drastis setelah memasang rich snipet. Dan jawaban didapat, ada yang share bahwa rich snipet akan menyebabkan google enggan merayapi halaman blog yang dipasangi rich snipet tersebut.

Setela saya pikir-pikir, ada benarnya juga kali ya. Masalahnya ketika saya browsing di google, jarang sekali menemukan halaman blog yang ada rich snipet bintangnya. Rata-rata yang tampil di halaman pertama pencarian google dengan tampilan biasa saja yang hanya terdiri dari Judul, URL dan Deskripsi. Kalaupun saya menemukan halaman blog dengan rich snipet bintang, itu dengan tingkat pesaing yang rendah.

Upaya Mengembalikan Traffic Blog Yang Sudah Turun

Oke, jawaban saya dapat dan saya memutuskan untuk kembali membuang rich snipet bintang dari blog saya. Kemudian, saya ping blog dengan menggunakan google ping, selain itu juga saya lakukan kembali Fatch as Google (Ambil Sebagai Google) pada webmaster google dengan memasukan URL Home dan URL Feed blog saya. Saya tunggu efeknya sambil tetap mengisi blog dengan artkel sebisa saya.

Hasil dari upaya mengembalikan traffic blog

Setelah 1 x 24 jam dari pencopotan rich snipet bintang tersebut, alhamdulillah traffic blog saya kembali merangkak naik. 

Nah itulah pengalaman saya yang memasang rich snipet bintang menyebabkan traffic blog turun drastis mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami hal yang sama. Mungkin anda baru saja memasang rich snipet atau anda menggunakan templet yang menggunakan rich snipet dan traffic blog anda sulit sekali naik, silakan coba untuk membuat rich snipet tersebut.