Cara Merawat Kamera Digital SLR Agar Awet

Cara Merawat Kamera Digital SLR Agar Awet ~ Kamera digitan SLR atau biasa disingkat kamera DSLR yang merupakan penjangan dari Digital Single Lens Refleks adalah salah satu jenis kamera yang kini banyak digunakan baik oleh para profesional maupun pribadi. Namun bagi orang awam sangat jarang yang peduli dengan perawatan kamera digital agar awet.

Nah melalui artikel ini saya ingin share tips bagaimana merawat kamera digital SLR agar awet. Tips ini dikutip langsung dari penjual kamera digital online yaitu Lazada.

4 Tips Penting Merawat Kamera Digital

Baca Juga : Kamera Digital Paling Murah, Harga Dibawah 1 Juta

1. Penyimpanan Kamera

Hal yang pertama harus diperhatikan adalah cara penyimpanan. Terlebih lagi Indonesia merupakan negara tropis dengan udara yang lembab akan mengakibatkan kamera digital menjadi berjamur. Agar kamera digital tidak berjamur harus disimpan dalam suhu antara 40 - 60 derajat. Untuk mensiasatinya maka harus menyimpan kamera digital ketika tidak digunakan dalam waktu lama dalam sebuah box kedap udara.

Bila Anda masih belum puas dengan kotak kedap suara, maka gunakanlah dry cabinet electric yang, kotak ini dapat Anda atur suhu kelembabannya.

Dan bila Anda sulit menemukan kotak kedap suara untuk kamera ini, ada satu cara yang mudah dan praktis yaitu: menggunakan silica Gel pada pinggiran kotak penyimpanan agar kotak tertutup rapat.

Menyimpan kamera digital SLR pada tas kamera untuk waktu yang lama bukanlah hal baik karena suhunya akan lembab walupun tas tersebut Anti jamur sekalipun.

Baca Juga : Kamera Harga 500 ribuan terbaik

2. Bodi Kamera

Bodi atau tubuh perlu dirawat lho. Begitu juga dengan kamera digital, jangan biarkan bodinya tidak terawat. Cara yang paling mudah untuk melakukan perawat terhadap bodi kamera adalah dengan membersihkan secara berkala. Banyak bagian pada bodi kamera yang perlu dibersihkan seperti viewfinder, tombol navigasi. Membersihkan view finder dapat dilakukan dengan menggunakan cotton bud dan sedikit cairan pembersih atau air biasa pun sudah cukup baik, namun jangan terlalu banyak air. Jangan lupa untuk memutar tombol-tombol yang jarang digunakan agar tombol tidak kaku dan membersihkan bagian sela-selanya dengan kuas tipis yang kaku.

3. Lensa Kamera

Lensa kamera digital adalah yang tentunya wajib dibersihkan karena selain berharga mahal juga agar fungsi kinerjanya tetap maksimal. Membersihkan lensa kamera sebaiknya dilakukan secara berkala, dan selalu siapkan alat-alat pembersihan lensa (Cleaning kit) seperti blower, lap bersih khusus lensa, kuas halus kecil dan lap kulit agar tiap lensa kotor Anda dapat membersihkannya segera. Untuk bagian permukaan lensa sebaiknya Anda menggunakan lap dengan bahan kulit dan menyeka lensa dengan hati-hati. Lensa yang jarang dipakai dan tersimpan dalam tempat lembab kemungkinan akan menyebabkan jamur, tanyalah kepada toko kamera apakah ada ala-alat khusus untuk membersihkan lensa kamera digital SLR ini yang tidak terjangkau oleh lap saja.

Baca Juga : Trik Mengatur Kecepatan dan Diafragma Kamera

4. Sensor Kamera

Kamera digital SLR pastinya memiliki perangkat sensor yang sangat canggih dan letaknya pun sulit dijangkau yaitu pada bagian dalam. Walupun didalam bisa saja sensor kamera ini terkena kotoran saat akan mengganti lensa, maka sebaiknya ketika Anda mengganti lensa pastikan tempat tersebut bebas akan kotoran. Sama seperti lensa kamera untungnya sensor kamera digital SLR memiliki filter sama dengan lensa kamera sehingga kita akan membersihkan filter sensor ini yang butuh dibersihkan dengan rutin dengan cara :
- Pastikan mirror lock up aktif agar mirror dalam lensa terbukan ketika akan dibersihkan, umumnya mengaktifkan Mirror lock up dapat dilakukan dari main menu.
- Dalam keadaan mirror lock up aktif, lepaslah lensa dan tekan shutter release hingga mirror teragkat dan terlihatlah sensor kamera digital SLR Anda.
- Hadapkan kamera digital kebawah dan semprot dengan blower, agar debu langsung jatuh kebawah bukannya masuk kembali ke tempat yang lebih sulit dijangkau. Bila telah selesai langsung matikan kamera.
Anda juga dapat mengecek apakah sensor kamera sebenarnya sudah bersih atau masih kotor dengan cara memasang lensa dan atur shutter pada bukaan tertinggi, dan fotolah bidang yang berwarna putih, seperti tembok atau langit, lalu lihatlah dengan seksama gamaber tersebut di komputer. Jika masih kotor silahkan ulangi langkah membersihkan sensor dan dapat dibantu dengan cotton bud yang diberi sedikit sekali air.

Nah itu adalah cara merawat kamera digital SLR agar awet. Tips ini diambil dari sumber : http://blog.lazada.co.id/kamera-digital-slr-tips-cara-menyimpan-merawatnya/

1 Response to "Cara Merawat Kamera Digital SLR Agar Awet"

  1. Biasanya lensanya yang sering kotor ya.. tahnks informasinya

    BalasHapus